Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Menambah Satelit Telkom 4

2 min read

Cara Menambah Satelit Telkom 4

Cara Menambah Satelit Telkom 4 – Satelit Telkom 4 atau yang dikenal juga dengan sebutan Satelit Merah Putih merupakan satelit komunikasi geostasioner kepunyaan Indonesia, dimana pengoperasianya dijalankan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia. Telkom 4 diluncurkan pada tanggal 7 Agustus 2018 pukul 01.18 waktu setempat, memakai roket peluncur Falcon 9 kepunyaan Space X menuju slot orbitnya di 108° BT.

Sehubungan dengan tidak layaknya atau sudah habis masa orbitnya satelit palapa D pada 31 Agustus 2020 dan yang direncanakan sebagai satelit pengganti yaitu Nusantara dua (Palapa N1) gagal mencapai orbit. Hal tersebut mengakibatkan banyak saluran televisi dan juga radio migrasi ke Satelit Telkom 4.

Saat ini sudah banyak sekali saluran televisi yang bermukim di Satelit Telkom 4 ini sejak diluncurkanya tahun 2018 yang lalu. Lalu bagaimanakah cara menambah satelit Telkom 4 pada receiver agar tetap bisa menonton saluran maupun acara favorit.

Untuk itu sesuai judul artikel diatas, di kesempatan kali ini teknisitv akan membahas mengenai cara menambah satelit Telkom 4. Jadi untuk yang penasaran ataupun ingin mengetahui tentang cara menambah satelit Telkom 4 ini, bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Menambah Satelit Telkom 4

Cara Menambah Satelit Telkom 4.

Satelit Telkom 4 atau Merah Putih menjadi buruan para pengguna TV satelit, sebab satelit inilah yang menjadi tempat migrasi saluran atau channel dari satelit Palapa D. Untuk cara menambah satelit Telkom 4 tidaklah susah, namun mungkin masih ada beberapa pengguna yang masih kebingungan dengan caranya apalagi bagi pemula.

Sebelum masuk ke proses manambah satelit Telkom 4, perlu dipastikan dulu berapa posisi LNB Parabola. Sebab siapa tahu tanpa kita sadari sebenarnya parabola telah menjangkau satelit Telkom 4, meskipun pada receiver tertulis Telkom 1 namun sebenarnya sama saja (hanya soal penamaan saja). Satelit Telkom 4 berada pada posisi 108.0°E. Untuk yang belum mendapatkan satelit Telkom 4, berikut ini merupakan langkah-langkah cara menambah satelit Telkom 4 :

1. Pertama masuk ke Menu dengan cara tekan tombol Menu di remot receiver.

masuk ke Menu

2. Kemudian geser ke kanan untuk masuk ke submenu Instalasi.

masuk ke submenu Instalasi

3. Selanjutnya di menu instalasi pilih Daftar Satelit.

pilih Daftar Satelit

4. Maka akan muncul daftar satelit yang tersimpan di receiver, periksa apakah sudah ada satelit Telkom 1. Jika ada berarti satelit Telkom 4 sudah ada pada parabola, tinggal ubah nama saja Telkom 1 menjadi Telkom 4, kalaupun tidak diubah juga tidak masalah (tidak berpengaruh). Namun jika belum ada satelit Telkom 4, cara menambahnya yaitu dengan tekan tombol Biru di remot (sesuaikan dengan receiver).

tekan tombol Biru di remot

5. Selanjutnya masukan nama satelit serta garis bujur, setelah itu klik Ok / Simpan / Konfirmasi.

masukan nama satelit serta garis bujur

6. Berikutnya perhatikan pengaturan satelit disebelah kanan, lalu masukan data-data pengaturan satelit seperti frekuensi LNB, Diseq, 22k. Karena ingin menambahkan Transponder maka tekan Go To di remot untuk masuk ke menu Transponder.

tekan Go To di remot untuk masuk ke menu Transponder

7. Kemudian Satelit Telkom 4 baru ditambahkan, maka data transponder masih kosong, klik tombol Biru untuk menambahkan transponder.

klik tombol Biru untuk menambahkan transponder.

8. Masukan data-data Transpondernya seperti frekuensi, polaritas dan simbol rate, lalu klik Simpan.

Masukan data data Transpondernya seperti frekuensi polaritas dan simbol rate lalu klik Simpan.

9. Maka akan muncul transponder baru yang dimasukan tadi, namun kualitas sinyal masih 0%. Hal itu karena parabola masih pada posisi satelit sebelumnya, jadi perlu dirubah ke satelit Telkom 4 yaitu 108.0°E.

Maka akan muncul transponder baru yang dimasukan tadi namun kualitas sinyal masih 0

10. Kemudian jika arah parabola sudah pada satelit Telkom 4 atau kualitas sinyal terbaik sudah didapat, lakukan Scan/Mencari dengan cara tekan tombol Merah.

lakukan Scan Mencari dengan cara tekan tombol Merah

11. Selanjutnya akan muncul pengaturan mode scan dan lain-lain, lalu plih Scan atau Mencari.

plih Scan atau Mencari

12. Maka proses scan berlangsung, tunggu beberapa saat hingga proses scan mencapai 100%.

tunggu beberapa saat hingga proses scan mencapai 100

Cara Mengetahui Parabola Sudah Pada Satelit Telkom 4

Cara Mengetahui Parabola Sudah Pada Satelit Telkom 4

Tanpa kita sadari sebenarnya parabola sudah berada atau menjangkau satelit Telkom 4, lalu bagaimana cara mengetahuinya? yaitu dengan cara melihat pada receiver apakah sudah ada siaran Trans TV atau Trans 7, kemudian cek frekuensi, polaritas serta simbol rate kedua saluran tersebut dengan cara tekan tombol Info dua kali di remot receiver.

Pastikan frekuensi 3890, polaritas H (Horizontal), dan simbol rate 6000 untuk channel Trans TV, sedangkan untuk Trans 7 pastikan frekuensinya 3875, polaritas H sera simbol rate 6000 (selisih satu atau dua digit tidak masalah). Jika kedua saluran tersebut pada receiver menggunakan frekuensi tersebut, maka sebenarnya parabola sudah pada satelit Telkom 4.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara menambah satelit Telkom 4 yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *