Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Memilih Booster TV Yang Bagus

4 min read

Cara Memilih Booster TV Yang Bagus

Cara Memilih Booster TV Yang Bagus – Booster antena TV adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memperkuat penerimaan sinyal oleh televisi. Booster banyak dicari dan digunakan di kalangan masyarakat saat ini, sebab masih banyak yang menggunakan antena UHF untuk mendapatkan saluran atau channel dari stasiun televisi.

Booster digunakan untuk mendapatkan saluran yang beragam serta gambar yang lebih jelas. Booster banyak digunakan di tempat tempat yang jauh dari stasiun pemancar. Terutama di daerah pelosok yang mana signal saluran televisi susah didapatkan karena berbagai sebab, semisal terhalang oleh pegunungan.

Bagus atau tidaknya gambar dan suara dari sebuah televisi dalam menerima siaran dari stasiun televisi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti lokasi, kualitas televisi serta bisa juga dari kualitas antena.

Banyak terdapat merk booster di pasaran yang tentunya setiap merk mempunyai kekurangan dan kelebihan masing masing. Jadi harus jeli dalam memilih booster yang akan dibeli. Untuk itu di artikel kali ini teknisitv akan mengulas tentang perangkat elektronik yang satu ini yakni booster. Termasuk juga tips cara memilih booster TV yang mempunyai kualitas bagus. Untuk lebih jelasnya simak pembahasanya dibawah ini.

Cara Memilih Booster TV Yang Bagus

Tips Memilih Booster Yang Bagus

Tips Memilih Booster Yang Bagus

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah perangkat Booster, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui atau memiliki pengetahuan mengenai kualitas dari sebuah perangkat Booster. Untuk itu dalam membeli Booster perhatikan angka angka yang tertera pada cover Booster. Sebab angka angka tersebut menjelaskan nilai penguat yang dihasilkan oleh sebuah perangkat Booster.

Semakin tinggi angka yang tertera pada cover menunjukan semakin besar daya penguat sinyal pada Booster tersebut. Jika Booster sudah terpasang akan terlihat perbedaan pada kualitas gambar serta suara. Kalau kualitas gambar serta suara menjadi lebih bagus, berarti Booster berfungsi atau bekerja dengan baik.

Tetapi jika sebaliknya yaitu setelah Booster dipasang namun kualitas gambar dan suara menjadi jelek, ini terjadi karena ada kesalahan dalam pemasangan Booster atau bisa juga karena sinyal yang dikuatkan oleh Booster terlalu besar. Cara mengatasinya yaitu dengan memutar ke kiri dan ke kanan trimpot yang terletak dalam cover Booster.

Keuntungan Memakai Booster

Keuntungan Memakai Booster 1

Di lokasi yang susah menangkap sinyal atau lokasi yang jauh dari stasiun pemancar televisi, tentunya akan sulit mendapatkan kualitas siaran yang bagus, gambar dan suara yang bagus. Disinilah penggunaan Booster jadi salah satu aspek yang harus diperhtikan.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapat jika menggunakan Booster:

  • Kualitas Gambar Bagus

Sesuai dengan fungsi utama dari Booster yaitu untuk menguatkan sinyal dari antena televisi, jadi Booster akan menguatkan sinyal yang diterima antena untuk kemudian diteruskan ke televisi. Dengan demikian gambar yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang lebih bagus, gambar lebih jernih dan juga variasi saluran yang lebih beragam.

  • Lebih Aman & Instalasi lebih mudah

Beberapa pengguna ada yang meletakan Booster diluar rumah bersama dengan antena televisi. Tapi sebenarnya Booster TV, khususnya bagian indoor bisa atau cukup dipasang didalam rumah saja, tetap akan mendapatkan sinyal yang baik.

Selain itu juga akan lebih aman, sebab jika dipasang diluar bersama antena akan lebih rentan atau mudah terkena listrik dari petir yang akan mengakibatkan konslet.

Rekomendasi Booster Terbaik

Rekomendasi Booster Terbaik

Jika ingin membeli Booster, sebaiknya terlebih dulu mengetahui beberapa merk Booster yang mempunyai kualitas baik. Karena jika memakai Booster dengan kualitas bagus, secara otomatis gambar yang dihasilkanpun akan lebih bagus.

Sekarang ini banyak antena televisi yang bagus, dimana didalamnya sudah termasuk dengan internal Booster. Jadi lebih ringkas serta mudah dalam pemasangan.

Berikut ini merupakan rekomendasi dari beberapa Booster yang memiliki kualitas bagus :

1. Falcom FDA G300A

1. Falcom FDA G300A

Falcom FDA G300A merupakan Booster dengan pertahanan bodi yang kokoh dan awet, sebab Booster ini terbuat dari metal. selain itu juga akan lebih aman dari interferensi gangguan sinyal pada televisi. Booster merk ini juga tidak akan mudah rusak, sekalipun diletakan diluar ruangan dengan cuaca yang ekstrim.

2. Skybox Set Top Box DVB T2

Skybox Set Top Box DVB T2

Rekomendasi Booster selanjutnya yaitu Skybox Set Top Box DVB T2. Booster ini merupakan keluaran dari Skybox, jadi sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog supaya menghasilkan gambar yang lebih jernih dan juga suara yang jelas. Pada Booster yang satu ini selain support dengan input antena UHF, juga terdapat fitur yang tidak ada pada Booster merk lain, yakni bisa digunakan untuk merekam serial favorit menggunakan flashdisk.

3. Booster Rapid 8620SA2

Booster Rapid 8620SA2

Booster yang satu ini terkenal memiliki harga yang ekonomis dengan kualitas penguat sinyal yang baik, selain itu Booster ini juga memiliki dua output sehingga sangat cocok untuk yang memiliki dua unit televisi.

Jadi dengan menggunakan Booster yang satu ini tidak lagi dibutuhkan cara untuk memparalel Booster TV lagi.

Spesifikasi Booster Rapid 8620SA2 :

  • CATV Signal Amplifier 2 Way dengan IN (Antena), OUT (2 unit TV)
  • Gain Control Lampu Power
  • LED Penggunaan
  • Penggunaan indoor
  • Material Aluminium
  • Daya 1 Watt
  • Tegangan 220 Volt
  • Frekuensi 50 Hz
  • Amp[ify Gain 20 dB (Max)
  • Berat 50 gram
  • Dimensi 7,9 x 5,8 x 2,8 cm

4. Booster PF DX W9900

Booster PF DX W9900

Booster ini memiliki dua bagian utama yaitu bagian yang dipasang di outdoor dan bagian yang dipasang di indoor. Jadi pemasangan harus dilakukan keduanya, jika hanya salah satu saja yang dipasang maka akan berpengaruh pada kualitas gambar.

Fitur dari Booster VHF – UHF :

  • Gain Control
  • Super High Gain
  • Super High Power
  • Super Low Noise
  • Hybrid Filter
  • Selector Switch
  • Max Gain 48 dB

5. Televes Booster Matrix

Televes Booster Matrix

Booster yang satu ini merupakan produk asal Spanyol, juga merupakan salah satu Booster terbaik yang mampu memperkuat sinyal televisi yang menjadikan saluran atau CHANNEL TV semakin beragam. Booster yang satu ini tak perlu lagi diragukan lagi kualitasnya, sebab Televes sudah banyak mengeluaarkan mengeluarkan berbagai jenis produk yang berkaitan dengan distrbusi sinyal televisi. Diantaranya seperti Parabola, set top box, antena serta berbagai aksesoris TV lainya.

6. Falcom FSA S300

Falcom FSA S300

Booster yang satu ini juga terkenal bagus dan juga awet, sebab dibuat dari material metal yang kokoh. Selain itu Booster ini sangat anti petir, anti karat dan tahan air, jadi sangat cocok pada kondisi cuaca yang tidak menentu. Unit ini juga mampu menggunakan satu modul amplifier dengan penguatan sebesar 30 dB.

Falcom FSA S300 dilengkapi dengan attenuator yang dapat disesuaikan di dalam equalizer, sehingga mudah digunakan untuk mengatur level kemiringan sinyal tertentu. Sementara itu konfigurasinya juga bisa dipilih two way atau tap.

7. PF DX W5000

PF DX W5000

Booster ini merupakan Booster terbaik yang dapat diaplikasikan pada dua jenis antena. Selain itu produk ini juga bisa dipakai untuk memperkuat sinyal digital selain untuk memperkuat sinyal analog.

Untuk masalah pemasangan bisa dilakukan diluar maupun didalam ruangan.

8. Tanaka Power Supply Booster

Tanaka Power Supply Booster

Tanaka Power Supply Booster merupakan power supply yang dapat digunakan untuk berbagai booster merk apapun (kecuali antena remot dan CATV amplifier). Jadi unit ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti power supply Booster yang rusak.

Perlu diketahui, produk ini merupakan power supply saja, jadi untuk menggunakan unit ini harus disertai pemasangan Booster outdoor untuk mendapatkan gambar yang bagus. Unit ini memiliki input sebesar 220 volt dan output 240 volt.

9. Matrix HA-8640

Matrix HA 8640

Produk ini terkenal memiliki spesifikasi bagus yang merupakan andalan dari Matrix HA-8640. Dibuat dari material aluminium dengan sistem heat sinking yang baik, jadi suhu panas akibat dari pemakaian yang lama bisa menghilang (menjaga suhu unit tetap pada suhu sewajarnya).

Produk ini juga dilengkapi dengan power supply yang terintergralkan sehingga mudah dalam pemasangan. Keunggulan lainya seperti pemakaian daya yang rendah noise yang sedikit serta kemampuan dalam meningkatkan kualitas gambar televisi dengan baik.

10. Sanex WA-850TG 950TG

Sanex WA 850TG 950TG

Produk yang satu ini bisa digunakan pada antena remot untuk mempertajam resolusi gambar dari tayangan televisi. Unit ini dilengkapi dengan power supply yang berkualitas sehingga mampu menangkap sinyal terjauh.

Booster ini juga memiliki pengontrol frekuensi otomatis yang bisa digunakan untuk memperbanyak pilihan saluran televisi.

11. Toyosaki Type TYS-999

Toyosaki Type TYS 999 1

Booster Toyosaki hadir dengan dua unit dalam satu paket pembelian yakni indoor dan outdoor, terdapat juga slot untuk antena VHF dan UHF. Produk ini bisa digunakan untuk segala jenis tipe televisi, baik itu televisi tipe tabung maupun televisi keluaran terbaru speerti LCD / LED dan juga untuk jenis sinyal analog maupun digital.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara memilih Booster TV yang bagus dari teknisitv, semoga bisa bermanfaat dan juga dapat di jadikan referensi bagi yang sedang mencari booster televisi serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *