Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Alat Untuk TV Digital

2 min read

Alat Untuk TV Digital

Alat Untuk TV Digital – Pemerintah telah memutuskan dan menetapkan bahwa selambat-lambatnya tahun 2024 transisi perubahan dari tv analog ke atau menjadi tv digital di Indonesia selesai. Kemungkinan secara bertahap akan ada perubahan berarti di industri televisi kita. singkatnya tv digital ini menggunakan transmisi digital melalui satelit dan menggunakan standar yang disebut Digital Video Broadcasting Terestrial (DVB-T2)

Siaran TV digital memiliki beberapa kelebihan seperti kualitas gambar dan suara yang dihasilkan jauh lebih tajam serta tanpa noise jika dibandingkan dengan siaran televisi analog. Jadi bisa dibilang desain dan implementasi sistem siaran TV digital ditujukan terutama pada peningkatan kualitas gambar dan suara.

Dalam hal ini terdapat dua aspek yang bertolak belakang dan memerlukan kompromi yaitu di satu sisi teknologi TV digital memungkinkan pengiriman gambar dengan akurasi dan resolusi sangat tinggi. Namun di sisi lain diperlukan tersedianya kanal dengan laju yang sangat tinggi (mencapai belasan Mbps). Tetapi yang pasti sistem TV digital menghasilkan kualitas gambar yang jernih, stabil, dan tanpa efek bayangan atau gambar berbayang meskipun pesawat penerima berada dalam keadaan bergerak dengan kecepatan tinggi.

TV analog yang masyarakat atau kita pakai sekarang bisa menerima sinyal digital atau siaran tv digital asalkan diberi tambahan alat sehingga siaran digital bisa diterima. Alat tambahan ini berfungsi merubah sinyal digital menjadi analog.

Alat Untuk TV Digital

Alat Untuk TV Digital.

Dibawah ini merupakan beberapa alat yang diperlukan untuk TV digital atau agar televisi dapat menangkap siaran TV digital.

1. Televisi Digital

Televisi Digital

Televisi digital merupakan jenis televisi dimana menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal suara, gambar serta data ke pesawat TV, jadi televisi digital adalah salah satu alat untuk menangkap siaran TV digital. Migrasi atau perkembangan dari sistem siaran analog ke digital berbentuk bit data seperti komputer. Untuk mengetahui mengenai TV digital terbaik serta rekomended, bisa simak pada artikel dari teknisitv dengan judul TV DIGITAL TERBAIK.

2. Set Top Box DVB-T2

Set Top Box DVB T2

Salah satu alat yang vital dalam penerapan atau pergantian dari siaran analog ke digital yaitu Set Top Box (STB). STB ini merupakan alat penerima siaran TV digital yang bisa dikoneksikan ke televisi.

Alat (Set Top Box) ini sudah banyak dijual di toko elektronik bahkan hingga e-commerce, harga yang ditawarkan untuk alat inipun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah (tergantung merk, spesifikasi serta kemampuannya).

TV Analog tidak memakai STB pada saat mengolah sinyal diterima antena, sebaliknya pada format TV digital antena akan terhubung ke STB yang juga terhubung ke televisi dengan kabel tiga warna merah, kuning, putih (kabel RCA). Selain itu TV memakai alat bantu Set Top Box ini juga bisa memakai kabel jumper guna menonton siaran analog.

Pada dasarnya format siaran digital antara televisi lama dengan televisi LCD, LED atau Plasma tidaklah jauh berbeda, artinya tetap dibutuhkan alat bantu atau tetap memakai antena yang terhubung ke alat bantu ini (Set Top Box). Yang menjadi pembeda hanyalah pada TV model baru memakai alat bantu atau Set Top Box-nya memakai kabel HDMI untuk bisa terhubung, sedangkan pada TV lama alat bantu (Set Top Box) memakai kabel RCA.

3. Antena TV Digital

Antena TV Digital

Seiring dengan berkembangnya siaran digital diberbagai wilayah di Indonesia, berbagai cara dilakukan untuk dapat menangkap sinyal siaran digital. Selain STB DVB-T2 dan tentunya televisi digital, akan dibutuhkan juga sebuah alat untuk menerima sinyal siaran yaitu Antena TV digital. Sekarang ini sudah banyak dijual antena TV digital dengan berbagai nama/tulisan, seperti DTV Antenna, HDTV Antenna dan lain sebagainya.

Pencarian Saluran Digital

Pencarian Saluran Digital

Langkah pertama untuk mencari saluran digital menggunakan alat bantu Set Top Box yaitu dengan memastikan televisi pada posisi AV (jika terdapat banyak AV, sesuaikan dengan koneksi alat Set Top Box apakah AV1, AV2 dan seterusnya). Kemudian setelah itu nyalakan alat Set Top Box lalu tekan tombol Menu pada remot Set Top Box. Selanjutnya cari Menu Pencarian Saluran lalu pilin Pencarian Otomatis, maka tinggal tunggu pencarian dilakukan. Jika pencarian otomatis selesai, pilih Simpan.

Ketika menikmati siaran digital, posisikan saluran televisi pada posisi AV dan sebagai navigasi gunakan remot dari alat Set Top Box. Sedangkan untuk menonton saluran analog, sebagai navigasi gunakan remot dari televisi.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai alat untuk TV digital yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *