Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

5 Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger 2022

2 min read

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger
Advertisements

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger – Matrix Burger menjadi salah salah satu varian receiver Matrix yang banyak digunakan oleh para pengguna parabola. Hal itu karena Matrix Burger terkenal tahan lama (awet) serta harganya yang terjangkau. Jika Anda baru saja membeli receiver Matrix Burger, tentunya supaya dapat menikmati atau menangkap saluran/channel TV sebuah receiver perlu dilakukan setting terlebih dahulu. Dan salah satu setting tersebut yaitu dengan menambahkan satelit pada receiver, sehingga nantinya semua saluran yang ada pada satelit bisa ditangkap dan disaksikan melalui layar televisi.

Bagi yang keseharianya berkecimpung di dunia parabola atau TV satelit untuk melakukan setting tersebut yakni cara menambah satelit (dalam hal ini yaitu satelit Telkom 4) di Matrix Burger tentunya sudah bukan sebuah masalah, namun bagi yang masih awam atau baru pertama menggunakan receiver Matrix Burger tentu akan sedikit kebingungan. Nah melihat kondisi tersebut maka dikesempatan kali ini teknisitv bermaksud untuk berbagi informasi mengenai permasalahan tersebut yaitu cara menambah satelit di Matrix Burger.

Satelit Telkom 4 atau biasa disebut juga satelit Merah Putih adalah satelit milik Indonesia yang merupakan tempat bernaungnya berbagai saluran/channel televisi yang sebelumnya berada di satelit Palapa D. Berpindahnya atau migrasi berbagai saluran TV ke satelit Telkom 4 diakibatkan karena telah berakhirnya masa orbit dari satelit Palapa D, artinya untuk dapat menikmati berbagai channel pada TV satelit atau parabola tentunya terlebih dahulu kita harus menambahkan satelit Telkom 4 ini di receiver (dalam hal ini yakni Matrix Burger).

Advertisements

Terkait dengan cara menambah satelit di Matrix Burger sebenarnya tidaklah sulit dilakukan, namun seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bagi orang awam ataupun pengguna baru Matrix Burger untuk melakukannya tentu akan sedikit kebingungan. Jadi buat yang masing kebingungan atau sedang mencari informasi mengenai cara menambah satelit di Matrix Burger, simak ulasan dai teknisitv tentang cara menambah satelit Telkom 4 Matrix Burger berikut ini.

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger

Sebelum dapat menikmati siaran dari berbagai saluran TV, ada beberapa hal atau pengaturan yang perlu dilakukan (termasuk menambah satelit) agar nantinya perangkat parabola serta receiver Matri Burger dapat menangkap sinyal frekuensi dari berbagai channel televisi. Adapun pengaturan atau cara atau langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Menambah Satelit Telkom 4 di Matrix Burger

Perlu diketahui untuk menambah satelit Telkom 4 di Matrix Burger pastikan terlebih dahulu antena parabola sudah mengarah pada satelit Telkom 4 (tracking satelit Telkom 4) yaitu di orbit 108.0°E (untuk caranya bisa dilihat diartikel sebelumnya dari teknisitv dengan judul CARA SETTING SATELIT TELKOM 4). Kemudian setelah itu barulah proses menambah satelit Telkom 4 di Matrix Burger dilakukan, adapun cara atau langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

1. Pertama tekan tombol Menu pada remote receiver Matrix Burger

2. Maka akan muncul pilihan sub menu yang bisa dipiulih, pilih opsi menu Pengaturan Program

Advertisements

3. Kemudian pilih Tambahkan Satelit

4. Maka akan muncul kolom nama satelit baru beserta data-data yang perlu diisi, diantaranya seperti :

  • Satelit : Telkom 4
  • Garis Bujur Satelit : 108.0°E
  • Type LNB : Biarkan default saja
  • LNB Freq 1 : 5150
  • Daya LNB : Biarkan default saja
  • 22K : Jika memakai switch 22 K, aktifkan 22K nya, namun juka tidak memakai switch matikan saja aatau Off saja
  • DiSeqC : Jika memakai switch aktifkan diseqC, jika tidak biarkan Off saja

5. Jika semua kolom sudah diisi, tekan Ok/Menu untuk menyimpan pengaturan

2. Menambah Transponder di Satelit Telkom 4

Setelah satelit Telkom 4 ditambahkan, cara atau langkah selanjutnya yaitu menambah transponder terkuat dari saluran atau channel yang ada pada satelit Telkom 4, cara nya yaitu sebagai berikut :

  • Pertama masuk ke Pengaturan Program
  • Kemudian pilih menu Tambahkan Saluran
  • Selanjutnya masuk ke menu Penambahan Transponder (gunakan tombol Volume (+) dan Volume (-)) lalu tekan Ok
  • Setelah itu tinggal masukan salah satu Transponder dari salah satu saluran yang ada di Telkom 4

3. Scan Otomatis Atau Blind Scan

Setelah sinyal terkuat dari satelit Telkom 4 didapat, cara atau langkah selanjutnya yaitu scan saluran guna mendapat semua saluran yang ada pada satelit Telkom 4, cara nya yaitu sebagai berikut :

  • Tekan Menu, kemudian masuk ke Pengaturan Program
  • Selanjutnya pilih menu Scan Otomatis
  • Setelah itu pilih Satelit Telkom 4, lalu pilih scan Semua atau scan Bebas
  • Kemudian pilih OK untuk memulai scan otomatis/blind scan
  • Terakhir tinggal tunggu beberapa saat hingga proses blind scan selesai

Arah Parabola Harus ke Satelit Telkom 4

Setelah satelit Telkom 4 ditambahkan pada receiver Matrix Burger namun sinyal yang didapat masih lemah atau bahkan tidak ada sama sekali, hal tersebut kemungkinan bisa diakibatkan karena ketika melakukan proses tracking satelit belum sesuai artinya arah parabola belum pas mengarah ke satelit Telkom 4, sehingga sinyal yang didapat masih lemah. Nah cara atau solusi mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengatur kembali arah parabola dan pastikan benar-benar sudah mengarah ke satelit Telkom 4, adapun cara nya adalah sebagai berikut :

  • Pertama menambah atau memasukan frekuensi terkuat yang ada di satelit Telkom 4 pada receiver Matrix Burger (misal frekuensi dari Telkomsat 3720 H 32727
  • Setelah menambah transponder, selanjutnya yaitu mengarahkan antena parabola ke orbit satelit Telkom 4. Geser secara perlahan-lahan antena ke arah barat sembari melihat indikator kualitas sinyal di monitor atau layar televisi
  • Geser terus antena parabola hingga mendapat sinyal terkuat, setelah itu barulah kembali melakukan scan saluran kembali.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara menambah satelit Telkom 4 Matrix Burger yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga dapat membantu bagi yang sedang menemui permasalahan seperti tersebut diatas. Kemudian dengan adanya artikel ini teknisitv juga berharap dapat menambah wawasan bagi para pembacanya, Terima kasih.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.