Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Menggunakan HDMI Dongle Ke TV

1 min read

Cara Menggunakan HDMI Dongle Ke TV

Cara Menghubungkan HDMI Dongle Ke TV – Sedikit berbeda dari artikel artikel sebelumnya dari teknisitv, dikesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara menghubungkan Smartphone ke TV monitor dengan menggunakan sebuah alat penghubung yakni HDMI Dongle. Jadi bagi yang sedang kebingungan mengenai hal tersebut, bisa simak penjelasannya dibawah ini.

Keberadaan teknologi sekarang ini memang memiliki peran yang sangat penting di dalam kehidupan sehari hari, sebab dengan adanya teknologi akan semakin mempermudah dalam menjalani semua aktivitas. Misalnya saja kemajuan teknologi dibidang elektronika, yang mana sekarang ini sudah mampu memanfaatkan ponsel atau smartphone untuk berbagai macam keperluan.

Salah satunya yaitu untuk menonton film ataupun bermain game. Namun karena layar ponsel ukurannya kecil, sehingga kurang memberikan kepuasan dalam menonton film tersebut. Lalu pernahkah berfikir untuk bisa menampilkan tampilan di ponsel bisa juga tampil di televisi, sehingga bisa menikmati segala aktifitas yang ada di ponsel dengan layar yang lebih besar.

Banyak cara untuk menghubungkan smartphone ke televisi, yaitu bisa dengan menggunakan kabel penghubung dari HDMI ke micro USB atau bisa juga dengan menggunakan HDMI Dongle sebagai penghubungnya. Yang dimana metode ini bisa dibilang cukup mudah seperti mudahnya CARA PASANG BOOSTER TV untuk memunculkan siaran dari beberapa frekuensi TV yang ada.

Cara Menggunakan HDMI Dongle Ke TV

HDMI Dongle Anycast

HDMI Dongle Anycast

Adapun perangkat yang bisa memproyeksikan layar smartphone ke TV yaitu HDMI Dongle anycast, yang mana merupakan perangkat yang memberikan kemudahan agar bisa menampilkan layar smartphone ke berbagai macam jenis televisi baik itu jenis tabung maupun LED.

HDMI adalah kabel penghubung audio video antara perangkat device dengan TV monitor yang mampu mendukung kualitas gambar lebih tinggi jika dibandingkan dengan kabel lainya. Hanya dengan satu kabel tunggal saja HDMI mampu mengalirkan audio ke TV monitor.

Syarat untuk dapat menggunakan alat ini yaitu televisi sudah memiliki port HDMI. Namun jika belum, bisa menggunakan kabel adaptor corveter RCA to HDMI. Perangkat ini bisa dimanfaatkan untuk jenis TV tabung.

Cara Menghubungkan HDMI Dongle Ke TV LED & Tabung

Cara Menghubungkan HDMI Dongle Ke TV LED Tabung

Lalu bagaimana cara menghubungkan HDMI ke TV LED dan tabung ? Sebenarnya caranya sangatlah mudah untuk dilakukan, tetapi walaupun demikian masih banyak yang masih mengalami kebingungan karena belum mengetahui cara menggunakan perangkat yang satu ini. Berikut ini langkah langkah yang bisa anda lakukan untuk menghubungkan HDMI ke TV :

  • Pertama pastikan untuk memasangkan perangkat Dongle anycast ke port HDMI.
  • Kemudian masukan charger ke Dongle, untuk sumber daya masukan pada port USB atau charger adaptor.
  • Selanjutnya masuk ke menu setelan HDMI pada televisi, pastikan mode miracast pada smartphon sudah aktif.
  • Jika tidak menemukan menu miracast pada smartphone, bisa mengunduh dan menginstallnya di playstore.
  • Setelah diunduh, buka aplikasi miracast lalu tekan connect. Kemudian aktifkan interaksi multilayer atau pencerminan layar atau smart view.
  • Jika sudah aktif, dilayar smartphone akan muncul nama perangkat anycast.
  • Selanjutnya klik anycast, tunggu beberapa saat sampai smartphone terhubung ke televisi.
  • Selesai.

Jika masih belum terkoneksi, pastikan semua mode sudah diaktifkan dengan benar. Untuk smarthpone jenis android memakai aplikasi miracast, sedangkan pada perangkat ios bisa dengan mengaktifkan mode DLNA / Airplay.

Akhir Kata

Demikian artikel singkat dari teknisitv mengenai cara menggunakan HDMI Dongle ke TV. Semoga bisa bermanfaat serta bisa membantu bagi yang sedang membutuhkan informasi mengenai permasalahan tersebut diatas.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Apa Itu TV Analog

Budi
2 min read

Modif Panel LG ke Polytron

Budi
2 min read

Receiver Tanaka

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *