Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mencari Channel TV Ninmedia

3 min read

Cara Mencari Channel TV Ninmedia

Cara Mencari Channel TV Ninmedia – Ninmedia merupakan salah satu stasiun satelit yang menyiarkan siaran televisi secara gratis memakai frekuensi KU Band. Berbeda dengan parabola besar/jaring, dimana sistem penyiarannya menggunakan frekuensi C Band. Soal kinerja keduanya hampir sama, antara Ninmedia dengan Parabola. Pada Ninmedia lebih simpel karena menggunakan dish dengan ukuran kecil serta hanya cukup satu LNB KU Band saja, namun siaran Telkom juga Palapa dapat terkunci semua. Jadi parabola KU Band atau sering disebut juga parabola mini sangat cocok dan direkomendasikan untuk yang tinggal di wilayah perkotaan, sebab tidak memerlukan tempat luas untuk pemasanganya.

Tetapi setiap produk pastinya mempunyai kelebihan serta kekurangan masing – masing. Pada parabola besar atau C Band mempunyai ukuran dish 6-10 feed akan membutuhkan tempat luas dalam pemasangannya. Namun jika dilihat dari sinyal C Band akan jauh lebih stabil, jadi jika terjadi cuaca buruk atau hujan lebat disertai angin kualitas gambar yang dihasilkan akan tetep bagus tanpa macet – macet, begitu juga dengan suaranya. Berbeda dengan parabola mini atau KU Band yang jika terjadi hujan lebat kualitas sinyal yang ditangkap akan mengalami penurunan, sehingga gambar juga suara akan tersendat atau macet – macet.

Sebenarnya Ninmedia dapat ditangkap dengan receiver atau dekoder satelit merk apapun, yang penting sudah support audio AAC dan MPEG 4. Namun terkadang ada beberapa sinyal yang kurang maksimal sehingga gambar serta suara sering terlambat, gambar macet dan sebagainya. Jadi jika untuk menghasilkan kualitas gambar bagus serta lancar, disarankan untuk menggunakan receiver rekomendasi dari Ninmedia.

Lalu bagaimanakah cara mencari channel TV pada Ninmedia? jangan khawatir, pada kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Tepatnya yaitu cara mencari channel TV Ninmedia, jadi bagi yang sedang mencari atau membutuhkan informasi tentang hal tersebut, bisa simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pasang dan Cara Mencari Channel TV Ninmedia

Pasang dan Cara Mencari Channel TV Ninmedia 1

Sedikit telah disinggung diatas bahwa agar kualitas gambar bagus serta lancar tanpa macet – macet, disarankan untuk memakai receiver rekomendasi, berikut beberapa receiver rekomendasi untuk Ninmedia :

  1. LGSAT LG 101 Oracle.
  2. Optus OP 88 HD Oracle.
  3. Gardiner G 88 HD Oracle.
  4. Orion Sky
  5. Intra INT Jupiter.
  6. Diamond World AK 369.
  7. Venus Yaris.

Itulah beberapa receiver rekomendasi yang dipakai untuk tracking siaran Ninmedia. Sedangkan untuk pemasangan sampai pada tracking saluran, secara singkat yaitu pertama pasang LNB KU Band ke dish, lalu arahkan parabola ke barat, terus hubungkan kabel dengan receiver, selanjutnya setting frekuensi program satelit lalu scanning, selesai. Biar lebih jelasnya ikuti langkah langkah dibawah ini :

1. Pastikan tempat pemasangan dish tidak terhalang dinding atau bangunan apapun.

Pastikan tempat pemasangan disk tidak terhalang dinding atau bangunan apapun.

2. Pasang tiang dengan kuat dan tegak lurus (0°).

Pasang tiang dengan kuat dan tegak lurus

3. Selanjutnya pasang LNB pada dudukanya, jangan terlalu keras agar bisa dinaik turunkan posisi LNB pada saat tracking.

pasang LNB pada dudukanya 1

4. Kemudian sambungkan kabel dekoder ke LNB, arahkan posisi dish ke barat.

sambungkan kabel dekoder ke LNB

5. Setelah semua terpasang, ambil receiver terus masukan frekuensi ninmedia. Pertama tekan menu pada remot lalu masuk ke menu pengaturan satelit/instalasi.

menu pengaturan satelit instalasi

6. Setelah itu centang satelit yang diinginkan, contoh Chinasat 11. Masukan transpondernya dengan cara klik menu GOTO/Transponder/Sat di remot.

centang satelit yang diinginkan

7. Kemudian buat transponder dengan cara klik Add (warna merah) lalu tulis transponder pertama 12500 V 43199 dan kedua 12560 V 43200 lalu klik Save (warna biru). Kalau posisi tepat, maka akan muncul kualitas serta intensitas sinyal. Jika tidak muncul, lakukan tracking agar mendapat posisi yang tepat untuk Ninmedia.

buat transponder dengan cara klik Add 1

8. Cara tracking Ninmedia sama seperti tracking pada parabola besar, pertama longgarkan baut dish parabola kemudian arahkan atau gerakan parabola keatas, kebawah, kekanan, kekiri secara perlahan sampai menemukan sinyal yang maksimal. Lalu setelah sinyal terlock, kencangkan kembali baut lalu lakukan scaning.

lakukan scaning

9. Cara scaningnya yaitu dengan menekan tombol biru pada remot, lalu setting blind scaning (jika ingin mencari channel secara full). Setelah itu tekan tombol biru lagi untuk melanjutkan proses mencari channel, tunggu hingga proses scaning 100%, siaran Ninmedia siap dinikmati.

lakukan scaning 1

Nah itulah cara pemasangan sekaligus cara mencari channel TV Ninmedia pada satelit Chinasat 11. Silahkan dicoba dan jika diaplikasikan secara benar, pasti akan berhasil.

Faktor Penyebab Kualitas Sinyal Menurun

Faktor Penyebab Kualitas Sinyal Menurun

Beberapa faktor tersebut diantaranya seperti :

  1. Antena bergeser, karena pemasangan telah lama atau bisa juga kerena pemasangan kurang kencang. Cara mengatasinya perbaiki dudukan parabola dengan baik dan benar, lalu lakukan tracking ulang.
  2. Tiang penyangga. Tiang kurang lurus dan tidak kokoh bisa membuat dish bergeser atau berubah posisi. Cara mengatasinya perbaiki dudukan tiang agar lebih kuat sehingga posisi dish tidak gampang berubah karena tertiup angin.
  3. Pemasangan LNB. Jangan memasang LNB terlalu terai agar pada saat tracking atau mencari channel bisa sesuai dengan sinyal yang diinginkan.
  4. Adanya penghalang. Dish tertutup atau terhalangi dapat mempengaruhi kualitas sinyal yang ditangkap. Cara mengatasinya yaitu dengan memindahkan pemasangan antena bebas dari berbagai penghalang.
  5. Perubahan atau penambahan transponder. Hal ini bisa menyebabkan sinyal channel hilang.
  6. Masalah pada komponen. Komponen pendukung seperti dish berkarat serts sudah tidak simetris lagi juga bisa menyebabkan sinyal lemah. Cara mengatasinya yaitu carilah atau gunakan komponen pendukung berkualitas, jadi bisa awet serta tahan lama serta bagus dalam menangkap sinyal.
  7. Komponen LNB dan Receiver rusak. Hal ini bisa terlihat jika intensitas terlihat 0%, menujukan bahwa kabel LNB dan receiver tidak terhubung sama sekali. Cara memperbaikinya yaitu periksa kembali komponen tersebut apakah pemasangan sudah tepat pada kedudukanya atau posisinya lalu ganti komponen jika ada kerusakan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mencari channel TV Ninmedia yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *