Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

15 Aplikasi Remote TV : Semua Merk & Jenis Televisi

4 min read

Aplikasi Remote TV

Aplikasi Remote TV – Remote TV adalah perangkat tambahan dimana fungsinya adalah untuk mengatur berbagai macam pengaturan pada televisi dari jarak jauh, biasanya diberikan satu paket bersama televisi ketika membeli sebuah perangkat televisi. Seperti barang elektronik pada umumnya, pada suatu waktu pastinya akan mengalami permasalahan entah itu rusak maupun hilang. Ketika hal tersebut terjadi, tentu saja solusinya yaitu memperbaiki atau mencari pengganti dengan cara membeli remote baru, entah itu remote original maupun mengganti dengan jenis REMOTE UNIVERSAL.

Tetapi tahukan Anda jika ada satu solusi lagi yang terbilang cukup simpel tanpa harus keluar rumah untuk membeli sebuah remote pengganti, yaitu dengan memakai aplikasi remote TV. Mengatasi masalah remot hilang atau rusak menggunakan aplikasi remote TV selain sangat membantu serta caranya yang mudah yaitu hanya dengan mendownloadnya di HP Android, pada aplikasi remote TV juga dilengkapi dengan fitur canggih dan bersifat universal, artinya kompatibel untuk berbagai merk televisi.

Saat ini terkait dengan fungsionalitasnya, smartphone Android sudah semakin berkembang dari waktu ke waktu. Hal tersebut bisa terlihat dimana saat ini HP Android tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, melainkan bisa juga dipakai untuk berbagai keperluan dan salah satunya yaitu remote kontrol untuk televisi. Fungsi aplikasi remote TV di smartphone pada awalnya yakni melalui jaringan WiFi, tetapi sekarang dengan semakin majunya teknologi, para pengembang melakukan berbagai inovasi serta perbaikan dengan cara menyematkan IR blaster ke dalam smartphone. Sehingga aplikasi remote di smartphone bisa berfungsi seperti remote TV konvensional. Lalu apa saja aplikasi remote TV yang dimaksud?

Untuk itu sesuai judul artikel diatas, di kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi seputar hal tersebut, yaitu aplikasi remote TV. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai aplikasi remote TV, simak ulasan dari teknisitv tentang aplikasi remote TV berikut ini.

Aplikasi Remote TV Terbaik

Dibawah ini merupakan daftar rekomendasi aplikasi remote TV yang bisa Anda coba dan pasang pada smartphone sebagai pengganti remote TV yang hilang atau rusak.

1. Aplikasi Remote TV Google Home

Merupakan aplikasi remote TV terbaik yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google, sehingga soal kualitas tidak perlu diragukan lagi. Dalam menjalankan fungsinya mengontrol TV, remote TV Google Home tidak menggunakan IR Blaster tetapi memakai perangkat khusus yang lebih canggih yaitu Chromecast. Selain sebagai remote TV, Google Home juga bisa diandalkan untuk CARA MENYAMBUNGKAN HP KE TV bagi yang sering menggunakan aplikasi streaming film. Google Home kompatibel terhadap berbagai sistem operasi, baik itu Android maupun perangkat besutan Apple seperti iPad dan iPhone.

DETAIL APLIKASIKETERANGAN
Nama AplikasiGoogle Home
DeveloperGoogle LLC
Ukuran63MB
OS MinimalAndroid 6.0 ke atas

2. Universal TV Remote Control

Sesuai namanya Universal TV Remote Control bisa digunakan untuk berbagai merk dan juga jenis televisi, baik itu TV jadul maupun model Smart TV. Aplikasi remot TV ini juga dibekali dengan beberapa fitur, diantaranya seperti Smart Casting/Sharing yaitu fitur untuk menampilkan berbagai konten di Ponsel Android ke layar televisi. Untuk perangkat Smart TV seperti Sony Bravia, aplikasi remote TV ini tersedia fitur Voice Search Feature yaitu fitur pencarian yang menggunakan suara.

DETAIL APLIKASIKETERANGAN
Nama AplikasiUniversal TV Remote Control
DeveloperCodeMatics Media Solutions
OS MinimalAndroid 4.2 ke atas
Ukuran11MB

3. Remote Control for TV

Aplikasi remot TV berikutnya ada Remote Control for TV, merupakan aplikasi yang bisa digunakan tanpa koneksi internet alias offline jadi bisa dipakai untuk segala merk dan jenis televisi. Aplikasi remot control for TV bisa didapatkan secara gratis di Google Play Store.

4. ASmart Remote IR

Merupakan jenis aplikasi remot TV multifungsi, artinya fungsi aplikasi bisa digunakan tidak hanya untuk pengoperasian televisi saja. Namun bisa untuk perangkat seperti DVD Player, AC, Kamera DSLR, Proyektor hingga Set Top Box. Dalam pengoperasianya ASmart Remote IR hanya membutuhkan modul IR Blaster, seperti yang umum digunakan pada Ponsel Android.

DETAIL APLIKASIKETERANGAN
Nama AplikasiASmart Remote IR
DeveloperNXRsoft
OS MinimalAndroid 6.0 ke atas
Size24MB

5. SURE – Smart Home & TV Universal Remote

Aplikasi remote terbaik berikutnya ada SURE – Smart Home and Universal Remote, merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh SURE Universal Ltd. Dengan jumlah unduhan lebih dari 10 juta kali membuat aplikasi tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, selain itu aplikasi juga kompatibel untuk semua merk sera jenis televisi. Untuk pengoperasianya SURE memakai IR blaster, dilengkapi juga dengan konektivitas WiFi serta perangkat asisten pintar seperti Amazon, Goog;e Home dan Alexa.

DETAIL APLIKASIKETERANGAN
Nama AplikasiSURE – Smart Home & TV Universal Remote
DeveloperSURE Universal Ltd
OS MinimalAndroid 5.0 ke atas
Size63MB

6. Mi Remote Controller

Mi Remote Controller merupakan aplikasi remote yang diperuntukan guna memaksimalkan fungsi IR blaster pada smartphone Android Xiaomi. Jadi buat pengguna HP xiaomi pastinya ponselnya sudah dibekali fitur atau aplikasi Mi Remote Controller (apalagi untuk HP seri terbaru dari Xiaomi). Tetapi untuk pengguna smartphone merk lain juga jangan khawatir karena aplikasi Mi Remote Controller juga kompatibel untuk semua merk ponsel diluar Xiaomi.

DETAIL APLIKASIKETERANGAN
Nama AplikasiMi Remote Controller
DeveloperXiaomi Inc
OS MinimalAndroid 4.4 ke atas
Size36MB

7. Peel Universal Smart TV Remote Control

Aplikasi remot Peel Universal Smart TV Remote Control dibuat untuk memaksimalkan fungsi Smart TV, sebab selain untuk mengontrol televisi maupun perangkat elektronik lainnya, aplikasi ini juga memberikan rekomendasi tayangan televisi jika dihubungkan denga Smart TV.

DETAIL APLIKASIKETERANGAN
Nama AplikasiPeel Universal Smart TV Remote Control
DeveloperPeel Technologies Inc
OS MinimalAndroid 6.0 ke atas
Ukuran26MB

8. Unified Remote

Selain menggunakan televisi, menikmati tayangan televisi juga bisa dilakukan melalui perangkat komputer maupun laptop, dan disinilah aplikasi remot TV Unified Remote difungsikan yaitu digunakan sebagai remote untuk TV yang dihubungakan dengan komputer. Selain mengontrol komputer, aplikasi juga dilengkapi berbagai kontrol seperti input ,ouse dan keyboard.

DETAIL APLIKASIKETERANGAN
Nama AplikasiUnified Remote
DeveloperUnified Intens
OS MinimalAndroid 4.2 ke atas
Ukuran5,7MB

9. Roku Remote Control

Aplikasi Remote berikutnya ada Roku Remote Control, merupakan aplikasi remote untuk berbagai merk televisi seperti Samsung, Sharp dan lain-lain. Memiliki ukuran cukup ringan, Roku Remote Control bisa digunakan layaknya remote bawaaan televisi lengkap dengan tombol power, tombol pemindah saluran serta pengatur suara.

DETAIL APLIKASIKETERANGAN
Nama AplikasiRoku Remote Control
DeveloperRoku Inc
OS MinimalBervariasi
Size2,8MB

10. Universal TV Remote

Merupakan aplikasi Remote untuk semua jenis serta merk televisi serta berbagai perangkat berinfra merah atau menggunakan transmisi infrared. Memiliki tampilan sederhana dengan background warna abu-abu dengan warna tombol bisa dirubah sesuai keinginan aplikasi Universal TV Remote menjadi tool di ponsel Android dengan fungsi merubah smartphone layaknya Remote TV.

DETAIL APLIKASIKETERANGAN
Nama AplikasiUniversal TV Remote
DeveloperTwinone
OS MinimalAndroid 4.4 ke atas
Size3,4MB

11. AnyMote Universal Remote+WiFi Smart Home Control

Aplikasi remote selanjutnya ada AnyMote Universal Remote+WiFi Smart Home Control, sesuai namanya selain memakai infrared, aplikasi juga bisa digunakan untuk perangkat pintar dengan koneksi internet.

DETAIL APLIKASIKETERANGAN
Nama AplikasiAnyMote Universal Remote+WiFi Smart Home Control
DeveloperColor Tiger
OS MinimalAndroid 4.0.3 keatas
Size14MB

12. ZaZa Remote

ZaZa Remote menjadi aplikasi multifungsi, karena selain untuk mengontrol tayangan televisi, aplikasi juga bisa digunakan pada perangkat lain seperti DVD Player, Proyektor, Kamera DSLR, Lampu, AC dan lain-lain. ZaZa remote kompatibel untuk berbagai merk TV dan juga smartphone antara lain Xiaomi, Samsung, Oppo dan sebagainya.

DETAIL APLIKASIKETERANGAN
Nama AplikasiZaZa Remote – Universal TV Remote
DeveloperTiqiaa Co., Ltd
OS MinimalAndroid 4.4 keatas
Size44MB

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai aplikasi remote TV yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.