Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal

2 min read

Advertisements

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal – Televisi merupakan salah satu media telekomunikasi yang ada saat ini, dimana fungsinya adalah sebagai penerima siaran gambar bergerak disertai suara. Dulu televisi memang dianggap sebagai salah satu barang mewah namum sekarang ini rasanya anggapan tersebut sudah tidak berlaku lagi, sebab saat ini hampir setiap rumah memiliki barang elektronik satu ini.

Melalui televisi masyarakat bisa mendapatkan hiburan gratis sekaligus berbagai informasi yang up to date tentunya. Bersama keluarga tercinta kita bisa menikmati tayangan hiburan seperti film, olah raga, berita, musik dan berbagai tayangan atau program acara yang disajikan oleh sebuah stasiun televisi.

Tetapi terkadang ketika sedang asik menonton program favorit bersama keluarga, secara mendadak TV tidak ada sinyal sehingga kegiatan menonton televisi menjadi terganggu. Lalu bagaimana cara mengatasi TV tidak ada sinyal?

Advertisements

Sebenarnya permasalahan yang bisa terjadi pada televisi sangatlah beragam, seperti layar terbalik, layar blank putih, layar bergaris, TV POLYTRON STANDBY SUSAH START dan lain sebagainya. Namun di kesempatan kali ini teknisitv hanya akan memberikan informasi seputar TV tidak ada sinyal saja beserta cara mengatasi.

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal

Dalam mengatasi permasalahan TV tidak ada sinyal, ada beberapa cara atau langkah perlu dilakukan untuk mengembalikan sinyal. Berikut beberapa cara sebagai usaha mengatasi atau mengembalikan sinyal hilang pada televisi :

1. Memeriksa Kabel Antena

Cara pertama mengatasi TV tidak ada sinyal yakni dengan memeriksa kabel antena. Sebab tidak jarang jika TV tidak ada sinyal disebabkan oleh rusak/putusnya kabel antena, entah itu karena tikus atau sebab lain.

Periksa keseluruhan kabel antena, baik secara fisik maupun dengan alat ukur multitester dan jika ternyata ada yang rusak/putus, segera sambung kembali atau ganti kabel baru.

2. Memeriksa Jack Penghubung Antena

Advertisements

Kemudian yang kedua mengatasi TV tidak ada sinyal yaitu dengan memeriksa jack penghubung antena dengan TV. Jack ini merupakan salah satu bagian penting dalam penyaluran sinyal yang diterima antena, jadi jika jack ini bermasalah entah itu berkarat atau kesalahan dalam pemasangan bisa berakibat TV tidak ada sinyal.

Periksa jack, jika ternyata berkarat cara mengatasi nya yaitu dengan membersihkan karat dengan cairan tiner hingga benar-benar bersih.

3. Ubah Posisi Antena

Cara selanjutnya mengatasi TV tidak ada sinyal yakni dengan memeriksa posisi antena. Posisi antena yang berubah karena angin, cuaca buruk atau sebab lain akan berakibat sinyal diterima antena tidak ada.

Ubah kembali posisi antena ke arah yang tepat dengan sinyal paling kuat, lalu kencangkan/ikat dengan kuat sehingga tidak gampang berubah jika terkena angin atau sebab lain.

4. Memeriksa Tuner TV Tidak Ada Sinyal

Cara selanjutnya mengatasi TV tidak ada sinyal yakni dengan melakukan pemeriksaan pada tuner TV. Cara ini dilakukan jika ketiga cara diatas sudah dilakukan namun TV masih tidak ada sinyal.

Cara mengatasi nya yaitu dengan buka tuner TV lalu periksa apakah ada bagian yang berkarat, periksa juga solderan di kaki tuner karena seiring usia pemakaian solderan bisa saja ada yang retak/longgar dan jika ternyata itu terjadi maka lakukan penyolderan ulang pada kaki tuner.

Selanjutnya lakukan pengukuran tegangan masuk ke B+ tuner dengan nilai antara 5-12 Vdc, lalu tegangan masuk ke VT tuner dengan nilai 100-130 Vdc, pastikan semua tegangan sesuai. Jika setelah dilakukan pengukuran ternyata tegangan yang ada kurang, itu menandakan ada komponen di bagian power supply yang rusak (resistor dan elco).

5. Mengganti Tuner TV Tidak Ada Sinyal

Tuner TV yang telah rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi tentunya akan mengakibatkan TV tidak ada sinyal, cara mengatasi nya yaitu mengganti tuner dengan tipe serta jumlah kaki yang sesuai/sama.

6. Memeriksa IC Program TV Tidak Ada Sinyal

Kemudian cara terakhir mengatasi TV tidak ada sinyal yaitu dengan memeriksa IC program, cara ini dilakukan jika semua cara tersebut diatas telah dilakukan dan TV masih tidak ada sinyal. Cek IC program, jika ternyata bermasalah ganti IC tersebut dengan tipe yang sama/sesuai.

Penyebab TV Tidak Ada Sinyal

Dari pembahasan cara mengatasi televisi tidak ada sinyal diatas, dapat diambil kesimpulan mengenai penyebab dari televisi tidak ada sinyal. Berikut beberapa penyebab dari TV tidak ada sinyal :

  • Kerusakan antena TV
  • Tuner TV rusak
  • Angin atau cuaca buruk
  • IC Program rusak
  • Sinyal terhalangi
  • Kabel antena bermasalah
  • Antena kurang tinggi
  • Jarak pemancar jauh

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi TV tidak ada sinyal yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *