Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

√ Agar Suara Bass Empuk : Tips & Solusi

2 min read

Agar Suara Bass Empuk
Advertisements

Agar Suara Bass Empuk – Memiliki sistem audio dengan power standar namun menghasilkan suara bass empuk dan nyaman ditelinga merupakan idaman setiap orang. Nada bass empuk serta nyaman ditelinga akan membuat alunan musik yang sedang didengarkan lebih adem serta tidak menyakitkan telinga.

Terkait agar suara bass empuk sebenarnya banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhinya, misalnya seperti jenis amplifer yang dipakai, perangkat pengatur frekuensi atau tone kontrol, speaker hingga desain box speaker. Semua faktor tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi serta bekerja sama untuk menghasilkan suara musik yang dikeluarkan speaker terdengar lembut serta suara bass nya empuk.

Karena itulah mengapa dalam membangun sebuah perangkat sound sistem diperlukan perencanaan matang, sehingga nantinya dapat memperoleh hasil sesuai dengan keinginan. Lantas bagaimana caranya agar sound sistem memiliki suara bass empuk?

Advertisements

Bagi para penggila atau hobi dalam bidang audio tentunya banyak cara dilakukan agar sound sistem yang dimilikinya menghasilkan suara jernih serta enak didengar, khususnya untuk suara bass nya. Nah untuk itu sesuai judul artikel, pada kesempatan kali ini teknisitv akan membagikan informasi seputar cara agar sound sistem memiliki suara bass empuk. Jadi bagi yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai cara agar suara bass empuk, simak ulasan dari teknisitv tentang cara agar suara bass empuk berikut ini.

Cara Agar Suara Bass Empuk

Cara agar sound sistem menghasilkan suara bass empuk sebenaarnya gampang-gampang susah, sebab seperti kita ketahui nada atau suara bass identik dengan power besar, tegangan stabil serta speaker bagus. Sebagai contoh misalnya sebuah amplifier rumahan dengan skala power sekitar 150-300 watt, ketika bass dinaikan terkadang malah suara bass jadi ngedrop atau ada juga yang malah pecah suara bass nya.

Nah agar hal tersebut tidak terjadi ada beberapa hal perlu diperhatikan untuk sebuah amplifier 150-300 watt, seperti misalnya trafo yang dipakai karena trafo merupakan salah satu penentu baik dan buruknya suara yang dihasilkan. Untuk amplifer 150-300 watt usahakan menggunakan trafo berukuran 10 ampere, disinilah terkadang kebanyakan orang melakukan kesalahan dimana bukanya menambah ukuran trafo tetapi malah menambah jumlah trasistor out, misal semula berjumlah 4 lalu ditambah menjadi 8 atau bahkan sampai 16.

Kemudian untuk elko, untuk sebuah amplifier 150/300 watt disarankan elko yang digunakan adalah ukuran 1000uf 80 volt dan tentunya berkualitas, lalu untuk dioda memakai dioda bright berukuran 25-35 ampere. Dan tidak kalah penting yaitu penggunaan transistor power, disarankan untuk memakai transistor power berkualitas, semisal merk sanken atau transistor OCL merk mexico.

Hal tidak kalah penting perlu diperhatikan lagi agar bass empuk yaitu penggunaan tone kontrol, pilih tone kontrol yang memakai potensio berkualitas (misal merk Alpha) dan juga pilih rangkaian yang memakai turbo bass atau giga bass serta memakai IC C4558. Kemudian agar bass empuk juga perlu memperhatikan penggunaan kabel, dimana pakailah kabel berdiameter besar untuk sambungan dari dioda dan transistor. Lalu untuk tambahan disarankan untuk memakai speaker berkualitas, misal ACR, ADS dan sebagainya lalu jangan lupa untuk menambahkan rangkaian protektor speaker agar terhindar dari kerusakan atau hentakan (suara dengung) ketika pertama kali dinyalakan.

Tips Agar Suara Empuk dan Nendang

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa suara bass merupakan elemen pada sound sistem yang menjadi fokus bagi para pecinta atau orang yang hobi terhadap perangkat audio, biasanya menginginkan suara bass yang menggelegar tetapi tetap terasa empuk atau lembut. Nah berikut adalah beberapa tips dari teknisitv agar sound sistem dapat menghasilkan suara jernih, empuk dan lembut :

1. Pakai Equalizer Berkualitas

Fungsi Equalizer adalah untuk mengatur serta meyelaraskan frekuansi audio agar terdengar harmonis dan seimbang. Kurang tepatnya dalam mengatur equalizer akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan atau dikeluarkan oleh speaker.

Mengingat cukup pentingnya peran equalizer tersebut dalam menentukan hasil suara audio maka pemilihan perangkat ini juga perlu dipertimbangkan. Artinya agar suara audio seimbang dan jernih wajib untuk memakai jenis equalizer berkualitas.

2. Pakai Ampli Berkarakter Bass

Amplifer dapat digunakan untuk menguatkan frekuensi dibeberapa jalur , seperti bass, high dan midle. Hal tersebutlah mengapa amplifier yang beredar dipasaran memiliki karakteristik luas/lebar dalam menerima rentang frekuensi audio. Meski begitu, terkadang setiap jenis amplifier memiliki karakteristik spesifik tertentu. Jadi jika ingin mendapatkan suara bass lebih berkarakter, pertimbangkanlah untuk memilih ampliferi yang mampu mengeluarkan frekuensi rendah atau bass dengan baik dan jernih agar mampu menghasilkan suara bass empuk serta lembut.

3. Pakai Speaker Berkualitas

Fungsi speaker adalah untuk mengeluarkan sinyal audio menjadi gelombang suara agar dapat didengar. Dengan demikian tentunya pemilihan speaker tidak boleh sembarangkan atau diabaikan begitu saja, sebab akan berpengaruh pada hasil suara yang kita dengar.

4. Rancangan Box Speaker Tepat dan Sesuai

Box speaker mungkin terlihat sepele, namun komponen ini juga memiliki peran yang tidak bisa diabaikan begitu saja agar suara bass bisa empuk dan lembut. Nah agar bass empuk disarankan untuk memilih rancangan box speaker yang berkarakter low, seperti misalnya jenis planor atau super scoope.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai agar suara bass empuk yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.