Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Biaya Service TV LED Mati Total

1 min read

Biaya Service TV LED Mati Total
Advertisements

Biaya Service TV LED Mati Total – TV jenis LCD maupun LED berbeda dengan TV jenis tabung jika dilihat dari segi sistem atau modul yang digunakan. Jika pada TV LED menggunakan beberapa modul guna mendukung sistem kerjanya, sedangkan pada televisi tabung hanya menggunakan satu modul utama sebagai sistem kerja untuk keseluruhan.

Jadi dengan melihat hal tersebut, antara TV tabung dengan TV LED untuk proses perbaikanya janganlah disamakan. Karena itulah untuk lebih bijak dalam penggunaan atau pemakaian serta harus dirawat dengan baik TV LED maupun LCD, sebab biaya service TV LED mati total cukup mahal.

Barang elektronik merupakan sebuah barang yang rentan mengalami kerusakan jika digunakan secara berlebihan dan tanpa perawatan yang benar. Jika terjadi kerusakan tentu saja akan menambah pengeluaran, sebab biaya perbaikan untuk televisi jenis LED cukup mahal.

Advertisements

Biaya perbaikan untuk kerusakan pada TV LED hampir setara dengan pembelian TV baru, apalagi jika kerusakan terjadi pada bagian layar. Untuk itu sesuai judul artikel diatas, di kesempatan kali ini teknisitv akan membahas mengenai biaya service TV LED mati total. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Biaya Service TV LED Mati Total

Service TV LED Mati Total

TV LED mati total tidak sama dengan TV LED rusak mati, sebab jika televisi mati total tidak ada tanda tanda dari lampu indikator led yang muncul. TV mati total bisa jadi karena adanya kerusakan pada power supplynya.

Permasalahan TV mati total biasanya sering terjadi karena arus listrik yang tidak stabil, usia pemakaian televisi serta karena tersambar petir. Untuk biaya yang akan dikeluarkan untuk perbaikan televisi bervariasi disesuaikan dengan jenis serta ukuran televisi.

Televisi jenis LED mati total jika yang rusak hanya satu modul untuk biaya servicenya berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 700.000. Untuk penanganan setiap perbaikan bisa berbeda dan pilihlah tempat jasa perbaikan televisi yang ada disekitar rumah sehingga tidak merepotkan nantinya. Kalaupun terpaksa adanya tempat service dilokasi yang jauh, pastikan ada jasa yang memberikan fasilitas antar jemput. Serta yang paling penting adalah pastikan memilih jasa service TV yang terpercaya dan juga profesional.

Penyebab TV LED Mati Total

Penyebab TV LED Mati Total

Berikut ini beberapa modul atau komponen yang ada pada TV LED :

  1. Mainboard
  2. T Con
  3. Inverter (Balast)
  4. Power Supply
  5. Backlight
  6. Buffer
  7. Y sustain
  8. Z sustain

Umumnya kerusakan TV LED mati total karena ada kerusakan pada bagian modul Y sustain, dimana fungsi modul ini adalah untuk menyalakan display Plasma. Pertama yang dilakukan jika TV LED mati total adalah mengecek aliran listrik di rumah, seperti mengecek saklar, kabel, sekring dan arus listrik lainnya.

Jika sudah dan ternyata semuanya tidak ada masalah, lanjutkan pengecekan pada power supply. Power supply sangat penting untuk menyuplai arus listrik ke seluruh modul yang disebut diatas. Untuk mengecek power supply bisa dilakukan menggunakan AVO meter atau multitester.

Berikut ini merupakan langkah langkah mengecek power supply :

  1. Tegangan standby dari power supply pada saat TV ada arus listrik adalah sebesar 5 volt yang masuk ke modul standby micro control.
  2. Terdapat tegangan 5 volt pada micro control pada kondisi normal.
  3. Ketika di tekan tombolnya, maka modul kontrol akan secara otomatis mengecek semua bagian modul. Jika tidak ada masalah atau normal, lampu indikator led akan berkedip kedip.
  4. Tetapi jika terdapat masalah, lampu indikator led akan nyala standby.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai biaya service TV LED mati total yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan juga bermanfaat. Serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *