Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Memperbaiki Warna TV Sharp

2 min read

Cara Memperbaiki Warna TV Sharp

Cara Memperbaiki Warna TV Sharp – Selain Kerusakan atau permasalahan TV SHARP AQUOS TIDAK ADA SUARA, televisi Sharp dan juga merk lain juga sering mengalami permasalahan kehilangan salah satu warna. Sehingga hal tersebut mengakibatkan warna lain akan terlihat dominan, penyebabnya biasanya karena ada masalah pada bagian RGB sehingga warna yang dihasilkan tidak normal.

Penyebab permasalahan bisa bermacam macam, seperti karena ada komponen yang rusak atau mati, ada solderan pada kaki kaki komponen yang retak dan lain lain. Sebelum melakukan pemeriksaan pada komponen bagian dalam televisi, sebaiknya periksa dulu kondisi televisi Sharp tersebut.

Memeriksa kondisi televisi terlebih dahulu dimaksudkan untuk mengetahui penyebab kerusakan, sebab kondisi televisi yang sudah tua juga bisa mengakibatkan perubahan warna pada gambar televisi dimana tabung tv harus diganti.

Sesuai dengan judul artikel diatas, maka pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahas tentang cara memperbaiki warna TV Sharp. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Warna TV Sharp

Cara Memperbaiki Warna TV Sharp 1

Memperbaiki warna atau mengatur warna RGB TV Sharp dimana gambar televisi dominan salah satu warna seperti gambar dominan hijau, merah dan biru merupakan ciri ciri tabung televisi mengalami perubahan atau penurunan pada katoda warna crt.

Setting ulang warna dasar layar tabung televisi tidak cuma untuk menyeimbangkan warna dasar saja, namun juga untuk mengatasi atau memperbaiki gambar televisi yang warnanya kehijauan, kemerahan dan kebiruan.

Untuk dapat mengakses parameter warna pada TV Sharp, terlebih dahulu harus masuk ke menu service TV Sharp. Televisi model lama dan baru memiliki cara sendiri sendiri untuk membuka menu service.

Cara Membuka Menu Service (Service Mode) TV Sharp

Cara Membuka Menu Service Service Mode TV Sharp

Beberapa cara membuka menu service televisi Sharp guna mengecek serta mengubah parameter eeprom televisi :

  • Untuk TV Sharp model lama, cara masuk mode service yaitu dengan merubah posisi saklar dengan cara menggeser togle saklar dari normal ke service.
  • Yang kedua yaitu dengan cara menghubungkan sesaat dua buah jumper JA137 dan JA138 atau JA483 dan JA484, yang letaknya biasanya pada PCB yang berlubang.
  • Yang ketiga dengan cara menekan tombol menu pada remot, kemudian tekan tombol 4-7-2-5 pada remot.
  • Kemudian cara selanjutnya yaitu, posisi TV mati power off tekan dan tahan tombol volume (-) dan channel (+) pada panel TV. Setelah itu nyalakan televisi dan lepas kedua tombol tersebut setelah TV menyala.

Setting Warna RGB TV Sharp

Setting Warna RGB TV Sharp

Kemudian setelah masuk ke mode service, langkah selanjutnya yaitu setting warna RGB TV Sharp. Untuk caranya kurang lebih sama seperti televisi merk lain yakni dapat diakses melalui menu mode service televisi, tetapi ada perbedaan pada beberapa seri dari TV Sharp yang pengaturan warna RGB nya tidak terlihat atau tidak ada menu pilihan item RGB pada menu service.

Hal tersebutlah yang membuat beberapa orang kebingungan dan tidak mengetahui cara adjustment warna RGB TV Sharp melalui mode service, sehingga yang dilakukan adalah melakukan setting RGB secara manual dengan menambah trimpot atau bisa juga dengan cara mengganti nilai resistor di blok matrik RGB.

Berikut ini merupakan cara mengatur warna RGB atau setting warna dasar TV Sharp melalui mode service. Untuk membuka menu pengaturan warna RGB seperti R Cut, B Cut, R Drive dan juga G Drive, terlebih dahulu harus memasukan kode atau sejumlah angka menngunakan tombol remote. Berikut ini langkah langkahnya :

  1. Pastikan TV pada posisi mati (steker dicabut dari sumber listrik) tekan serta tahan tombol volume (-) dan channel (+) secara bersamaan sembari menyalakan televisi, lepas kedua tombol setelah televisi menyala.
  2. Kemudian tekan tombol menu pada remot ataupun panel TV untuk merubah item menu service. Cari dan pilih item menu service CUT OFF / BKGD.
  3. Selanjutnya pada posisi CUT OFF / BKGD tekan tombol angka pada remot untuk merubah nilai warna RGB dangan data data sebagai berikut :
  • Tombol angka 1 & 4 : Untuk merubah nilai R Cut (Red Cut), yang mana tombol 1 unuk mengurangi warna merah sedangkan tombol 4 untuk menambah nilai warna merah.
  • Tombol angka 2 & 5 : Untuk merubah nilai G Cut (Grenn Cut), tombol 2 untuk mengurangi warna hijau sedangkan tombol 5 untuk menambah nilai warna hijau.
  • Tombol angka 3 & 6 : Untuk merubah nilai B Cut (Blue Cut), yang mana tombol 3 untuk mengurangi nilai warna biru dan tombol 6 untuk menambah warna biru.
  • Tombol angka 7 & RECALL : Untuk merubah nilai R Drive (Red Drive), yang mana tombol 7 untuk mengurangi nilai drive warna dan tombol RECALL untuk menambah nilai drive warna merah.
  • Tombol angka 8 & 0 : Untuk merubah nilai warna G Drive (Green Drive), yang mana tombol 8 untuk mengurarangi sedangkan tombol 0 untuk menambah nilai drive warna hijau.

Untuk menghasilkan warna yang seimbang dan maksimal, lakukan pengaturan warna dengan baik dan benar.

4. Jika setting warna telah selesai, tekan tombol power pada remot guna menyimpan serta keluar dari mode service.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki warna TV Sharp yang bisa teknisitv bagikan semoga bisa membantu dan bermanfaat serta bisa jadi bahan referensi bagi yang membutuhkan. Dan juga menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *