Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Membuat Antena TV

1 min read

Cara Membuat Antena TV

Cara Membuat Antena TV – Secanggih dan semahal apapun sebuah perangkat televisi, sebenarnya tampilan gambar yang muncul pada layar TV tidak akan jernih atau bagus jika tidak ada penangkap sinyal dari siaran TV. Beberapa cara dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, dari memasang TV kabel hingga memakai parabola ataupun dekoder.

Namun itu semua membutuhkan biaya tidak sedikit, bahkan tergolong mahal. Selain biaya pemasangan yang mahal juga akan dikenakan biaya atau tagihan bulanan khusus untuk pengguna TV kabel.

Dengan alasan itulah mengapa kebanyakan orang lebih memilih menggunakan antena biasa sebagai alat bantu penjernih gambar televisi, walaupun harganya juga tidak murah namun paling tidak harganya masih lebih murah jika dibandingkan dengan memasang parabola ataupun TV kabel.

Ada solusi lebih murah dari semua hal tersebut diatas, yaitu dengan dengan cara membuat antena sederhana sendiri. Hal tersebut tentunya akan lebih sedikit dana yang akan dikeluarkan. Untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan membagikan informasi tentang hal tersebut, yaitu cara membuat antena TV. Untuk ulasan lengkapnya simak dibawah ini.

Membuat Antena TV

Membuat Antena TV

Cara membuat antena TV sebenarnya sangat mudah, hanya dengan memanfaatkan sedikit bahan yang dengan mudah bisa didapatkan di pasaran, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan dengan memanfaatkan barang bekas disekitar juga sudah bisa membuat antena TV sederhana sendiri.

Tujuan membuat antena televisi sendiri sebenarnya tidak dititikberatkan pada faktor ekonomis saja. Namun lebih pada fungsi serta prinsip kerja dari antena itu sendiri. Selain itu kadang bagi orang yang gemar berkreasi, membuat antena sendiri jadi tidak ternilai harganya jika dibandingkan dengan antena dari toko.

Disini cara membuat antena televisi dijelaskan memakai prinsip antena dipole dengan satu reflektor, dibuat dari bahan plat aluminium dengan ukuran yang kecil.

Cara Membuat Antena TV Sederhana

Cara Membuat Antena TV Sederhana

Sebelum masuk ke proses cara pembuatan antena, peralatan dan juga bahan – bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu :

  1. Pelat seng jenis nisplang berukuran 1 meter, jika menggunakan pelat aluminium akan lebih bagus sebab akan lebih tahan lama dan tahan terhadap pengaruh cuaca.
  2. Kabel coaxial 75 ohm plus konektornya.
  3. Baut dan paku.
  4. Obeng dan tang.

Untuk cara membuat antena televisi bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini :

1. Siapkan peralatan serta bahan – bahan seperti tersebut diatas, lalu potong pelat seng sesuai ukuran :

Siapkan peralatan serta bahan bahan seperti tersebut diatas lalu potong pelat seng sesuai ukuran
  • plat bentuk trapesium 2 buah.
  • plat bentuk persegi 1 buah

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, potong plat se presisi mungkin.

2. Sambungkan penampang seng / aluminium dengan rangkaian kabel.

Sambungkan penampang seng aluminium dengan rangkaian kabel

Penampang atau bagian inti dari seng / aluminium akan membentuk sebuah elemen pole pada antena, sambungkan elemen dengan kabel coaxial 75 ohm pada slot antena TV.

3. Jika antena sudah terkoneksi dengan kabel coaxial, berarti antena sudah siap digunakan.

Keuntungaan Membuat Antena TV Sendiri

Keuntungaan Membuat Antena TV Sendiri

Selain biaya yang dikeluarkan sedikit, membuat antena sendiri juga dapat mengatur dimensi atau ukuran antena sesuai keinginan.

Jika bahan yang digunakan adalah alumunium akan lebih memberikan banyak keuntungan, sebab material ini awet jika digunakan serta tidak mudah berkarat dan juga tahan terhadap berbagai macam cuaca.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara membuat antena TV yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu untuk yang sedang berencana membuat antena sendiri. Serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca setia artikel dari teknisitv.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *