Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Membersihkan Layar TV LED

2 min read

Cara Membersihkan Layar TV LED

Cara Membersihkan Layar TV LED – Sekarang ini TV LED sudah menjadi perangkat elektronik wajib atau umum untuk sebuah rumah maupun kantor. Dulu televisi memiliki tampilan monitor / layar cembung serta membutuhkan lebih banyak energi listrik dalam penggunaannya. Namun sekarang televisi hadir dengan model terbaru dengan layar LED, dimana lebih hemat listrik dalam penggunaannya serta lebih bersahabat atau untuk mata.

Dibandingkan dengan jenis lain, LED lebih tahan terhadap lingkungan sekitar, selain itu LED juga tidak mudah rusak jika terkena kotoran seperti debu sebab LED memiliki layar yang kuat. Dengan beberapa kelebihan tersebutlah mengapa sekarang ini LED dimanfaatkan sebagai televisi dan diproduksi dalam berbagai tipe dan ukuran.

Kemudian apa jadinya jika televisi tidak menampilkan gambar atau tayangan dengan maksimal karena perawatan yang kurang dan juga tidak hati – hati. Hal tersebut tentunya akan kurang enak dilihat serta juga akan mengurangi ketajaman gambar. Cara membersihkan layar TV LED sebenarnya sama saja ketika membersihkan layar smartphone serta sejenisnya, hanya diperlukan kehati hatian saja agar layar tidak tergores.

Untuk itu dikesempatan kali ini teknisitv akan membagikan informasi untuk anda mengenai hal tersebut, yaitu cara membersihkan layar TV LED. Jadi bagi yang yang sedang mencari informasi cara membersihkan layar LED, bisa simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Membersihkan Layar TV LED

Membersihkan Layar TV LED 1

Agar TV LED memiliki kualitas gambar yang jernih serta memiliki umur panjang (awet) diperlukan perawatan yang baik serta terus menerus. Salah satu perawatannya yaitu dengan membersihkan layar atau frame agar terhindar dari debu serta kotoran.

Gunakan kain lembut, tidak berserat, bersih, kering untuk membersihkan layar LED TV, contohnya yaitu kain microfiber. Serta juga jangan menggunakan cairan, wax atau cairan yang mengandung bahan kimia seperti sabun, bubuk gosok, pembersih jendela atau pembersih apapun dengan pelarut seperti alkohol, bensin, tinner cat, ammonia. Selain itu jangan pula membersihkan layar LED dengan kertas tisu atau ampelas, sebab akan mengakibatkan layar tergores dan akan melepas lapisan anti glare pada layar sehingga akan mengakibatkan kerusakan permanen.

Cara Membersihkan Bekas Sidik Jari dan Kotoran Berminyak

Cara Membersihkan Bekas Sidik Jari dan Kotoran Berminyak

Selain debu ada juga beberapa kotoran yang terdapat pada layar LED seperti bekas sidik jari serta kotoran berminyak. Cara membersihkannya yaitu dengan ambil sebotol cairan pembersih khusus (bisa dibeli di toko – toko baik offline maupun online shop yang menjual monitor / TV). Lalu tuang sedikit cairan pembersih pada kain kering , lembut serta bersih kemudian gosokan pada layar dengan perlahan juga hati – hati.

Langkah – Langkah Atau Cara Membersihkan Layar LED Dengan Benar

Langkah Langkah Atau Cara Membersihkan Layar LED Dengan Benar

Cara membersihkan layar LED dengan baik serta benar, berikut ini langkah – langkahnya :

  1. Sebelum mulai membersihkan, cabut kabel TV terlebih dahulu.
  2. Bersihkan layar LED memakai kain bersih, lembut, kering dan tidak berserat.
  3. Cara membersihkan layar LED, usap perlahan lahan layar dengan kain, jika kotoran masih ada, semprotkan cairan pembersih pada kain (jangan menyemprotkan cairan pembersih ke layar).
  4. Usapkan kain ke layar LED selembut mungkin, sebab TV LED mudah tergores dan jangan menekan terlalu keras karena akan mengakibatkan kerusakan.
  5. Tunggu hingga layar LED benar – benar kering, sebelum mencolokan kembali kabel TV.

Petunjuk Lain Cara Membersihkan Layar LED Yang Benar

Petunjuk Lain Cara Membersihkan Layar LED Yang Benar

1. Matikan TV LED

Dengan mematikan televisi sebelum membersihkan layar selain lebih aman, kotoran yang menempel pada layar akan terlihat ketika kondisi layar dalam keadaan mati. Selain itu juga bisa mencegah kerusakan pixel LED saat dibersihkan.

2. Gunakan Kain Kering yang Lembut

Untuk cara membersihkan layar LED pakailah kain kering, bersih dan lembut, namun sebelum mulai membersihkan pastikan dulu TV LED dalam kondisi dingin.

3. Periksa Layar Televisi

Setelah membersihkan layar LED selesai, periksa kembali layar apakah masih ada kotoran yang tersisa. Jika masih terdapat kotoran, ulangi proses cara membersihkan layar LED hingga benar – benar bersih.

4. Pakai Cuka dan Air

Dengan campuran cuka dan air dapat membersihkan kotoran dan debu yang membandel pada layar LED. Dengan catatan air yang digunakan adalah air bersih dan bening.

5. Hindari Pakai Bahan Kimia Berlebihan

Sedikit telah dijelaskan diatas bahwa dalam cara membersihkan layar LED untuk jangan menggunakan cairan mengandung bahan kimia seperti ammonia, etil alkohol, aseton dan etil klorida. Sebab jika membersihkan layar memakai cairan pembersih mengandung bahan kimia justru akan merusak layar LED.

6. Hindari Penggunaan Bahan Non Ultrasoft

Hal ini dimaksudkan agar dalam membersihkan layar LED, layar LED tidak rusak atau tergores. Sebab bahan non ultrasoft merupakan bahan dengan tekstur kasar, sehingga dapat menyebabkan goresan pada layar LED.

7. Pakai Cairan Pembersih LED (Screen Clean)

Screen Clean adalah cairan khusus untuk membersihkan layar monitor. Jadi cairan ini sangat direkomendasikan untuk membersihkan layar TV LED. Semprotkan sedikit screen clean ke kain kering, lalu usapkan secara perlahan ke layar LED.

8. Pakai Minyak Kayu Putih

Untuk membersihkan layar LED juga bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai alternatifnya. Cara ini umum digunakan di tempat service televisi.

9. Memperhatikan Letak Posisi TV LED

Setelah selesai membersihkan, selanjutnya yang cukup penting dilakukan adalah mencari letak posisi TV LED yang tepat. Caranya yaitu tempatkan TV di tempat yang terhindar dari debu.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara membersihkan layar TV LED yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu bagi yang sedang membutuhkan informasi seputar cara membersihkan layar TV LED. Serta bisa menambah wawasan buat para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *