Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Menangkap Siaran TV Digital Gratis

2 min read

Cara Menangkap Siaran TV Digital Gratis

Cara Menangkap Siaran TV Digital Gratis – Program pemerintah yang akan mengganti siaran analog ke digital sudah dibahas berrkali-kali, namun meskipun sudah gencar disosialisasikan oleh pemerintah lewat Kemenkominfo masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang bagaimana menangkap siaran TV digital secara gratis.

Seperti telah dijelaskan pemerintah bahwa siaran TV digital (DVB-T2) memiliki kualitas gambar lebih jernih, warnanya tajam dan tanpa noise, kualitasnya tidak kalah jika dibandingkan dengan TV berlangganan atau TV kabel. Siaran digital terestrial ini juga nantinya akan bisa diakses secara gratis, sama seperti siaran analog sekarang ini.

Melihat hal tersebutlah mengapa banyak orang menantikan atau mengidam-idamkan proses migrasi ini segera terlaksana, namun sangat disayangkan hingga saat ini sinyal digital terestrial masih belum merata menjangkau keseluruh wilayah di Indonesia (masih sebagian wilayah).

Untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahas mengenai cara menangkap siaran TV digital gratis, baik itu pada televisi sudah tertanam tuner DVB-T2 didalamnya maupun jenis televisi harus memakai alat bantu bernama Set Top Box agar bisa menangkap siaran TV digital gratis. STB DVB-T2 ini bisa digunakan untuk berbagai jenis televisi, baik itu TV Tabung, LCD/LED maupun Plasma TV.

Cara Menangkap Siaran TV Digital Gratis

Cara Menangkap Siaran TV Digital Gratis.

Sebenarnya menangkap atau mencari siaran TV digital sama saja dengan mencari siaran analog, artinya tidak ada perbedaan mencolok. Intinya atau kuncinya adalah mengarahkan antena ke posisi yang tepat, lalu pasangkan kabel antena ke STB kemudian lakukan scan sampai saluran atau channel televisi didapat. Biar lebih jelas, simak penjelasan berikut ini.

1. Memasang Antena Untuk Menangkap Siaran Digital Gratis

Memasang Antena Untuk Menangkap Siaran Digital Gratis

Antena ini berfungsi untuk menangkap sinyal digital, kemudian diteruskan ke Set Top Box melalui kabel antena. Kemudian selanjutnya oleh televisi sinyal tersebut akan didecode menjadi audio dan video. Disini sinyal yang ditangkap akan berpengaruh pada kualitas gambar/siaran, jadi sebaiknya pasang antena diliau ruangan dan juga pada tempat tinggi, lalu arahkan pada transmisi terdekat.

2. Memasang Kabel

Memasang Kabel

Kemudian setelah antena selesai dipasang, langkah selanjutnya yaitu memasang kabel antena ke Set Top Box DVB-T2, setelah itu pasangkan juga kabel HDMI dari Set Top Box ke port HDMI pada televisi (untuk televisi yang belum support HDMI seperti TV Tabung, bisa menggunakan kabel RCA). Sedangkan untuk televisi keluaran terbaru sudah tertanam tuner DVB-T2, bisa langsung pasang kabel antena ke televisi.

3. Scan Saluran

Scan Saluran

Setelah semuanya terpasang pada tempatnya masing-masing, langkah selanjutnya yaitu melakukan scan. Untuk melakukan scan, pertama hidupkan televisi lalu masuk ke menu, letak menu untuk tiap-tiap merk televisi berbeda umumnya yakni Menu > Program > Pencarian Channel. Jika tujuannya hanya untuk mencari channel digital saja, maka lakukan scan hanya untuk digital saja tanpa analaog. Cara ini adalah untuk TV yang sudah tertanam DVB-T2.

Sedangkan untuk yang menggunakan Set Top Box DVB-T2, setelah TV dinyalakan pindahkan sistem ke mode AV, kemudian pakai remot STB untuk masuk ke Instalasi > Pencarian Channel lalu tinggal tunggu beberapa saat sampai proses scan selesai.

Setelah proses scan selesai biasanya channel atau saluran didapat akan kurang dari 10 saluran, hal tersebut terjadi karena belum meratanya sinyal digital di Indonesia. Hanya daerah Jabodetabek yang bisa menangkap saluran lebih dari 30 channel digital. Putar antena untuk meningkatkan kualitas sinyal ditangkap, dengan harapan makin banyak saluran atau channel yang didapatkan.

Set Top Box TV Digital Tanpa Berlangganan

Set Top Box TV Digital Tanpa Berlangganan

Sama seperti siaran analog, siaran digital DVB-T2 juga dipancarkan secara terestrial, menggunakan transmisi satu arah melalui jaringan transmisi berbasis darat sehingga dapat ditangkap menggunakan antena TV biasa.. Cara menangkap siaran digital gratis ini sama seperti cara menangkap siaran analog, yakni antena dihubungkan ke televisi memakai kabel, namun pada cara menangkap siaran digital gratis digunakan bantuan alat bernama STB DVB-T2 dimana berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi video dan juga audio.

Kebanyakan TV LED keluaran terbaru sekarang ini sudah mendukung siaran digital DVB-T2 atau sudah ditanamkan tuner DVB-T2 didalamnya, misalnya pada TV Samsung 32N4300, TCL 32B3, LG 32LM550 dan lain sebagainya. Jadi jika berniat membeli sebuah perangkat televisi yang mendukung siaran digital, cek terlebih dahulu apakah televisi sudah support DVB-T2 atau belum. Hal tersebut bisa dilihat pada spesifikasi produk televisi tersebut.

Bagi pengguna televisi yang belum support DVB-T2 jangan khawatir, tidak perlu membeli televisi baru yang sudah ditanam tuner DVB-T2 untuk dapat menikmati siaran digital gratis. Solusinya yaitu dengan cara menambahkan atau membeli Set Top Box digital terestrial, dengan harga berkisar antara 200-400 ribuan (tergantung merk serta spesifikasinya). Sedangkan untuk pengguna TV Tabung, bisa menggunaka STB yang memakai kabel RCA, sebab kebanyakan TV Tabung belum suppot HDMI.

Dipasaran sendiri banyak merk STB yang sudah populer di Indonesia, diantaranya seperti Skybox, Polytron, Getmecom, Xxtreamer, Ichiko, Venus dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara menangkap siaran TV digital gratis yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Paralel TV Kabel

Budi
2 min read

Transistor NPN dan PNP

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *