Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Cek Elco

2 min read

Cara Cek Elco

Cara Cek Elco – Elco (Elektrolit Kapasitor) merupakan salah satu komponen pada rangkaian elektronik yang dapat menyimpan muatan listrik sementara, dimana dalam sebuah rangkaian elco berfungsi untuk melancarkan penyaluran daya listrik yang lebih kontinue (baik pengisian maupun pengosongan).

Penyebab kerusakan pada sebuah elco biasanya karena terjadi lonjakan listrik yang melebihi kapasitas kerja dari elco. Sebagai contoh pada sebuah elco dengan voltase 25 volt, sedangkan listrik yang dibebankan melebihi 25 volt maka yang akan terjadi elco akan rusak bahkan bisa meledak.

Adanya lonjakan listrik biasanya karena adanya kebocoran regulator seperti dioda atau komponen lain yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan voltase yang mengalir pada sebuah rangkaian.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara cek kapasitor untuk mengetahui apakah masih dapat berfungsi dengan baik atau sebaliknya sudah rusak. Jadi bagi yang ingin mengetahui mengenai cara cek elco, bisa simak ulasan lengkapnya dari teknisitv dibawah ini.

Cara Cek Elco

Cara Cek Elco.

Elco merupakan kepanjangan dari electrolytic condensor atau sering disebut juga kapasitor, berbentuk seperti tabung. Ada dua tipe elco yang sering digunakan pada rangkaian elektronik yakni kapasitor polar dan kapasitor bipolar atau nonpolar, pada elco juga terdapat dua kutub kaki yaitu kaki positif dan negatif.

Pada elco atau kapasitor polar kutub positif dan negatif bisa dilihat dari bentuk kakinya, dimana kutub positif memiliki kaki yang lebih panjang dibandingkan kutub negatif. Sedangkan untuk elco bipolar kutub negatif bisa dilihat secara visual melalui tanda garis dari sisi atas sampai bawah, dimana garis tebal ini menandakan berpolaritas negatif.

Untuk cara cek elco atau cara mengetahui kondisi elco apakah masih bagus atau sudah rusak, bisa melalui beberapa cara cek. Berikut penjelasan lengkapnya untuk anda.

1. Cara Cek Secara Visual

Cara Cek Secara Visual

Cara cek kapasitor apakah masih dalam kondisi yang baik ataukah sudah rusak yang pertama bisa dengan cek cara visual. Cara cek nya yaitu dengan memperhatikan bentuk dari kapasitor, lalu raba pada bagian sisi tabung apakah bergelembung atau mengembung. Dimana hal itu (elco mengembung) menandakan atau patut dicurigai jika elco / kapasitor tersebut telah rusak, untuk memastikannya bisa dengan melakukan cara cek elco kedua dibawah ini.

2. Cara Cek Menggunakan Alat Ukur

Cara Cek Menggunakan Alat Ukur

Untuk mengukur nilai dari sebuah elco atau kapasitor diperlukan sebuah alat ukur yang bernama Kapasitansi Meter (Capacitance Meter). ini merupakan sebuah alat ukur khusus untuk mengukur kapasitansi sebuah elco. Selain itu bisa juga menggunakan LCR Meter dan tentunya yang akan dibahas kali ini yaitu Multimeter/Multitester.

Menggunakan LCR Meter jenis nilai yang dapat diukur lebih banyak, meliputi nilai L (Induktansi), nilai C (Kapasitansi) dan nilai R (Resistansi). Sedangkan Multitester/Multimeter dapat digunakan untuk cek atau mengukur arus, tegangan, hambatan dari berbagai komponen elektronik seperti elco, dioda, transistor dan juga resistor.

Cara Cek Elco Memakai Multimeter

Cara Cek Elco Memakai Multimeter

Untuk cek kapasitor atau mengukur nilai kapasitor apakah masih baik atau sudah rusak menggunakan multimeter bisa dilakukan melalui dua jenis tipe multimeter yakni multimeter analog dan multimeter digital.

Sekarang ini sudah banyak tipe atau jenis multimeter digital yang bisa digunakan untuk cek atau mengukur nilai elco, jadi tak perlu lagi membeli alat khusus untuk mengukur elco. Sebab hanya dengan menggunakan sebuah Multimeter, sudah bisa cek ataupun mengukur nilai dari sebuah komponen elektronik (termasuk elco).

Namun untuk cek / mengukur kapasitansi elco, Multimeter memiliki keterbatasan/batas tertentu. Artinya elco yang memiliki kapasitansi besar tidak semua bisa di cek memakai multimeter digital, sebagai contoh multimeter merk Sanwa CD800a yang memiliki batas ukur kapasitansi elco yang mempunyai nilai berkisar antara 50nf hingga 100µf.

1. Cara Cek Elco Memakai Multimeter Analog

Berikut langkah-langkah atau cara cek kapasitor menggunakan jenis multimeter Analog :

1. Pertama atur posisi skala selektor ke Ohm, dengan skala x1K.

atur posisi skala selektor ke Ohm dengan skala x1K

2. Kemudian hubungkan probe merah ke kaki positif elco dan probe hitam ke kaki negatif elco.

hubungkan probe merah ke kaki positif elco dan probe hitam ke kaki negatif elco

3. Setelah itu perhatikan jarum pada display multimeter analog, ada tiga kemungkinan yang akan terjadi dengan melihat pergerakan jarum tersebut, yakni :

perhatikan jarum pada display multimeter analog
  • Jarum bergerak naik kemudian kembali lagi, ini menandakan elco masih dalam kondisi baik/normal
  • Jarum bergerak naik dan tidak kembali lagi, ini menandakan elco rusak
  • Jarum tidak bergerak sama sekali, ini juga menandakan bahwa elco sudah rusak

Nah itu dia bagaimana cara cek memakai Multimeter analog.

2. Cara Cek Memakai Multimeter Digital

Cara cek elco menggunakan multimeter digital cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini cara atau langkah-langkahnya :

1. Pertama atur skala selektor ke simbol atau tanda elco (kapasitor).

atur skala selektor ke simbol atau tanda elco

2. Kemudian hubungkan probe ke terminal elco / kapasitor.

hubungkan probe ke terminal elco

3. Selanjutnya tinggal lihat pada layar display multimeter digital, berapa nilai kapasitansi elco.

lihat pada layar display multimeter digital berapa nilai kapasitansi elco

Cara cek kapasitansi elco tersebut diatas hanya berlaku untuk jenis multimeter digital yang mempunyai kemampuan mengukur kapasitansi.

Sebenarnya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat untuk cek nilai kapasitansi sebuah elco sebaiknya gunakan alat khusus untuk mengukur kapasitansi seperti Kapasitansi Meter dan LCR Meter. Cara penggunaanyapun tidak jauh beda dengan multimeter digital, namun kita perlu menentukan nilai yang terdekat dengan nilai sebuah elco dalam mengatur saklar selektor (baik LCR Meter maupun Kapasitansi Meter).

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara cek elco yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *