Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mencari Sinyal Parabola Nusantara

2 min read

Advertisements

Cara Mencari Sinyal Parabola Nusantara – Parabola Nusantara atau Transvision Nusantara HD saat ini menjadi salah satu provider TV satelit yang banyak dicari/diminati masyarakat Indonesia. Hal ini karena banyaknya kelebihan serta kemudahan yang ditawarkan oleh Transvision Nusantara HD ini.

Untuk mengetahui kelebihanya secara lengkap bisa dibaca pada artikel sebelumnya dari teknisitv dengan judul KELEBIHAN RECEIVER NUSANTARA HD, pada artikel tersebut dijelaskan secara lengkap mengenai kelebihan dari parabola Nusantara HD ini. Selain karena kelebihanya Transvision Nusantara HD diminati karena bersifat Hybrid, atinya bisa digunakan pada parabola C Band dan juga parabola Ku Band.

Jadi parabola Transvision Nusantara HD ini bisa digunakan pada parabola besar/jaring maupun parabola mini. Untuk paarabola besar jaring C Band sinyal frekuensinya bisa didapatkan melalui satelit Telkom 4 yang berada di orbit 108.0°E pada Transponder 3934 V 10000, sedangkan parabola mini Ku Band sinyal frekuensinya bisa didapat melalui satelit Measat 3b diposisi orbit 91.5°E dengan Transponder 12563 V 30000 dan 12563 H 30000.

Advertisements

Lalu bagaimana cara mencari sinyal parabola Nusantara HD? Nah untuk itu sesuai dengan judul artikel diatas, pada kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasinya untuk Anda. Jadi buat ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai cara mencari sinyal Transvision Nusantara HD, simak ulasan dari teknisitv tentang cara mencari sinyal parabola Nusantara berikut ini.

Cara Mencari Sinyal Parabola Nusantara

Dalam mencari sinyal parabola Nusantara, cara yang bisa dilakukan adalah hanya dengan mengarahkan parabola ke satelit Measat 3b ataupun Telkom 4 dan tentu saja mengetahui transponder Transvision Nusantara HD pada satelit tersebut. Ketika mengarahkan parabola ke satelit, untuk mempermudah bisa dengan memanfaatkan aplikasi satfinder.

Jika arah parabola sudah tepat mengarah pada satelit yang dituju dan transponder Nusantara HD sudah didapatkan, baik itu untuk parabola C Band maupun parabola Ku Band, guna mendapatkan sinyal siaran yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan blind scan pada satelit Telkom 4 untuk pengguna C Band dan satelit Measat 3b untuk pengguna Ku Band. Dengan melakukan blind scan tersebut, sinyal siaran akan secara otomatis muncul di receiver Nusantara HD.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara mencari sinyal parabola, bisa ikuti tahap-tahap cara mencari sinyal parabola Nusantara dibawah ini :

1. Setting Receiver Untuk Mencari Sinyal Parabola

Dalam proses mencari sinyal parabola, setting receiver Nusantara HD menjadi hal pertama yang perlu dilakukan. Adapun cara setting receiver Nusantara HD yaitu sebagai berikut :

  • Pertama pastikan terlebih dahulu semua perangkat sudah terhubung dengan benar (parabola > receiver > TV)
  • Kemudian nyalakan receiver Nusantara HD
  • Selanjutnya tekan tombol Menu pada remot receiver
  • Setelah itu pilih menu Pengaturan Antena
  • Kemudian pada list Daftar Satelit, pilih satelit Telkom 4 (C Band) atau Measat 3b (Ku Band). Namun jika belum ada maka pilih opsi Tambahkan Satelit
  • Selanjutnya untuk pengaturan diseq-nya sesuaikan dengan parabola masing-masing, contoh : ON = Palapa, OFF = Telkom
  • Setelah itu pada list TP, masukan TP terkuat dari Telkom 4 (C Band) atau Measat 3b (Ku Band). Contoh 3924 H 7500
  • Kemudian lihat pada layar TV kualitas dan kuantitas sinyal

2. Mengatur Arah Parabola Nusantara

Advertisements

Hal penting lainnya dalam proses mencari sinyal parabola Nusantara yaitu mengenai arah parabola, jadi sangat penting untuk mengarahkan dish parabola ke arah satelit yang dituju dengan tepat dan benar. Adapun tahap-tahap mengatur arah parabola Nusantara yaitu sebagai berikut :

  • Arahkan parabola ke satelit Telkom 4 di 108.0°E (C Band) atau Satelit Measat 3b di 91.5°E (Ku Band)
  • Jika LNB yang dipakai ada 2, maka atur jarak antar LNB-nya
  • Geser atau gerakan parabola sampai mendapat kualitas dan kuantitas sinyal diatas 50%

3. Mendapatkan Sinyal Siaran Dengan Cara Scan Satelit

Kemudia yang terakhir dalam tahap cara mencari sinyal parabola Nusantara yaitu scan satelit, dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Jika sinyal didapat sudah mencukupi atau diatas 50%, maka dilayar pilih opsi Scan Satelit lalu tekan Ok
  • Tunggu beberapa saat hingga proses scan selesai
  • Maka secara otomatis channel yang tertangkap akan muncul dilayar, biasanya sekitar 37 channel lokal plus premium
  • Terakhir klik simpan untuk menyimpan channel yang didapatkan.

Aktivasi Receiver Nusantara HD

Sebelum dapat digunakan, receiver Nusantara HD haruslah terlebih dahulu di aktivasi. Cara aktivasinya sebenarnya sangat gampang, atau bisa dilihat caranya pada artikel dari teknisitv dengan judul CARA AKTIVASI TRANSVISION NUSANTARA HD. Atau jika tidak mau ribet, aktivasi juga bisa dilakukan oleh toko penjual receiver tersebut pada saat pembelian.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mencari sinyal parabola Nusantara yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Setting Parabola Tanaka

Budi
2 min read

Cara Beralih ke TV Digital

Budi
3 min read

Cara Memasang Parabola Matrix

Budi
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *