Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

2 Cara Cek Sinyal TV Digital Terbaru : Situs Website & Aplikasi

2 min read

Advertisements

Cara Cek Sinyal TV Digital – Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana akan mengganti sistem penyiaran yang ada sekarang ini, yaitu sistem penyiaran analog menjadi digital. Pergantian sistem penyiaran tersebut akan dilakukan dengan cara mematikan siaran TV analog secara bertahap, atau yang dikenal dengan istilah Analog Switch Off (ASO).

Dari informasi yang teknisitv dapatkan, rencananya akan ada tiga tahapan untuk mematikan siaran analog, yaitu tanggal 30 April 2022 untuk tahap pertama kemudian tanggal 25 Agustus 2022 dan terakhir tahap ketiga pada tanggal 2 November 2022. Selama masa pergantian ini, masyarakat masih bisa menikmati siaran analog seperti biasa.

Dilakukanya secara bertahap yaitu agar semua stakeholder atau pemegang kepentingan bersiap dalam menghadapi pergantian sistem siaran ini. Bagi masyarakat sendiri juga mau tidak mau harus bersiap dan beralih ke siaran TV DIGITAL, hal ini bisa dimulai dengan cara cek wilayah lokasi tempat tinggal Anda apakah sudah ada sinyal TV digital atakah belum.

Advertisements

Untuk melakukan hal tersebut, yaitu mengecek sinyal TV digital cara nya tidaklah susah bahkan terbilang gampang untuk dilakukan. Namun bagi yang masih belum tahu atau kebingungan terkait dengan cara cek sinyal TV digital, tidak usah khawatir karena pada kesempatan kali ini teknisitv akan membagikan caranya untuk Anda. Jadi biar tidak penasaran, langsung saja simak ulasan dari teknisitv tentang cara cek sinyal TV digital berikut ini.

Cara Cek Sinyal TV Digital

1. Cek Sinyal Digital Melalui Situs Kominfo

Cara cek sinyal digital yang pertama yaitu dengan cara mengunjungi situs resmi Kominfo yaitu https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Nantinya di situs Kominfo ini bisa dilihat jangkauan siaran serta berbagai wilayah yang sudah terdapat sinyal TV digital sehingga sudah dapat menikmati siaran TV digital.

2. Cek Sinyal Melalui Aplikasi SinyalTVDigital

Cara kedua cek sinyal digital yaitu menggunakan aplikasi SinyalTVDigital, aplikasi bisa didapatkan di Play Store maupun Apps Store. Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat mengetahui lokasi atau wilayah tempat tinggal kita apakah sudah terdapat sinyal digital ataukah belum. Selain itu aplikasi ini juga dapat dipakai untuk cek sinyal TV digital jelek, lemah bahkan hilang, jadi sangat tepat atau sangat disarankan untuk memakai aplikasi ini sebelum memutuskan membeli perangkat TV digital baik itu pesawat televisinya sendiri maupun perangkat Set Top Box DVB-T2. Adapun cara atau langkah-langkah cek sinyal TV digital memakai aplikasi SinyalTVDigital adalah sebagai berikut :

1. Pertama download dan install aplikasi SinyalTVDigital di Play Store/Apps Store

2. Kemudian buka aplikasi lalu inzinkan untuk mengakses lokasi

Advertisements

3. Maka tampilan akan berubah menyesuaikan lokasi/wilayah

4. Selanjutnya klik ikon layer dikanan atas, letaknya dekat ikon zoom in/out

5. Terakhir cek warna yang muncul pada peta, jika berwarna merah berarti sinyal TV digital di lokasi/wilayah Anda kuat, namun jika berwarna putih berarti sinyal TV digital lemah.

Syarat Menonton Siaran TV Digital

Untuk dapat menikmati siaran TV digital ada beberapa hal yang harus dipenuhi terkait dengan siaran TV digital. Adapun hal atau syarat tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Pastikan lokasi atau wilayah tempat tinggal terdapat sinyal TV digital
2. Memasang antena biasa, yakni antena UHF baik itu antena indoor ataupun outdoor
3. Pastikan perangkat televisi sudah mendukung siaran TV digital DVB-T2
4. Jika perangkat televisi belum mendukung siaran digital atau hanya bisa menerima siaran analog, masih bisa digunakan dengan cara menambahkan perangkat bernama Set Top Box (STB). STB merupakan perangkat tambahan untuk menangkap sinyal digital yang ditangkap antena kemudian mengubahnya menjadi sinyal analog untuk nantinya dapat ditampilkan dilayar televisi. Berikut adalah Set Top Box rekomendasi dari Kominfo yang bisa digunakan untuk menangkap siaran TV digital :

MERKMODEL/TIPE
NexmediaNA1300/DVB-T2 MPEG 4 HD
PolytronPDV 600T2
Ichiko8000HD
AkariADS-2230
AkariADS-210
AkariADS-168
VenusBrio
TanakaT2
MatrixApple
EvercossSTB1
NextronNT2000-D
NextronTR 1000
EvinixH-1
EvercossSTB Max
EvercossSTB Pro
EvercossSTB Mini
MatrixCH-77

Kemudian setelah semua perangkat tersambung, masuk ke menu pengaturan di televisi lalu pilih scan otomatis untuk memindai siaran digital yang tersedia di lokasi.

Akhir Kata

Nah itu dia ulasan mengenai cara cek sinyal TV digital yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *