Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mencari Frekuensi Trans TV

1 min read

Cara Mencari Frekuensi Trans TV

Cara Mencari Frekuensi Trans TV – Trans TV merupakan salah satu stasiun TV swasta yang ada di Indonesia. Berbagai program acara dihadirkan oleh Trans TV dari mulai berita, hiburan, entertainment, olah raga dan lainnya dengan tujuan memberikan kebutuhan informasi bagi para penontonnya.

Bagi para pengguna parabola besar (parabola jaring) untuk menonton siaran dari saluran ini dapat menggunakan frekuensi Trans TV di Satelit Merah Putih (Telkom) maupun Satelit Palapa. Namun frekuensi Trans TV di Satelit Palapa hanya bisa disaksikan oleh pelanggan yang menggunakan Matrix Garuda dan Topas saja, karena memang frekuensi Trans TV di Satelit Palapa diacak.

Selain di jalur C Band, Trans TV juga bisa ditangkap di jalur Ku Band bagi pengguna parabola mini atau dish offset. Yakni pada Ninmedia, K Vision, Matrix Garuda Ku Band serta Big TV dimana bisa ditonton secara gratis.

Lalu bagaimana untuk bisa mendapatkan frekuensi Trans TV? Untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi tentang hal tersebut, tepatnya yaitu cara mencari frekuensi Trans TV. Jadi bagi yang sedang mencari informasi seputar mencari frekuensi Trans TV, bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Mencari Frekuensi Trans TV

Mencari Frekuensi Trans TV

Pada umumnya ada dua jenis frekuensi Trans TV yaitu frekuensi Digital dan frekuensi Analog. Siaran analog merupakan siaran jenis lama yang kualitas gambar dan suaranya lebih rendah jika dibandingkan dengan siaran digital.

Siaran Trans TV jenis analog bisa ditangkap atau didapatkan di jalur UHF, sedangkan untuk siaran digital ada pada saluran DVB T2 dan juga Satelit. Sebenarnya saluran DVB T2 belum disajikan secara merata ke seluruh wilayah Indonesia, namun dengan adanya jalur Satelit siaran Trans TV jenis digital sudah bisa dinikmati di seluruh wilayah di Indonesia.

Cara Mencari Frekuensi Trans TV

Agar dapat menikmati siaran Trans TV harus dilakukan tracking terlebih dulu direceiver parabola, dengan cara memasukan parameter data frekuensi transponder, simbol rate dan juga polaritas yang sesuai. Untuk mengetaui data – data tersebut, bisa dilihat diartikel sebelumnya dari teknisitv dengan judul FREKUENSI TRANS TV. Berikut langkah – langkah cara mencari frekuensi Trans TV :

1. Pertama pastikan frekuensi siaran Trans TV yang ada di Satelit sudah benar.

pastikan frekuensi siaran Trans TV

2. Kemudian konfigurasikan satelit pada receiver.

3. Selanjutnya pilih Menu lalu Satelit kemudian Edit Satelit.

pilih Menu lalu Satelit

4. Disini sebagai contoh, kita gunakan Satelit Telkom 4, lalu ubah nilai 0 menjadi 2 dan 22K pilih ON.

Satelit Telkom 4 lalu ubah nilai 0 menjadi 2 dan 22K pilih ON.

5. Setelah itu buat konfigurasi lagi dengan memilih Satelit Palapa, ubah nilai 0 menjadi 1 dan 22K pilih OFF.

Satelit Palapa ubah nilai 0 menjadi 1 dan 22K pilih OFF

6. Berikutnya pilih OK, lalu lihat apakah saluran Trans TV sudah didapat atau belum.

saluran Trans TV sudah didapat atau belum.

7. Setelah didapat biasanya sinyal frekuensi Trans TV masih lemah, sempurnakan dengan cara menggeser posisi antena dan pastikan kemiringannya tepat.

menggeser posisi antena

8. Saluran Trans TV berhasil didapatkan.

Trans TV berhasil didapatkan

Efek Memperbarui Frekuensi Trans TV

1. Sinyal Menjadi Acak

Hal ini wajar sebab pada proses pemindahan satelit, sinyal – sinyal frekuensi siaran akan teracak, termasuk Trans TV. Dengan kata lain terjadinya pengacakan tersebut adalah karena berbagai sinyal akan mencari siaran TV lainnya dari satu satelit di waktu yang sama.

2. Sinyal Tidak Stabil

Jika pembaruan sinyal Trans TV sudah dilakukan akan menyebabkan sinyal dari satelit tidak stabil, ini terjadi karena sinyal harus menyesuaikan terlebih dahulu. Solusi memperbaikinya yaitu dengan cara menggeser atau memindahkan posisi antena kearah yang tepat.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mencari frekuensi Trans TV yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel tentang cara mendapatkan frekuensi Trans TV ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *