Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

11 Cara Setting Receiver Ninmedia Terbaru : Semua Merk

3 min read

Cara Setting Receiver Ninmedia

Cara Setting Receiver Ninmedia – Ninmedia adalah salah satu provider penyedia layanan hosting siaran TV satelit yang ada di Indonesia, dimana untuk dapat menikmati berbagai channel menarik pelanggan tidak dikenakan biaya apapun alias gratis atau dikenal juga dengan sebutan Free To Air (FTA). Ninmedia selain menghadirkan secara gratis channel lokal dan nasional, juga menayangkan saluran-saluran premium secara gratis, namun untuk dapat mengaksesnya haruslah menggunakan receiver rekomendasi dari Ninmedia.

Transmisi siaran Ninmedia dapat menjangkau keseluruh wilayah Indonesia menggunakan satelit Chinasat 11 melalui pita frekuensi Ku Band. Hal ini tentunya akan bermanfaat sekaligus keuntungan untuk wilayah yang kualitas sinyal UHF-nya lemah atau bahkan tidak ada sama sekali.

Agar dapat menikmati berbagai siaran dari Ninmedia, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menangkap sinyal frekuensi Ninmedia. Peralatan atau perlengkapan tersebut diantaranya yaitu parabola mini dengan diameter dish 60-80 cm (ini karena transmisi Ninmedia memakai frekuensi Ku Band). Kemudian LNB Ku Band dengan setting universal 9750-10600, Diseq tidak ada, 22K auto, LNB Daya Auto dan transponder 12500 V 43200. Dan peralatan terakhir tentu saja sebuah perangkat receiver yang sudah support MPEG 4 serta codec audio AAC.

Untuk beberapa orang mungkin cara setting receiver Ninmedia tidaklah sulit, namun tentunya masih ada beberapa orang yang masih bingung atau mengetahui mengenai cara setting receiver Ninmedia ini. Maka dari itu dikesempatan kali ini teknisitv akan membahasnya untuk Anda terkait dengan cara setting receiver Ninmedia tersebut. Jadi buat yang masing bingung atau sedang mencari informasi mengenai cara setting receiver Ninmedia, simak ulasan dari teknisitv tentang cara setting receiver Ninmedia berikut ini.

Cara Setting Receiver Ninmedia

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa Ninmedia merupakan sebuah layanan TV satelit tanpa biaya bulanan atau free to air dengan berbagai variasi saluran menarik dari channel TV lokal maupun nasional. Berbagai channel premium juga masih bisa dinikmati secara gratis dengan syarat receiver yang dipakai adalah receiver rekomendasi dari Ninmedia, adapun receiver rekomendasi Ninmedia yaitu seperti :

  • Diamond World
  • Gardiner G-88HD Oracle
  • Boston Cherry HD
  • Goldsat Revo
  • Tanaka Orionsky
  • Intra Jupiter
  • Venue Donuts
  • Venus Estilo
  • Venus Yaris
  • LGsat LG-88HD Oracle
  • Optus OP-88HD Oracle

Sebelum masuk ke cara setting receiver Ninmedia, ada hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu yaitu mengenai setting instalasi peralatan parabola mini atau perangkaian perlengkapan parabola. Jadi setting receiver Ninmedia dilakukan setelah semua peralatan atau perlengkapan parabola seperti dish, LNB, Receiver dan perangkat televisi sudah dirakit/dirangkai atau saling terhubung. Untuk cara rakit atau cara pasangnya bisa dilihat di artikel sebelumnya dari teknisi TV yang berjudul CARA MEMASANG PARABOLA MATRIX atau CARA PASANG PARABOLA NUSANTARA HD. Nah jika semuanya sudah terhubung, selanjutnya adalah setting receiver untuk mencari saluran Ninmedia. Pada dasarnya semua merk receiver rekomendasi Ninmedia terkait cara setting nya adalah sama saja, namun sebagai contoh dibawah ini teknisitv gunakan receiver LGsat Oracle.

Cara Setting Receiver LGsat Oracle

1. Pertama tekan tombol Menu pada remote receiver

2. Kemudian pilih menu Instalasi

3. Selanjutnya pilih Daftar Satelit, maka akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah ini

4. Setelah itu tekan SAT pada remote receiver

5. Kemudian tekan tombol Merah pada remote untuk menambahkan transponder Ninmedia di satelit Chinasat 11, lalu masukan transponder 1 Ninmedia kemudian pilih simpan. Ninmedia sendiri memiliki dua transponder yang dapat digunakan, yaitu :

Transponder 1 : 12500 V 43200Transponder 2 : 12560 V 43200
Frekuensi : 12500Frekuensi : 12560
Simbol Rate : 43200Simbol Rate : 43200
Polaritas : VertikalPolaritas : Vertikal

6. Untuk memasukan transponder 2 Ninmedia, ulangi langkah nomor 5 lalu masukan transponder 2 Ninmedia dan klik simpan

7. Jika transponder sudah disimpan, lalu tekan tombol Biru di remote untuk Pencarian Channel dari kedua transponder tersebut. Untuk pencarian channel transponder 1, pilih transponder 1 lalu klik Mencari

8. Setelah itu tinggal tunggu beberapa saat hingga proses pencarian selesai

9. Selanjutnya ulangi langkah nomor 7 untuk pencarian channel transponder 2

10. Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian channel transponder 2 selesai

11. Cara setting receiver Ninmedia selesai, semua saluran yang terpindai pada proses pencarian channel transponder 1 dan 2 akan secara otomatis tersimpan.

Kualitas Sinyal Ninmedia Tidak Maksimal

Pada suatu kondisi bisa terjadi saluran yang ada di Ninmedia kualitas sinyalnya tidak 100% atau tidak maksimal, berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasinya :

Penyebab

Berikut beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan kualitas sinyal Ninmedia tidak maksimal :

  • Parabola bergeser karena angin kencang akibat dari pemasangan yang udah lama ataupun kurang kencangnya baut ketika pemasangan parabola
  • Tiang penyangga dish mudah goyang atau koordinatnya sudah tidak tegak lurus, hal tersebut membuat dish gampang berubah-ubah
  • Pemasangan LNB tidak tepat/pas
  • Adanya penghalang, seperti gedung/rumah atau apapun yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal
  • Adanya penambahan/perubahan transponder
  • Masalah pada peralatan parabola, seperti dish karatan dan sudah tidak simetris lagi, masalah di LNB, kabel ataupun receiver
  • Ketika intensitas 0%, maka bisa dipastikan penyebabnya adalah kabel, LNB atau receiver telah rusak karena sudah tidak bisa terhubung sama sekali. Namun hal ini bisa juga karena pemasangan tidak tepat.

Solusi

Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinyal Ninmedia tidak maksimal :

  • Lakukan setting atau tracking ulang satelit dan pastikan posisi parabola tepat dan benar
  • Perbaiki atau setting kembali dudukan tiang penyangga sehingga kencang dan kuat serta tidak gampang berubah-ubah
  • Pemasangan LNB pada dudukanya jangan terlalu kencang, guna memudahkan ketika proses tracking hingga mendapatkan sinyal terkuat
  • Pindahkan posisi pemasangan parabola ditempat yang tidak terdapat penghalang
  • Cari informasi terkait dengan perubahan ataupun penambahan frakuensi
  • Ganti komponen yang telah rusak/bermasalah

Akhir Kata

Nah itu dia ulasan mengenai cara setting receiver Ninmedia yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.