Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Menampilkan Subtitle di TV

1 min read

Cara Menampilkan Subtitle di TV

Cara Menampilkan Subtitle di TV – Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi didunia elektronikpun mengalami kemajuan yang sangat pesat, termasuk pada televisi. TV keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan fitur – fitur canggih, salah satunya yaitu adanya port USB pasa TV.

Dengan adanya fitur ini memungkinkan bisa memutar video, musik maupun film. Jadi saat ini menonton film tidak harus pergi ke bioskop, menonton film juga bisa dilakukan dirumah bersama keluarga. Namun seringkali ada sedikit masalah ketika menonton film di TV, yaitu masalah terjemahan atau subtitle. Sebab tidak semua TV bisa menampilkan subtitle dan harus menambahkan terjemahan sendiri dengan perangkat laptop atau komputer.

Untuk mengetahui hal tersebut bisa dilihat dari buku panduan (manual). Ada format yang didukung ada pula yang tidak, kebanyakan format yang didukung adalah SRT. Format ini memang bagus namun subtitle yang ditampilkan atau teks yang ditampilkan yaitu dengan font light (bukan bold), hal ini mengakibatkan subtitle tidak terlihat sempurna jika ada cahaya yang sangat terang di sebuah film.

Karena itulah mengapa banyak orang lebih memilih format SSA atau ASS untuk menampilkan terjemahan, sebab cocok untuk TV karena memiliki shadow dan bentuk tulisan bisa diatur sendiri. Untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan membagikan informasi mengenai hal tersebut yaitu cara menampilkan subtitle di TV. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Menampilkan Subtitle di TV

Cara Menampilkan Subtitle di TV. 1

Cara menampilkan terjemahan di televisi cukup mudah yaitu hanya perlu mengubah ekstensi atau format file terjemahan agar bisa dibaca oleh TV, sehingga TV bisa menampilkan terjemahan. Berikut langkah – langkahnya :

1. Pastikan TV mendukung dan dapat membaca subtitle.

2. Selanjutnya buka / edit subtitle film (ekstensi SRT atau SUB) memakai notepad atau editor teks lain.

Selanjutnya buka edit subtitle film ekstensi SRT atau SUB memakai notepad atau editor teks lain.

3. Kemudian setelah terbuka, pilih Save Ass (file tidak usah diubah).

4. Setelah itu beri judul subtitle tersebut sesuai judul film, lalu tambahkan format ASS dibagian Save As Type terus pilih All File.

Setelah itu beri judul subtitle tersebut sesuai judul film lalu tambahkan format ASS dibagian Save As Type terus pilih All File.

5. Tempatkan dan pastikan file subtitle satu folder dengan file film.

6. Jika sudah, coba putar film di TV dan lakukan beberapa konfigurasi sebagai berikut :

  • Pertama tekan tombol Tools di remote.
  • Selanjutnya pilih menu Pengaturan Teks Layar.
  • Kemudian pada menu Bahasa Teks Layar ubah ke Bahasa 1.
putar film di TV dan lakukan beberapa konfigurasi

7. Selesai, TV dapat menampilkan subtitle.

TV dapat menampilkan subtitle.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara menampilkan subtitle di TV yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi yang sedang membutuhkan informasi mengenai cara menampilkan terjemahan di televisi. Serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Penyebab TV LED Berubah Warna

Budi
2 min read

TV LED Bergaris

Budi
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *