Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam

2 min read

Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam
Advertisements

Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam – Pada setiap perangkat televisi pastinya membutuhkan sebuah antena agar dapat menangkap sinyal siaran dari stasiun tv pemancar. Selain itu juga untuk menghasilkan gambar yang jernih pada televisi.

Menurut penggunaannya terdapat dua buah jenis antena televisi, yaitu antena outdoor dan antena indoor. Dimana antena outdoor pemasangannya berada diluar ruangan / rumah, sedangkan antena indoor hanya diletakan tidak jauh dari televisi atau berada didalam rumah. Dan biasanya untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik, sebaiknya gunakan BOOSTER TV dengan kualitas bagus.

Kedua jenis antena tersebut masing masing memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Kelebihan dari antena indoor yaitu dalam pemasangannya lebih mudah serta lebih tahan lama, sebab tidak terpengaruh dengan cuaca (panas dan hujan). Sedangkan kekuranganya yaitu dalam menangkap sinyal siaran masih kalah jika dibandingkan dengan antena outdoor.

Advertisements

Untuk antena outdoor kelebihannya yaitu dapat menangkap sinyal siaran lebih baik, sehingga kualitas gambar jadi lebih baik. Sedangkan kekurangannya yaitu dalam pemasangannya antena outdoor lebih rumit serta dalam pemakaiannya pun tidak tahan lama, sebab dalam pemasangannya yang berada diluar rentan akan kerusakan karena pengaruh cuaca.

Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam

Cara Memasang Antena Dalam

Cara Memasang Antena Dalam

Berbicara mengenai antena dalam televisi yang kurang bagus dalam menangkap sinyal siaran, diperlukan trik khusus supaya televisi dapat menampilkan kualitas gambar yang bagus dan jernih.

Untuk itu dikesempatan kali ini teknisitv akan berbagi informasi mengenai hal tersebut, yaitu cara agar TV jernih dengan antena dalam. Dibawah ini merupakan langkah langkahnya :

  • Pertama siapkan terlebih dahulu antena indoor yang akan dipasang.
  • Kemudian letakan antena indoor pada posisi yang strategis, lebih tinggi lebih bagus.
  • Selanjutnya pasang atau hubungkan kabel antena ke televisi.
  • Jika memakai Booster, hubungkan juga kabel antena ke Booster.
  • Kemudian hubungkan kabel Booster ke televisi.
  • Jika memakai antena yang membutuhkan supplay tegangan. hubungkan antena ke listrik.
  • Jika memakai antena yang mempunyai tombol on / off, nyalakan terlebih dahulu antena.
  • Selanjutnya nyalakan televisi.
  • Kalau dirasa masih kurang jernih, putar arah antena sampai mendapatkan kualitas gambar terbaik.
  • Setelah mendapat kualitas gambar terbaik, ikat antena pada dudukan agar posisinya tidak berubah.

Antena TV Indoor Terbaik

Antena TV Indoor Terbaik

Sesuai dengan namanya antena indoor atau antena dalam dipasang didalam ruangan. Bagi yang akan membeli antena indoor, berikut ini daftar pilihan antena TV indoor yang bagus :

1. PF HD 14

1. PF HD 14 1
Advertisements

PF HD 14 dapat digunakan pada TV analog dan juga TV digital, terutama pada televisi ukuran 32 inch kebawah. Bahan utama PF HD14 ini adalah besi dan alasnya terbuat dari plastik, sehingga ringan dan mudah dipindah pindah.

2. Toyosaki TYS-468AW

Toyosaki TYS 468AW

Antena ini dirancang untuk TV UHF channel 21-26 pada frekuensi UHF, VHF, hingga FM. Sinyal yang ditangkap di kisaran 20-30 db. Totosaki TYS-468AW sudah dilengkapi dengan Booster, anti petir, dan juga beberapa fitur lainnya. Antena ini bisa diputar 90 derajat guna mencari sinyal siaran yang lebih jernih.

3. PX HDA-5000

PX HDA 5000

Antena ini merupakan antena TV hybrid yang dapat digunakan di dalam dan luar ruangan, dapat menangkap sinyal pada frekuensi UHF 470-890 MHz dan frekuensi VHF 47-230 MHz. Antena ini juga mempunyai fitur Low Noise Amflipier, fungsinya untuk meningkatkan kualitas sinyal hingga 20 db dan STB yang membuat gambar jadi lebih jernih.

4. Krisbow HD-300

Krisbow HD 300 1

Antena ini bisa menangkap sinyal UHF dan juga sinyal VHF, selain itu antena ini juga dilengkapi dengan kontrol penguat sinyal yang dapat diatur manual. Karena desainnya yang ramping dan memanjang, antena ini bisa dengan mudah diletakan dimana saja.

5. Philips sdv8622T

Philips sdv8622T

Philips sdv86T juga merupakan produk hybrid, yaitu bisa diletakan didalam maupun luar ruangan yang dapat menangkap frekuensi UHF serta VHF. Selain itu antena ini juga dilengkapi dengan fitur penyaring suara, sehingga bisa menghilangkan suara bising yang muncul pada saat TV kurang jernih.

6. Toyosaki AIO 200

Toyosaki AIO 200 1

Toyosaki AIO 200 dapat menangkap frekuensi UHF dan juga frekuensi VHF, mulai dari 70 MHz sampai 860 MHz. Antena ini juga bisa berfungsi didalam dan luar ruangan, serta sudah dilengkapi dengan fitur Booster penguat sinyal dan juga gain control guna memaksimalkan kinerja antena dalam menangkap sinyal.

Antena TV Digital Indoor

Antena TV Digital Indoor

Sejalan dengan maraknya siaran TV digital diberbagai daerah di tanah air, para pengguna akan berusaha mencari bagaimana cara mendapatkan siaran TV digital dengan kualitas tampilan yang bagus.

Solusinya yaitu dengan memasang antena TV Digital yang mempunyai kualitas terbaik sehingga dapat menangkap sinyal digital dengan baik. Antena digital didesain untuk dapat memberikan sinyal siaran yang optimal dan untuk digunakan didalam ruangan.

Dengan memasang antena dalam atau indoor ini bisa untuk menonton berbagai ratusan channel dengan kualitas gambar yang super jernih jika dibandingkan TV pada umumnya.

Beberapa pilihan dari antena TV digital sebagai berikut :

1. Antena TV Digital Indoor Bentuk Panjang

Antena TV Digital Indoor Bentuk Panjang

2. Antena TV Digital Indoor Bentuk Segi Delapan

Antena TV Digital Indoor Bentuk Segi Delapan

3. Antena TV Digital Indoor Bentuk Persegi Panjang

Antena TV Digital Indoor Bentuk Persegi Panjang

4. Antena TV Digital Indoor Bentuk Kotak

Antena TV Digital Indoor Bentuk Kotak

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara agar TV jernih dengan antena dalam yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu serta bermanfaat bagi para pembacanya.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *