Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Alat TV Digital Untuk TV Tabung

2 min read

Advertisements

Alat TV Digital Untuk TV Tabung – Saat ini sedang berjalan rencana pemerintah yang akan menghentikan siaran TV Analog dan menggantinya dengan siaran TV Digital. Proses penghentian siaran analog ini telah dimulai pada 17 Agustus 2021 kemarin dan ditargetkan selesai pada 2 November 2022 mendatang.

TV digital sendiri merupakan perangkat yang mampu menangkap sinyal digital dalam bentuk bit data informasi, dimana kualitas gambar dan suara nantinya akan sangat jernih serta bersih. Lalu bagaimana dengan TV tabung? Dengan perubahan sistem siaran ini pemerintah menjelaskan bahwa untuk TV tabung tetap masih bisa digunakan namun dengan menambahkan alat TV digital yaitu Set Top Box.

Alat STB ini dipakai untuk membuat televisi tabung atau analog dapat menangkap sinyal digital, dimana nantinya sinyal digital yang ditangkap oleh antena akan diubah oleh alat ini menjadi sinyal analog untuk nantinya di tampilkan dilayar televisi.

Setelah pada artikel sebelumnya dibahas mengenai CARA SETTING TV DIGITAL, sesuai judul artikel diatas pada kesempatan kali ini teknisi akan memberikan informasi seputar alat TV digital untuk TV tabung. Jadi bagi para pengguna TV tabung yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai perangkat digital untuk TV tabung, simak ulasan dari teknisitv tentang alat TV digital untuk TV tabung berikut ini.

Advertisements

Alat TV Digital Untuk TV Tabung

Bagi pengguna TV tabung untuk dapat menikmati siaran TV digital, ada beberapa persyaratan plus perangkat khusus yang terlebih dahulu harus ada sehingga siaran digital dapat ditangkap dan diterima TV tabung. Adapun persyaratan dan alat yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Memastikan Lokasi Tempat Tinggal Sudah Terdapat Sinyal Siaran Digital

Jadi sebelum membeli perangkat TV digital untuk TV tabung, sebaiknya lakukan pengecekan sinyal siaran digital di area sekitar tempat tinggal. Untuk melakukan hal tersebut bisa dilakukan melalui dua cara menggunakan ponsel maupun komputer, adapun caranya yaitu :

> Melalui Situs KOMINFO

Situs Kementrian Komunikasi dan Informatika yang bisa dikunjungi yaitu https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran

> Melalui Aplikasi SinyalTVDigital

Mengecek sinyal siaran digital memalui aplikasi SinyalTVDigital, caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama download aplikasi Sinyal TVDigital di Play Store
  • Kemudian buka aplikasi SinyalTVDigital, lalu izinkan aplikasi untuk mengakses lokasi
  • Maka tampilan akan berubah menyesuaikan lokasi
  • Setelah itu klik ikon layer di kanan atas dekat zoom in/zoom out
  • Selanjutnya cek warna yang muncul di peta, merah menandakan sinyalnya kuat sedangkan putih menandakan sinyal lemah

2. Set Top Box (STB)

Supaya bisa menangkap siaran digital, pada televisi tabung harus ditambahkan alat atau perangkat yang bernama Set Top Box (STB). Tentunya dalam hal ini alat STB yang dimaksud adalah yang sudah dibekali teknologi DVB-T2 sehingga nantinya sinyal siaran digital bisa ditangkap melalui alat ini.

Berikut ini adalah daftar contoh alat STB DVB-T2 yang bisa digunakan untuk menangkap siaran digital sekaligus yang direkomendasikan pemerintah :

MERKMODEL
PolytronPDV 600T2
AkariADS-2230
ADS-168
NexmediaNA1300/DVB-T2 MPEG 4 HD
Ichiko8000HD
VenusBrio
TanakaT2
MatrixApple
EvercrossSTB1
NextronNT2000-D
TR 1000

Selain daftar alat diatas, sebenarnya masih banyak merk lain alat STP yang bisa digunakan, diantaranya seperti Xtreamer BIEN 3, Visat U1, Venus Cabe Rawit dan lain sebagainya.

Harga Alat TV Digital Set Top Box

Advertisements

Untuk pengguna TV tabung, perlu diketahui bahwa untuk sebuah alat TV digital atau STB yang memenuhi standar sinyal siaran TV digital diIndonesia yaitu DVB-T2 bisa didapatkan dengan harga berkisar antara Rp 210.000 hingga Rp 500.000 an. Sebagai contoh dibawah ini teknisitv sertakan daftar harga dari beberapa merk alat STB.

ALAT STBHARGA
Ichiko 8000HDRp 210.000 – Rp 270.000
Akari ADS-210Rp 400.000 – Rp 580.000
Venus BrioRp 215.000 – Rp 380.000
Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG 4 HDRp 250.000 an
Polytron PDV 600T2Rp 390.000 – Rp 550.000
Tanaka T2Rp 220.000 – Rp 265.000

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai alat TV digital untuk TV tabung yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Setting Parabola Tanaka

Budi
2 min read

Cara Beralih ke TV Digital

Budi
3 min read

Cara Memasang Parabola Matrix

Budi
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *