Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus

2 min read

Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus
Advertisements

Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus – Dengan perkembangan teknologi penyiaran digital lewat media televisi membuat banyak orang tidak puas jika hanya sekedar menonton siaran televisi dari dalam negri saja menggunakan antena televisi standar. Agar bisa mengakses berbagai tayangan dari saluran mancanegara bisa dengan cara berlangganan TV satelit atau TV kabel berbayar.

Receiver merupakan salah satu perangkat pada TV satelit yang sangat dibutuhkan keberadaanya, sebab dilihat dari fungsinya receiver adalah perangkat elektronik dimana berguna untuk menerima sinyal satelit dan mengatur siaran televisi yang diterima dan kemudian diubah kedalam bentuk gambar, suara dan juga beberapa layanan lainnya. Jadi jika tidak ada receiver maka kita tidak bisa menggunakan atau menonton TV satelit.

Banyak merk receiver beredar dipasaran dari termurah hingga yang paling mahal, diantaranya seperti Matrix Burger, Optus, Nex parabola dan lain – lain. Namun namanya juga sebuah produk, secanggih dan semahal apapun pasti akan mengalami namanya permasalahan atau kerusakan. Kerusakan biasa terjadi pada sebuah receiver diantaranya seperti receiver hang/error, receiver mati total termasuk receiver restart terus.

Advertisements

Untuk tiap – tiap jenis kerusakan tentunya akan memiliki cara memperbaiki yang berbeda – beda. Di kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi tentang cara memperbaiki kerusakan – kerusakan pada receiver, tepatnya yaitu cara memperbaiki receiver restart terus. Jadi bagi yang sedang mencari informasi atau kebingungan mengenai cara memperbaiki receiver restart terus, bisa simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus MPEG 4

Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus MPEG 4

Receiver memang sering mengalami permasalahan gagal start. Indikasinya biasanya ketika pertama kali dinyalakan receiver parabola hanya akan muncul logo kemudian restart lagi, begitu terus menerus (gagal booting atau start). Permasalahan seperti ini biasanya terjadi di receiver MPEG 4 keluaran terbaru seperti Extra HD, Matrix Burger, Tanaka, Getmecom new FTA. Kerusakan seperti ini biasanya disebabkan karena supply tegangan atau arus yang kurang, bisa juga karena firmware terlalu berat, crash, memori penuh sehingga menyebabkan terjadinya receiver restart terus.

Cara memperbaiki receiver yang mengalami permasalahan seperti tersebut diatas, yaitu receiver restart terus tidaklah terlalu sulit. Salah satu cara memperbaiki masalah tersebut yaitu dengan mengganti Elco yang ada pada main board receiver nilainya 200 uf / 16 volt dengan elco berukuran atau nilainya lebih besar, misalnya 470 uf / 16 volt, Elco tersebut terletak didekat LNB Out. Pada kasus lain juga ada yang mengganti elco yang ada pada bagian PSU, yaitu elco 22 uf / 400 volt. Untuk cara menggantinya bisa dengan terlebih dahulu bongkar receiver lalu copot elco dan ganti dengan yang masih bagus, tentunya dengan nilai lebih besar.

Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus, Error (Mati Sendiri) MPEG 2

Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus Error Mati Sendiri MPEG 2

Sama halnya pada receiver MPEG 4, receiver MPEG 2 standar definition apalagi yang OTA seperti Matrix planet, primasat, tanaka, dan beberapa merk lain juga terkadang mengalami permasalahan seperti mati sendiri, restart terus atau bahkan tidak ada sinyal. Kadang ketika akan merubah pengaturan antena, menambah program, edit parameter receiver malah restart terus menerus. Biasanya receiver dengan permasalahan seperti itu karena ada masalah pada IC matic, elco melemah dan sebab lainnya, namun kita jangan langsung menjudge bahwa masalah adalah karena hal tersebut. Karena bisa jadi kerusakan bukan pada komponen, tetapi pada software.

Receiver yang rusak pada bagian software biasanya diakibatkan karena listrik sering mati, steker listrik receiver longgar juga bisa menyebabkan pembacaan di memori receiver menjadi korup.

Cara memperbaiki kerusakan tersebut adalah dengan merubah receiver ke settingan awal (default program). Kemudian setelah pengaturan sistem kembali ke default, barulah selanjutnya edit pengaturan antena sesuai dengan pemasangan LNB yang dipakai. Setelah itu biasanya receiver akan kembali normal. Jika masih belum, cara lain bisa digunakan yaitu dengan cara mengganti IC memori receiver.

Penyebab Kerusakan Pada Receiver Parabola

Penyebab Kerusakan Pada Receiver Parabola
Advertisements

Ada beberapa faktor dapat menyebabkan kerusakan pada sebuah receiver, baik itu di pada bagian sofware maupun bagian hardware.

Kerusakan pada software biasanya terjadi ketika proses update firmware, ada kemungkinan file firmware baru tidak cocok dengan receiver. Selain itu bisa juga karena file firmware korup sehingga tidak bisa terbaca sempurna di receiver atau bisa juga karena ada bug pada firmware.

Sedangkan pada bagian hardware, ada beberapa yang bisa menyebabkan kerusakan pada sebuah receiver. Salah satu yang sering terjadi serta banyak dikeluhkan yaitu kerusakan receiver akibat tersambar petir. Tegang listrik tidak stabil juga bisa jadi penyebab kerusakan receiver di bagian power supply. Konslet atau hubungan singkat pada kabel antena juga bisa menyebabkan receiver dan LNB rusak. Masih banyak lagi penyebab kerusakan di bagian hardware yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki receiver restart terus yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *