Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Membuka Siaran TV Berbayar

2 min read

Cara Membuka Siaran TV Berbayar
Advertisements

Cara Membuka Siaran TV Berbayar – Menggunakan antena parabola dan receiver digital memungkinkan kita dapat menonton siaran dari berbagai channel televisi. Tidak hanya siaran dari channel TV lokal saja, namun channel TV mancanegara pun bisa ditangkap. Semakin banyak LNB yang digunakan maka akan semakin banyak saluran televisi yang ditangkap, sebab jika jumlah LNB ditambah maka akan bisa menangkap beberapa satelit sekaligus.

Biasanya mayoritas siaran tv dapat ditonton setelah dilakukan proses blind scan, siaran tersebut bersifat Free To Air (FTA). FTA mengandung arti bahwa semua siaran tersebut dapat disaksikan secara gratis (tidak berbayar) asalkan memakai receiver yang support dengan format siaran. Namun dari semua saluran, pasti ada yang tidak bisa terbuka (biasanya ditandai dengan lambang $).

Channel siaran dengan tanda $ pada daftar informasi channel mengandung arti bahwa siaran tersebut berbayar, $ dimaksud disini adalah kependekan dari Scrambled (teracak). Ketika muncul tanda tersebut, siaran TV gelap dan tidak bisa disaksikan seperti biasa. Perlu diketahui, ini bukanlah masalah sinyal jelek, frekuensi salah ataupun arah parabola yang kurang tepat.

Advertisements

Untuk itu agar lebih mengetahui tentang lambang $ berbayar tesebut, sesuai judul diatas pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahasnya untuk anda. Lebih tepatnya yaitu cara membuka siaran TV berbayar, jadi bagi yang penasaran atau sedang mencari informasi mengenai hal tersebut bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Membuka Siaran TV Berbayar

Cara Membuka Siaran TV Berbayar.

Secara umum gambar siaran teracak pada televisi bisa disebabkan karena beberapa faktor, termasuk sumber siaran TV digunakan atau layanan TV kabel. Siaran TV teracak juga bisa disebabkan karena sinyal diterima receiver lemah.

Namun jika sinyal diterima receiver normal artinya siaran tersebut memang sengaja diacak memakai satu atau beberapa kombinasi enkripsi. Dimana untuk dapat membuka atau menyaksikan siaran, harus terlebih dahulu membayar atau berlangganan, selanjutnya inilah yang disebut dengan TV berbayar, TV premium atau Pay TV.

Cara membuka siaran TV berbayar atau bertanda $ tidaklah mudah, apalagi untuk tipe acakan seperti irdeto, nds dan lainnya, jadi dengan kata lain cara membuka siaran berbayar bisa dilakukan dan bisa juga tidak tergantung dari jenis acakannya. Selain itu juga harus memakai receiver yang support acakan tersebut, untuk mengetahuinya bisa dilihat dari box kemasan atau bisa juga pada spesifikasi dari receiver tersebut.

Receiver keluaran terbaru sekarang ini sudah banyak support acakan seperti BISS, PowerVu, Xcrypt dan Tandberg. Kemudian jika receiver sudah support, yang kita perlukan selanjutnya yaitu key atau kunci untuk membuka siaran berbayar tersebut. Misalkan saja bisskey untuk acakan BISS, nantinya dipengaturan receiver kita input key tersebut, maka siaran berbayar akan terbuka.

Key ini bisa didapatkan melaui program rahasia, dengan proses lumayan ribet serta butuh waktu dimana program bekerja secara brute force (mencoba semua kemungkinan). Contohnya saja pada bisskey, terdiri dari 16 karakter huruf dan angka, kebayangkan berapa banyak kombinasi yang mungkin dari 0-9 dan A-Z.

Bisakah Membuka Siaran TV Berbayar

Bisakah Membuka Siaran TV Berbayar

Acakan dipakai oleh penyedia layanan TV satelit supaya siaran tidak dapat ditonton pengguna yang tidak berlangganan paket premium. Pada semua satelit pasti ada siaran yang terkunci, termasuk pada satelit palapa D dan chinasat 11 dimana dikenal sebagai satelit siaran gratis.

Pada TV berbayar dikenal menggunakan acakan maut, diantaranya seperti StreamGuard, Irdeto, Conax, ABV, Navigrasion, Starguide, Tongfang dan lain sebagainya. Belum ada receiver support acakan tersebut dipasaran.

Untungnya sekarang banyak penyedia siaran satelit memberikan siaran atau channel premium secara gratis, misalnya NEX Parabola, K Vision dan Ninmedia. Disini Siaran berbayar atau teracak bisa dinikmati secara gratis asalkan memakai receiver rekomendasi (khusus), hal ini dikenal dengan sebutan Free To View (FTV).

Akhir Kata

Kesimpulannya adalah bahwa cara membuka siaran TV berbayar atau bertanda $ yaitu dengan memasukan key pada pengaturan receiver yang support. Namun saat ini tidak semua jenis acakan bisa dibuka atau support, yang sering di share biasanya seperti acakan BISS.

Demikian pembahasan mengenai cara membuka siaran TV berbayar yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *