Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp

4 min read

Advertisements

Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp – Dunia teknologi sekarang ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, termasuk di bidang elektronik. Dimana saat ini perangkat elektronik sudah dilengkapi dengan teknologi sangat canggih, sebagai contoh yakni pada perangkat elektronik televisi.

Televisi di era saat ini memiliki fungsi atau kemampuan yang beragam, jadi tidak hanya berfungsi untuk menampilkan gambar siaran TV saja melainkan juga bisa berfungsi sebagai perangkat multimedia. Hal tersebut karena pada TV keluaran sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti USB, HDMI dan lain sebagainya.

Salah satu contoh televisi ynag sudah ditanamkan berbagai fitur canggih tersebut yaitu TV Sharp. Pada TV Sharp ini terdapat fitur built-in port USB, dimana melalui port USB ini kita bisa memanfaatkanya untuk keperluan multimedia seperti menonton video/film, mendengarkan musik, maupun melihat foto melaui kartu memori/flashdisk.

Advertisements

Namun pada suatu waktu, entah itu karena usia pakai TV Sharp atau sebab lainnya port USB pada TV Sharp bisa mengalami permasalahan. Sebagai contoh misalnya pada beberapa kasus ditemui USB tidak terbaca di TV Sharp. Lalu apa penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut, yakni USB tidak terbaca di TV Sharp? Untuk itu dikesempatan kali ini teknisitv akan membahas mengenai cara mengatasi USB tidak terbaca di TV Sharp. Jadi bagi yang ingin mengetahui cara mengatasi atau sedang mencari informasi seputar cara mengatasi USB tidak terbaca di TV Sharp, simak ulasan lengkapnya dari teknisitv tentang cara mengatasi USB tidak terbaca di TV Sharp berikut ini.

Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp Terbaru

Secara garis besar cara cepat mengatasi USB tidak terbaca di TV Sharp bisa dilakukan dengan memeriksa port USB pada TV Sharp, pastikan didalam port tidak terdapat kotoran/debu maupun benda lain yang bisa mengganggu transfer data. Kemudian cara mengatasi USB tidak terbaca selanjutnya dengan cara mereset/memperbarui versi sofware TV Sharp dan yang terakhir format flashdisk lewat PC ataupu komputer.

Namun untuk lebih jelas mengenai cara mengatasi USB tidak terbaca di TV Sharp, berikut ini detail langkah-langkah atau tutorial cara mengatasi permasalahan tersebut :

1. Memeriksa Kondisi Port USB

Cara atau langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan memeriksa kondisi fisik port USB, tepatnya lubang USB TV Sharp. Sebab dari pengalaman beberapa kasus USB tidak terbaca, penyebabnya adalah hal sepele yakni lubang port USB kotor atau terdapat benda asing seperti debu, karat dan kotoran lainnya.

Terdapatnya kotoran pada port USB tersebut bisa mengakibatkan flashdisk, mouse, keyboard tidak bisa terbaca, meskipun sudah di coba berulang-ulang. Jika hal tersebut terjadi, cara mengatasi yaitu dengan membersihkan port USB dengan sikat gigi dan sedikit cairan tiner untuk menghilangkan karat yang ada didalam port USB.

2. Format Flashdisk (Sesuaikan Tipe Formatnya)

Advertisements

Sebelum flashdisk di format pastikan terlebih dahulu flashdisk terbaca di perangkat lain, bisa ke laptop atau komputer. Cara ini digunakan untuk memastikan bahwa flashdisk masih berfungsi, dan jika ternyata flashdisk terbaca namun file tidak bisa diputar/error, berarti ada kesalahan pada tipe format flashdisk dan perlu diformat ulang.

Kebanyakan TV Sharp hanya mendukung USB tipe FAT32/exFAT, sedangkan rata-rata flashdisk memakai format tipe NTFS. Jadi karena beda tipe tersebutlah kenapa flashdisk tidak terbaca di USB TV Sharp dan untuk cara mengatasi yakni dengan mengubah tipe flashdisk dari NTFS ke FAT32/exFAT terlebih dahulu.. Namun sebelum merubah format, sebaiknya cadangkan terlebih dahulu semua data karena jika dilakukan format berarti menghapus semua data yang terdapat pada flashdisk.

Untuk format flashdisk memakai laptop/komputer, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Pertama colokan flashdisk ke laptop/komputer
2. Kemudian pastikan flashdisk terbaca, cara lihat terbaca atau tidaknya yaitu dibagian File Manager > This PC
3. Selanjutnya klik kanan di bagian flashdisk kemudian klik opsi format
4. Setelah menu format muncul, ubah bagia file system menjadi FAT32 (Default)
5. Setelah itu klik Start untuk proses format
6. Tunggu beberapa saat hingga proses format selesai/berhasil dan flashdisk benar-benar sudah kosong, isi beberapa file foto/video
7. Jika sudah, coba pasang flashdrive ke port USB TV Sharp untuk memastikan sudah terbaca atau belum.

3. Memperbarui Firmware TV Sharp

TV Sharp jenis LED dan juga Smart TV memakai software, dimana software tersebut akan diupdate secara berkala baik itu secara manual maupun otomatis. Nah jika firmware telat atau lama tidak diperbarui akan bisa menimbulkan permasalahan, termasuk permasalahan yang sedang dibahas kali ini yakni USB tidak terbaca di TV Sharp.

Jadi pastikan firmware TV Sharp sudah terbaru, cara mengeceknya adalah melalui pengaturan TV. Selain mengecek firmware di menu tersebut juga untuk mengetahui apakah ada updatetan versi terbarunya jika di TV Sharp masih memakai firmware lawas.

Update firmware TV Sharp sebagai cara mengatasi USB yang tidak terbaca, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Pertama tekan tombol Setting pada remote TV Sharp
2. Kemudian gulirkan kebawah, cari dan pilih menu About. Gunakan tombol arah panah ke bawah sebagai navigasinya
3. Selanjutnya pilih System Update untuk proses pembaruan software
4. Setelah itu tinggal tunggu beberapa saat hingga proses update selesai
5. Jika proses update berhasil, biasanya TV akan mati lalu hidup lagi secara otomatis
6. Terakhir tes apakah port USB sudah bisa membaca atau USB terbaca di TV Sharp.

4. Memastikan Flashdisk Tidak Terkunci

Cara mengatasi USB tidak terbaca pada TV Sharp selanjutnya yaitu dengan memastikan bahwa USB flashdrive tidak pada posisi terkunci. Karena jika flashdrive terkunci, untuk mengaksesnya diperlukan password/sandi dan untuk melakukan hal tersebut teknologi TV belum bisa menanganinya.

5. Memastikan Flashdisk Dapat Ditulis Ulang

Cara mengatasi USB tidak terbaca berikutnya yakni dengan melihat kembali buku manual perangkat USB flasdrive, cek apakah bisa digunakan untuk menyimpan data tambahan atau tidak. Hal ini karena ada beberapa USB flashdrive yang tidak dapat ditulisi data tambahan artinya hanya bisa dibaca saja/read only, sehingga sangat memungkinkan jika USB flashdrive tidak terbaca di TV Sharp.

6. Memperhatikan Kapasitas Flasdrive

USB flashdrive memiliki bermacam-macam ukuran kapasitas penyimpanan data, jadi perlu diperhatikan juga berapa kapasitas data maksimal yang didukung oleh TV Sharp. Sebab jika kapasitas USB flashdrive melebihi kapasitas yang didukung oleh TV, maka bisa dipastikan USB flashdrive tidak terbaca di TV Sharp.

7. Melalui Factory Reset TV Sharp

Kenudian cara mengatasi USB tidak terbaca terakhir yakni dengan melalui factory reset TV Sharp. Factory reset berbeda dengan update firmware, dimana factory reset memiliki arti mengatur ulang televisi seperti awal/baru lagi. Dengan menggunakan cara ini, semua pengaturan yang telah dibuat akan dirubah kembali ke dafault.

Berikut langkah-langkah cara mengatasi USB tidak terbaca melalui factory reset TV Sharp :

1. Pertama hidupkan televisi
2. Kemudian tekan tombol Menu pada remote, lalu pilih Setup
3. Selanjutnya gulirkan kebawah hingga menemukan opsi Reset
4. Maka akan muncul perintah untuk memasukan Pin/kode sebelum reset TV. Maka masukan Pin atau jika belum pernah membuat Pin, gunakan Pin default TV Sharp yakni 1234
5. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Penyebab Port USB TV Sharp Tidak Berfungsi

Permasalahan USB flashdrive tidak dapat terbaca pada televisi Sharp memang kerap terjadi, kemungkinan penyebabnya juga bermacam-macam, diantaranya seperti :

  • Ada masalah dibagian Port USB televisi
  • Flashdrive yang bermasalah/error
  • Sofware TV yang bermasalah

Port USB yang tidak berfungsi selain tidak bisa membaca flasdrive juga akan tidak mampu membaca atau mendeteksi perangkat lain seperti HDD, mouse, keyboard dan lain sebagainya.

Cara Mengetahui USB Sudah Terbaca TV Sharp

Dari berbagai tipe dan jenis TV Sharp, ada beberapa yang secara otomatis langsung membuka file USB ketika flasdrive dicolokan namun ada beberapa juga yang tidak, jadi harus dilakukan secara manual untuk mengetahui apakah flashdrive sudah terbaca di televisi. Langsung saja, berikut ini cara atau langkah-langkahnya :

1. Pertama tekan tombol Source Input pada remote
2. Maka akan muncul beberapa pilihan source, yakni HDMI 1, HDMI 2, TV, AV dan lain sebagainya
3. Jika pada menu Source muncul tulisan USB/Media berarti flashdrive sudah terbaca
4. Jika ingin mengaksesnya maka klik pada opsi USB/Media
5. Maka semua file pada flashdrive akan ditampilkan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi USB tidak terbaca di TV Sharp yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga mebantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *