Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Membuka Password TV Sharp

2 min read

Cara Membuka Password TV Sharp
Advertisements

Cara Membuka Password TV Sharp – Mungkin sebagian dari kita masih ada yang belum mengetahui tentang salah satu fitur di televisi model sekarang ini. Dijaman sekarang ini hampir semua merk TV menyediakan fitur berupa Password TV, fungsinya yaitu sebagai pemblokir menu di TV, atau sering disebut juga child lock.

Child lock ini dimaksudkan untuk memproteksi, misal ada saluran atau channel televisi yang tidak di prioritaskan untuk ditonton anak anak. Kita bisa memfungsikan fitur ini ke channel tersebut dengan cara memberikan kode atau password.

Tetapi biasnya masalah yang timbul adalah lupa akan passwordnya atau fitur ini aktif secara tidak sengaja tanpa kita tahu passwordnya. Untuk mengatasi masalah seperti ini umunya ada dua cara yang bisa dilakukan.

Advertisements

Dikesempatan kali ini teknisitv akan membahas permasalahan tersebut beserta dengan solusinya serta langkah langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tentang CARA MEMBUKA PASSWORD TV TERKUNCI terutama pada TV Sharp.

Penyebab dan Cara Membuka Password TV Sharp

Penyebab TV Bisa Terkunci

Penyebab TV Bisa Terkunci

Kenapa TV bisa terkunci? Secara umum penyebab TV bisa terkunci dan tidak merespon remot kontrol yang mengakibatkan tidak dapat untuk merubah channel yang ada yaitu kurang lebihnya seperti dibawah ini :

  • Remot secara tidak sengaja kepencet dan menekan tombol yang salah yang membuat TV terkunci.
  • Pesawat televisi error atau ada masalah pada pesawat televisi
  • Lupa password. Sengaja dikunci oleh anda ataupun orang lain, tetapi lupa paswordnya pada saat mau membuka kembali.

Kurang lebih sepeerti itu penyebab kenapa TV bisa terkunci. Jadi teknisitv sarankan untuk jangan asal pencet tombol agar terhindar dari permasalahan seperti ini.

Cara Membuka Password TV Yang Terkunci

Cara Membuka Password TV Yang Terkunci

Untuk mengatasi TV yang terkunci karena lupa password di tiap tiap merk televisi berbeda beda. Umumnya untuk mengatasi masalah seperti ini ada dua cara yang bisa digunakan yaitu menggunakan remot atau tanpa remot.

Membuka kunci remot tidaklah susah, tinggal masukan kode reset password dan TV pun bisa terbuka kembali. Kalaupun remot hilang atau rusak kita masih bisa menggunakan remot TV universal maupun aplikasi remot TV.

Tidak seperti pada smartphone yang jumlah kasalahan input passwordnya dibatasi, di televisi tidak berlaku hal tersebut. Jadi jangan khawatir jika terjadi kesalahan dalam memasukan input passwordnya.

Tidak usah khawatir juga jika tidak ada remot, entah itu rusak atau hilang. Kita masih bisa memfungsikan tombol pada TV, untuk membuka TV tanpa menggunakan remot.

Cara Membuka Password TV Sharp

Dibawah ini teknisitv akan membagikan metode atau cara membuka password TV yang terkunci, dalam hal ini adalah TV Sharp.

Pada saat menyalakan televisi muncul display please input password, serta tidak ada tayangan apapun berarti TV Sharp dalam keadaan terkunci.

1. Membuka Password TV Sharp Menggunakan Remot

Membuka Password TV Sharp Menggunakan Remot
Advertisements

Dengan cara menggunakan remot ini sangatlah mudah untuk dilakukan, baik itu TV model tabung atau CRT maupun model LCD. Asalkan remot TV masih ada dan berfungsi. Caranya hanya tinggal memasukan kode reset passwordnya saja, untuk TV Sharp sendiri kode reset nya adalah :

Kode Reset Password TV Sharp Jenis CRT (tv tabung)
  • 2398
  • 0000
Kode Reset Password TV Sharp Jenis LCD
  • 0000
  • 1111
  • 7777
  • 9999

2. Membuka Password TV Sharp Tanpa Remot

Membuka Password TV Sharp Tanpa Remot

Untuk metode membuka password TV Sharp tanpa remot ini caranya adalah dengan menngunakan tombol navigasi yang ada di panel kontrol TV. Perlu diketahui caranya berbeda antara TV tabung dengan TV model LCD. Dibawah ini penjelasanya masing masing :

Membuka Password Tanpa Remot Jenis CRT (tv tabung)

Berikut ini langkah langkah membuka password TV Sharp tanpa remot jenis TV tabung :

  1. Pertama pastikan TV dalam kondisi mati
  2. Yang kedua, tekan dan tahan tombol Volume (-) dan (+) secara bersamaan
  3. Kemudian pada posisi tersebut, yaitu tombol volume ditahan nyalakan TV
  4. Selanjutnya dilayar akan muncul tampilan menu, pilihlah password biasanya menggunakan simbol ikon kunci. Seperti terlihat pada gambar dibawah. [gambar tampilan buka menu pasword tv tabung tanpa remot(pnduantv.com)]
  5. Terakhir matikan password dengan cara merubah password dari posisi ON keposisi OFF
Membuka Password TV Tanpa Remot Jenis TV LCD

Berbeda dengan model TV tabung yang pengertian terkunci disini adalah salah satu channel atau channel tertentu saja yang jika kelupaan password masih bisa dibuka dengan jalan direset. Tetapi di tipe TV jenis LCD, password atau yang juga disebut secret number tidak ada. Jadi cara resetnyapun berbeda, berikut ini langkah langkahnya :

  1. Pertama tekan Menu melalui tombol navigasi di TV
  2. Selanjutnya pilih menu yang untuk ke settingan Channel setup Umumnya di menu setupParental CTRL hingga muncul tampilan isian password 4 digit
  3. Kemudian tekan dan tahan Channel (+) dan Volume (+) bersamaan hingga muncul notifikasi The Secret Number Cleared

Akhir Kata

Demikian kurang lebih pembahasan tentang bagaimana cara membuka TV yang terkunci pada TV Sharp yang bisa teknisitv bagikan, semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan bagi para pembacanya.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *