Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Horizontal

2 min read

Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Horizontal
Advertisements

Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Horizontal – Layar TV LED bergaris Horizontal umumnya dikarenakan adanya permasalahan atau kerusakan bagian vertikal televisi tersebut. Hal tersebut biasanya diakibatkan karena ada solderan di bagian vertikal sudah tidak berfungsi dengan baik atau solderan sudah longgar, sehingga tidak menyambung sempurna.

Selai itu juga bisa karena ada komponen rusak pada bagian IC vertikal, jadi dalam memperbaiki TV LED bergaris horizontal harus dilakukan pengecekan satu persatu komponen di bagian vertikal TV LED tersebut. Sebenarnya kerusakan TV LED bergaris horizontal merupakan hal wajar dan umum terjadi dan untuk cara memperbaiki layar TV LED bergaris horizontal dibutuhkan ketelitian supaya televisi kembali normal seperti semula.

Layar TV LED tersusun atas dua bagian utama yaitu berupa backlight dan glass panel, keduanya memiliki fungsi berbeda. Fungsi dari glass panel adalah untuk menampilkan gambar yang tersusun atas LED dan transistor micro dalam jumlah yang sangat banyak. Pada setiap line vertikal maupun horizontal juga ditemukan transistor pengontrol sweep, dimana agar tampilan gambar dilayar normal dan maksimal kedua poin tersebut harus terpenuhi.

Advertisements

Permasalahan umum yang terjadi pada panel LED yaitu ketika muncul garis – garis putih, bisa juga bewarna warni di layar. Hal tersebut terjadi diakibatkan karena transistor / IC / jalur pixel transistor driver dirangkaian panel mati atau tidak berfungsi. Jika jumlah transistor driver yang mati ada banyak, maka akan semakin banyak garis – garis yang muncul di layar. Untuk mengetahui secara lengkap mengenai cara memperbaiki TV LED bergaris horizontal, simak pembahasannya dibawah ini.

Memperbaiki TV LED Bergaris Horizontal

Memperbaiki TV LED Bergaris Horizontal

Cara memperbaiki permasalahan layar TV LED bergaris horizontal akan lebih mudah dilakukan jika sebelumnya diketahui penyebab kerusakan tersebut. Berikut ini beberapa penyebab sekaligus cara memperbaiki TV LED bergaris horizontal :

1. Memastikan Kondisi

Memastikan Kondisi

Layar TV LED bergaris horizontal bisa diatasi dengan memastikan terlebih dulu kondisinya, caranya yaitu dengan memastikan televisi dalam kondisi mati dan tidak terhubung ke sumber listrik. Hal ini sangat penting untuk keselamatan proses perbaikan, dan jangan lupa untuk memakai alat pelindung seperti sarung tangan dan sebagainya. Setelah itu baru proses pembongkaran seluruh casing panel disa dilakukan, untuk melihat keadaan jalur column (FPC) apakah ada yang terbakar.

2. Mengecek Tegangan

Mengecek Tegangan
Advertisements

Mengecek kondisi tegangan terlebih dahulu juga penting dilakukan dalam proses cara memperbaiki layar TV bergaris horizontal. Tegangan yang di cek yaitu tegangan output IC power T Con. Kerusakan panel TV bergaris horizontal biasanya akibat adanya masalah di bagian IC Scan Driver MAX1708. Ketika semua tegangan berjalan normal, tapi pada saat bagian flicker muncul secara perlahan level tegangan output di pin 13 – 22 akan mengalami penurunan (short) walaupun di output IC Power masih konstan.

3. Memutus Jalur Pin Out 21

Memutus Jalur Pin Out 21

Cara mempeerbaiki layar TV bergaris horizontal berikutnya yaitu dengan cara memutus jalur pin out 21, sebelum menuju ke FPC maupun panel. Selanjutnya periksa kembali tingkat tegangan pada kondisi tanpa beban atau dalam kondisi televisi mati, tegangan akan cenderung normal dan konstan pada pin 21 (+/-24).

4. Mengecek IC Vertikal

Mengecek IC Vertikal

Agar bisa mengetahui kondisi IC vertikal apkah masih normal atau sudah rusak, lakukan pengukuran pada IC tersebut menggunakan multitester. Lakukan pengukuran di kaki – kaki VCC (B+) IC Vertikal, jika multitester menunjukan nilai 24 VDC berarti kondisi IC masih normal. Sebalikya, jika tidak ada tegangan sama sekali menandakan kerusakan ada pada IC vertikal.

Kemudian lakukan pengukuran juga di sumber tegangan yang menuju IC Vertikal, yaitu sumber tegangan dari FBT tepatnya pin flyback 24 volt. Jika ketika diukur B+ IC tidak ada tegangan, hal tersebut menandakan jika ada komponen yang menuju B+ IC rusak.

Jadi harus ditelusuri satu persatu komponen yang satu jalur dengan B+ IC hingga menemukan komponen yang rusak. Biasanya komponen yang terjadi kerusakan yaitu resistor pada jalur tersebut, jika hal tersebut terjadi maka segera lakukan penggantian komponen tersebut lalu coba nyalakan TV apakah garis horizontal hilang atau tidak.

5. Mengecek Ocillator

Mengecek Ocillator

Jika pada bagian IC vertikal normal dan tidak ada permasalahan, cara selanjutnya memperbaiki layar TV LED bergaris horizontal yaitu mengecek bagian ocillator yang terletak dekat dengan IC Croma dan juga masih terhubung dengan IC tersebut. Jadi jika IC Croma bermasalah maka komponen vertikal juga akan ikut bermasalah.

Untuk melakukan cara ini, sebelumnya harus mengetahui tegangan output dari IC Croma tersebut, yaitu sekitar 16 VDC. Jadi jika pada saat diukur tegangan lebih dari 16 VDC berarti IC vertikal rusak, selain itu kerusakan juga bisa ditandai dengan IC pendingin memiliki panas tidak wajar.

Namun jika pada saat mengukur IC Vertikal tidak menunjukan nilai atau angka, maka harus dilakukan pengecekan pada komponen Ocillator vertikal out. Untuk televisi LED keluaran sekarang ini, biasanya letak ocillator berada di dekat IC Croma atau bisa juga menyatu.

Artinya dengan cara ini, harus dilakukan pengecekan pada ocillator, IC Croma serta IC vertikal, jadi jangan terfokus pada satu penyebab saja.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki TV LED bergaris horizontal yang dapat teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu. Serta bisa menambah wawasan untuk para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *