Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

4 Cara Beralih ke Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box

3 min read

Cara Beralih ke Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box

Cara Beralih ke Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box – Telah kita ketahui bersama bahwa sistem penyiaran di Indonesia akan berganti dari yang semula menggunakan sistem siaran analog menjadi sistem siaran TV digital. Proses beralih tersebut dilakukan secara bertahap dimana tahap pertama telah dilakukan pada 30 April 2022 kemarin dan akan dilanjutkan dua tahap berikutnya yaitu pada 25 Agustus dan 2 November 2022.

Proses beralih ke siaran TV digital dilakukan secara bertahap ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dimana migrasi dari TV analog ke TV digital dilakukan melalui tiga tahap yakni 30 April, 25 Agustus dan 2 November 2022. Nah dalam pelaksanaanya untuk menyiarkan siaran TV digital di Indonesia digunakan teknologi sistem transmisi bernama Digital Video Broadcasting-Second Generation Terestrial (DVB-T2).

DVB-T2 sendiri merupakan sebuah transmisi terestrial digital generasi kedua yang dikembangkan oleh proyek DVB, dimana menjadi standar transmisi siaran terbaru untuk TV digital. Teknologi ini sudah banyak diadopsi oleh negara-negara Eropa serta Asia dan Indonesia salah satunya. Jadi di Indonesia, untuk dapat menikmati siaran TV digital masyarakat haruslah menggunakan perangkat televisi yang mendukung atau memiliki fitur DVB-T2.

Terkait hal tersebut Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyarankan atau menghimbau masyarakat untuk menggunakan Set Top Box akibat dari beralih sistem penyiaran dari analog ke siaran TV digital. Hal ini mengingat di Indonesia masih banyak penggunaan perangkat televisi yang belum mendukung atau memiliki fitur DVB-T2, jenis televisi yang dimaksud yaitu TV Tabung dan TV Plasma atau layar datar.

Set Top Box merupakan alat penangkap siaran, nantinya Set Top Box akan mengubah sinyal siaran digital yang ditangkap antena menjadi sinyal analog sehingga nantinya gambar bisa ditampilkan di layar TV analog, baik itu TV tabung maupun Plasma. Namun bisakah beralih ke siaran TV digital tanpa Set Top Box dan bagaimana cara nya? Sesuai judul artikel sekaligus menjawab pertanyaan tersebut, dibawah ini teknisitv bagikan informasi atau penjelasan tentang cara beralih ke siaran TV digital tanpa Set Top Box.

Cara Beralih ke Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box

Cara Beralih ke Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box.

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa proses penghentian siaran TV analog untuk kemudian beralih ke siaran TV digital dilakukan secara bertahap dan telah dimulai tahap pertamanya pada 1 Mei 2022 kemarin, kemudian untuk dapat menikmati siaran TV digital haruslah dengan menambahkan perangkat tambahan bernama STB. Namun tahukan Anda jika menonton siaran TV digital juga bisa tanpa perangkat Set Top Box, penasaran? berikut ini penjelasanya.

Agar dapat menikmati siaran TV digital tanpa Set Top Box setidaknya ada empat cara yang bisa dilakukan, adapun empat cara tersebut adalah sebagai berikut :

1. Memakai Perangkat TV Yang Memiliki Fitur DVB-T2

Memakai Perangkat TV Yang Memiliki Fitur DVB T2

Cara beralih ke siaran TV digital tanpa Set Top Box yang pertama yaitu dengan membeli atau memakai perangkat televisi yang sudah dilengkapi dengan DVB-T2. Untuk mengetahui perangkat televisi memiliki fitur DVB-T2 atau sudah mendukung siaran digital dapat diketahui dengan cara melakukan pengecekan langsung ke perangkat televisi, dimana jika didalamnya terdapat menu DTV berarti sudah dapat menerima siaran digital meski tanpa Set Top Box.

Selai cara tersebut, ada satu cara lagi mengetahui sebuah televisi sudah bisa menerima siaran digital yaitu dengan mengunjungi laman Siaran Digital Kementrian Kominfo. Adapun cara melakukanya adalah sebagai berikut :

  • Pertama buka browser lalu pada kolom pencarian ketikan https://siarandigital.kominfo.go.id/
  • Setelah masuk kemudian pilih menu Perangkat TV Digital
  • Selanjutnya klik menu Pilih Kategori
  • Setelah itu pilih Televisi
  • Berikutnya tulis merk dan juga tipe televisi yang ingin Anda cek
  • Jika ternyata perangkat sudah dapat menerima siaran digital maka nama serta tipe televisi yang Anda ketikan akan muncul
  • Kemudian jia ternyata perangkat tidak dapat menerima siaran digital maka akan muncul keterangan Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat

Dikutip dari laman resmi kominfo di siarandigital.kominfo.go.id berikut adalah beberapa merk dan juga tipe televisi yang dapat digunakan untuk beralih ke siaran TV digital tanpa Set Top Box atau sudah dilengkapi fitur DVB-T2 :

  • Polytron PLD 32TV1855
  • Samsung 32T4001
  • Coocaa 32D5T
  • LG 32LM550BPTA
  • TCL 32B3
  • Sharp Aquos LED 2T-C32DC1i
  • Panasonic 32H410G
  • Changhong 32H1
  • Toshiba 32L3965

2. Memakai Smart TV

Memakai Smart TV

Cara kedua beralih ke siaran digital tanpa STB yaitu dengan memakai Smart TV. Smart TV adalah jenis atau tipe televisi keluaran terbaru sekarang ini, banyak produsen perangkat televisi yang lebih memprioritaskan jenis TV ini untuk produksinya. Memakai Smart TV kita bisa menikmati siaran digital tanpa harus menambahkan Set Top Box sebab Smart TV mampu menyediakan program melalui konektivitas internet. Karena itulah mengapa Smart TV juga dikenal sebagai Internet TV. Selain itu dengan Smart TV kita juga dapat menonton film melalui situs streaming hingga mengakses YouTube.

3. Memakai Android TV

Memakai Android TV

Cara berikutnya beralih ke siaran digital tanpa Set Top Box yaitu dengan memakai Android TV. Bisa dibilang Android TV merupakan generasi penerus dari Smart TV karena sudah dilengkapi dengan koneksi internet dan juga WiFi. Secara fungsi Android TV sebenarnya sama saja dengan Smart TV, hanya saja sistem operasi yang digunakan pada jenis televisi ini adalah Android (seperti yang dipakai pada smartphone) dan prosesor.

4. Memakai Smarphone (Ponsel)

Cara beralih ke siaran digital tanpa Set Top Box selanjutnya yaitu memakai HP atau Ponsel. Selain perangkat televisi, perangkat HP atau ponsel juga bisa kita gunakan untuk menonton siaran digital tanpa harus memakai Set Top Box. Beralih ke siaran digital tanpa STB memakai HP dapat kita lakukan dengan memanfaatkan alat bernama TV Tuner Digital (USB DVB-T2 Stick). Untuk cara atau langkah-langkahnya bisa dilihat pada artikel sebelumnya dari teknisitv dengan judul CARA NONTON TV DIGITAL LEWAT HP TANPA PAKET DATA INTERNET.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan ketika ingin beralih ke siaran TV digital tanpa harus menggunakan perangkat tambahan berupa STB.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara beralih ke siaran TV digital tanpa Set Top Box yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.