Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mematikan TV

2 min read

Cara Mematikan TV

Cara Mematikan TV – Televisi merupakan golongan dari komunikasi massa yang sudah banyak dipunyai oleh masyarakat. Berbeda dengan media cetak, televisi lebih banyak digemari karena selain dari segi harga yang cukup murah televisi juga menyuguhkan informasi dalam bentuk audio dengan gambar bergerak jadi lebih menarik.

Supaya bisa bekerja serta menampilkan gambar atau tayangan dari stasiun TV, televisi terdiri dari komponen yang saling menunjang agar bisa berfungsi. Komponen komponen tersebut berupa Antena, Power, Tunner, Rangkaian detektor video, Rangkaian penguat video, serta Rangkaian audio.

Penggunaan ataupun cara pengoperasian perangkat televisi juga tergolomg mudah. Selain itu di setiap pembelian sebuah perangkat televisi pastinya disertai degan buku panduan mengenai cara pengoperasian perangkat tersebut. Pengguna hanya tinggal mengikuti saja langkah langkahnya.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan masih banyak yang masih mengalami kebingungan mengenai hal tersebut. Oleh karena itu, di kesempatan kali ini, teknisitv akan membagikannya info mengenai masalah tersebut. Jika pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai cara menghidupkan TV, untuk kali ini akan dibahas mengenai cara mematikan TV. Biar lebih jelas simak pembahasannya dibawah ini.

Cara Mematikan TV Terbaru, Mudah & Cepat

Langkah Mematikan Televisi Yang Benar

Langkah Mematikan Televisi Yang Benar

Mematikan televisi sangatlah mudah untuk dilakukan, hanya tinggal menekan tombol OFF pada remote TV atau bisa melalui tombol panel yang ada pada televisi. Tetapi tahukah anda bahwa mematikan televisi juga mempunyai prosedur atau cara yang benar sehingga televisi akan menjadi awet atau tahan lama serta tidak gampang rusak. Dibawah ini merupakan prosedur atau langkah mematikan televisi yang benar.

1. Kecilkan Volume Televisi

Mengecilkan volume televisi hingga nol (0) dapat membuat speaker lebih aman dari hentakan rangkaian amplifiier pada saat televisi baru dinyalakan. Selain itu juga suara televisi yang keras bisa membuat kaget pada saat menghidupkan televisi.

2. Tekan Tombol Power / OFF Pada Remote

Ketika tombol power pada remote TV di tekan maka hal tersebut akan mematikan televisi, namun televisi tidak sepenuhnya mati karena masih dalam kondisi standby atau kondisi siaga. Sebab power supply masih bekerja guna menyuplai IC control yang bersama sama dengan sensor infrared tetap siaga, kalau sewaktu waktu ada perintah dari remote TV. Kondisi seperti ini sangat berbahaya jika televisi ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama, sebab bisa terjadi korsleting pada rangkaian power supply.

3. Tekan Tombol ON / OFF Pada Panel TV

Menekan tombol ON / OFF pada panel TV bertujuan untuk memutus arus listrik AC dari sumber listrik ke televisi sehingga televisi benar benar mati, sebab tidak ada arus listrik sedikitpun yang masuk. Jadi semua rangkaian televisi akan mati dan berhenti bekerja, hal ini akan membuat rangkaian elektronik didalam televisi akan aman dari resiko korsleting.

4. Mencabut Steker / Colokan TV Dari Sumber Listrik

Mencabut steker atau colokan dilakukan untuk menghindari televisi dari kerusakan yang parah. Kerusakan tersebut biasanya karena adanya kejutan tegangan tinggi dari saluran listrik / PLN. Salah satu penyebab kejutan tegangan tinggi adalah adanya sambaran petir pada saluran listrik di luar. Sambaran petis bisa mengakibatkan rangkaian televisi terbakar.

Nah itulah cara atau prosedur yang benar mematikan televisi, hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan pada perangkat televisi. Dan jangan pula diabaikan jika terjadi hal hal darurat seperti jika terjadi cuaca buruk atau hujan petir, segera matikan televisi dan cabut steker dari sumber listrik.

Mematikan Televisi Dengan Perintah Suara

Mematikan Televisi Dengan Perintah Suara

Jika diartikel sebelumnya dari teknisitv yaitu CARA MENGHIDUPKAN TV telah membahas tentang cara menghidupkan TV menggunakan perintah suara, kali ini akan dibahas mengenai cara mematikannya yakni mematikan TV menggunakan perintah suara.

Mengenai persyaratan ataupun hal hal yang diperlukan sama persis seperti menghidupkan televisi menggunakan perintah suara, jadi anda bisa membacanya pada artikel tersebut. Berikut ini langkah langkahnya.

  1. Pertama ucapkan “Ok Google”
  2. Setelah itu ucapkan “Nonaktifkan, TV atau TV saya”
  3. Kemudian ucapkan “Nonaktifkan, (nama perangkat)”
  4. Selanjutnya ucapkan “Matikan, TV atau TV saya”
  5. Dan yang terakhir ucapkan “Matikan, (nama perangkat)”

Catatan : Ketika mematikan TV, konten akan berhenti ditransmisikan ke televisi dan jika memutar konten pada sumber lain maka konten tersebut akan tetap diputar.

Akhir Kata

Demikian artikel tentang cara mematikan TV yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Merakit Ampli

Budi
3 min read

Pasta Solder Yang Bagus

Budi
1 min read

Cara Update Firmware TV Toshiba

Budi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *