Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog

2 min read

Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog

Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog – Rencana migrasi dari siaran analog ke digital sudah sering dibahas dan disosialisasikan oleh pemerintah melalui Kominfo, tetapi masih banyak yang belum memahami betul mengenai apa itu siaran digital. Hal tersebut juga yang membuat para produsen televisi terus berinovasi mengembangkan produk agar dapat memberikan kepuasan dalam menonton TV sekaligus mendukung program pemerintah tentang pergantian sistem siaran tersebut.

TV digital sendiri bisa dibilang merupakan pengembangan dari model TV sebelumnya yaitu tv analog, jadi TV digital adalah jenis televisi yang memakai modulasi digital dan sistem kompresi untuk menampilkan siaran sinyal gambar, suara serta data ke televisi. Modulasi yang dimaksud disini adalah proses perubahan suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suaatu sinyal dapat/mampu membawa sebuah informasi.

Sedangkan TV analog mengkodekan informasi gambar dengan variasi tegangan dan frekuensi dari sinyal, jadi pada TV analog agar dapat menikmati siaran harus menggunakan penangkap sinyal (antena). Program siaran pada tv analog merupakan program yang dipancarkan oleh stasiun tv swasta nasional dan disiarkan secara gratis, Selain itu pada siaran analog semakin jauh lokasi antena dengan stasiun pemancar televisi, maka sinyal diterimapun akan melemah sehingga akan brpengaruh pada kualitas gambar pada layar televisi.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah sebuah televisi itu jenis digital atau analog? untuk itu dikesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi seputar hal tersebut, yaitu cara mengetahui TV digital atau analog. Jadi bagi yang sedang mencari informasi atau penasaran mengenai caranya, bisa simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog

Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog.

Kebanyakan TV LED keluaran terbaru sekarang ini sudah mendukung siaran digital karena didalamnya ditanamkan sebuah tuner DVB T2, seperti TV Samsung 32N4300, TCL 32B3, TV LG 32LM550 dan lain-lain. Dengan buget sekitar 2 jutaan sudah bisa mendapatkan perangkat televisi yang sudah support digital. Nah sebelum memutuskan untuk membeli sebuah perangkat televisi digital, terlebih dahulu harus mengetahui perbedaanya dengan TV analog atau cara mengetahui bahwa sebuah perangkat televisi merupakan digital atau bukan, simak perbedaannya berikut ini :

Perbedaan paling mendasar pada keduanya yaitu mengenai bagaimana cara TV digital dan analog menerima dan memproses sinyal hingga menjadi sebuah tayangan di televisi. Dimana sinyal digital merupakan sinyal yang di proses dengan mengubah sinyal frekuensi memakai modem yang tertanam di dalam televisi. Sehingga proses penerimaan sinyal menjadi lebih baik, sedangkan pada TV analog hanya mengandalkan penerimaan sinyal dengan mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan tegangan dan frekuensi sinyal.

1. Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog Dilihat Dari Penyajian Kepada Pengguna

Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog Dilihat Dari Penyajian Kepada Pengguna

TV digital digunakan untuk siaran interaktif memakai DVB T2, disini kita bisa membandingkan mengenai kualitas siaran digital dengan analog. Kualitas gambar dari TV digital akan terlihat lebih jelas dan tajam dibandingkan analog, sebab TV digital memakai sistem layanan komunikasi dua arah seperti internet.

2. Sinyal Yang Diterima Lebih Stabil Meski Penerima Dalam Kondisi Bergerak

Sinyal Yang Diterima Lebih Stabil Meski Penerima Dalam Kondisi Bergerak

Cara mengetahui TV digital atau analog berikutnya yaitu bisa dilihat dari Siaran digital yang dapat diterima pada sistem televisi bergerak maupun tidak bergerak, hal ini mengandung arti bahwa daya pancar TV digital lebih kecil sehingga televisi pada kondisi bergerak cepat sekalipun dapat menerima siaran dengan baik.

3. TV Digital Lebih Baik Dari TV Analog

TV Digital Lebih Baik Dari TV Analog 1

Cara mengetahui TV digital atau analog juga bisa dilihat dari TV digital memungkinkan siaran atau channel yang lebih banyak dan beragam dibanding analog. Hal ini dikarenakan penyelenggara siaran dapat menyiarkan tayangan atau program secara digital sekaligus memberi peluang bisnis pertelevisian dengan konten menarik dan tentunya kreatif.

Rekomendaasi Atau Contoh TV Digital

Rekomendaasi Atau Contoh TV Digital

Berikut rekomendasi TV LED sudah dilengkapi dengan fitur DVB T2 :

1. LED TV LG 32LK500 32 Inch

LED TV LG 32LK500

TV Digital pertama rekomendasi dari teknisitv yaitu TV LG 32LK500, dengan harga cukup terjangkau yaitu sekitar satu jutaan sudah bisa mendapatkan sebuah perangkat televisi sudah dilengkapi fitur DVB T2. Selain itu produk dari LG Elektronik ini juga sudah beresolusi HD Ready 1366 X 768 serta dengan teknologi panel layar IPS.

2. LED TV Samsung UA32N4003

LED TV Samsung UA32N4003

Kemudian raksasa elektronik berasal dari Korea juga menghadirkan TV LED digital seharga satu jutaan dan tentunya sudah dilengkapi fitur DVB T2 yakni UA32N4003 berukuran 32 inch. Secara spesifikasi sebenernya sama saja dengan LG, namun pada Samsung memiliki User Interface khas Samsung sendiri.

3. LED TV Aqua 32AQT6000T

LED TV Aqua 32AQT6000T

Kemudian contoh TV Digital selanjutnya yaitu datang dari merk Aqua Japan atau Sanyo yakni LED TV 32AQT6000T. Selain DVB T2, Aqua juga dilengkapi dengan fitur Eco Friendly dan Digital Noise Reduction (DNR) untuk menghasilkan tampilan gambar maksimal.

4. LED TV Toshiba 32L3750

LED TV Toshiba 32L3750

Toshiba juga tidak mau ketinggalan, yaitu dengan tipe 32L3750. TV digital dari Toshiba ini memiliki keunggulan pada fitur CEVO Engine Premium, Contras Booster dan Football Mode.

5. LED TV TCL 32B3

LED TV TCL 32B3

Kemudian rekomendasi terakhir TV digital seharga satu jutaan datang dari TCL yakni TV LED TCL 32B3, memiliki berbagai fitur seperti Dynamic Contras, desain tipis dan Dolby Audio.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mengetahui TV digital atau analog yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *