Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Biaya Service TV LED LG Layar Gelap

1 min read

Biaya Service TV LED LG Layar Gelap

Biaya service TV LED LG Layar gelap – Televisi merupakan salah satu sarana hiburan keluarga didalam rumah. Televisi dengan layar tipis yang mampu menghemat ruangan serta terlihat modern merupakan salah satu alasan mengapa beberapa orang memilih televisi jenis LED.

Namun yang menjadi permasalahan adalah ketika televisi mengalami kerusakan, yang mana akan sulit mencari tempat jasa service TV LED. Dan juga berapa besarnya biaya yang akan dikeluarkan untuk service TV LED LG layar gelap maupun kerusakan lainnya.

Berbicara masalah biaya service, setiap jenis kerusakan tentunya akan berbeda mengenai biaya servicenya. Tergantung tingkat kerusakan serta harga dari sparpartnya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv sedikit informasi mengenai permasalahan tersebut, yaitu biaya service TV LED LG layar gelap. Jadi bagi yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut, bisa simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Biaya Service TV LED LG Layar Gelap

Service TV LED LG Layar Gelap

Salah satu kerusakan yang sering muncul pada televisi LED adalah layar gelap. Jika hal ini terjadi, yang pertama harus dilakukan adalah mengecek langsung bagian lampu backlight. Jika setelah dicek ternyata rangkaian booster yang bertegangan tinggi tidak bekerja, yang mengakibatkan tidak ada tegangan yang masuk ke backlight. Hal tersebutlah yang mengakibatkan layar televisi menjadi gelap.

Kalau IC rangkaian booster susah ditemukan, kita bisa membuat agar backlight menyala memakai tegangan yang ada dengan cara merubah rangkaian backlight di jalur perkabelannya. Artinya yang awalnya dibutuhkan tegangan besar untuk menyalakan lampu backlight dirubah dengan tegangan rendah lampu backlight bisa menyala.

Jika semuanya sudah diperbaiki dan lampu backlight dapat menyala serta bisa menampilkan gambar, biasanya setelah tv dimatikan lampu backlight akan terus menyala. Mengatasinya adalah dengan memakai pin On/Off signal untuk backlight asli yang dihubungkan ke sebuah transistor NPN tipe apa saja (dengan catatan arus harus mencukupi).

Berikut ini estimasi biaya perbaikan TV LED LG layar gelap, diluar layar :

  • Televisi 19″ 24″ berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000
  • Televisi 29″ 32″ berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 700.000
  • Televisi 37″ berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 800.000
  • Televisi 39″ berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 1.000.000
  • Televisi 40″ 43″ berkisar antara Rp 700.000 hingga Rp 1.200.000

Nah itulah perkiraan biaya service TV LED layar gelap yang bisa dijadikan referensi buat anda.

Penyebab TV LED LG Layar Gelap

TV LED LG Layar Gelap

Sebelum mengetahui biayanya, terlebih dahulu haruslah mengetahui penyebab kerusakan yang biasanya ada dua bagian yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan seperti ini, yaitu :

1. Backlight

Backlight merupakan bagian dari TV LED yang berfungsi untuk memberi cahaya sehingga gambar bisa terlihat di layar. Backlight merupakan bagian pertama yang dilakukan pengecekan ketika layar tv gelap, tidak ada gambar atau blank hitam.

Untuk mengecek backlight bisa dengan cara menyalakan televisi lalu sorot layar dengan menggunakan senter, jika pada saat di sorot senter terlihat gambar berarti backlight bermasalah. Bisa juga dengan cara membuka casing belakang TV, jika terlihat cahaya ketika televisi dinyalakan berarti backlight normal atau tidak ada masalah.

2. Panel Atau Layar

Layar merupakan bagian yang sangat penting pada televisi, jika backlight nyala namun dilayar tidak ada gambar suara normal berarti besar kemungkinan terjadi kerusakan pada layar.

Selain dua penyebab diatas, beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan layar gelap yaitu T Con, flexibel, inverter dan lain lain.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai biaya service TV LED LG layar gelap yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan juga bermanfaat. Serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *