Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

4 Cara Menghidupkan TV TCL Tanpa Remote

3 min read

Cara Menghidupkan TV TCL Tanpa Remote

Cara Menghidupkan TV TCL Tanpa Remote – Sekarang ini banyak sekali merk-merk televisi yang beredar dipasaran, dan salah satunya yaitu TV TCL. TV TCL dibandrol dengan harga yang lumayan terjangkau untuk masyarakat Indonesia, meski begitu TV ini memiliki kualitas, spesifikasi serta fitur-fitur yang tidak kalah dari merk TV yang sudah memiliki nama besar dan dikenal sebelumnya seperti Polytron, Samsung, LG, Sharp, Panasonic dan lain sebagainya.

Keberadaan sebuah perangkat televisi memang tidak dapat dipisahkan dari yang namanya Remote kontrol. Hal itu bisa dilihat dari setiap pembelian sebuah perangkat televisi baru, dimana pasti desertakan sebuah remote kontrol sebagai satu paket pembelian. Remote TV ini berfungsi untuk mengontrol atau mmengendalikan televisi dari jarak jauh, seperti menghidupkan dan mematikan TV, menambah dan mengurangi volume suara, mengganti channel serta berbagai pengaturan lainnya.

Melihat begitu pentingnya peran remote, maka akan jadi masalah jika terjadi permasalahan pada remote TV, entah itu rusak atau hilang. Hal itu bisa saja terjadi karena seiring waktu dan lamanya pemakaian, sebuah produk pasti akan mengalami kerusakan termasuk dengan remote kontrol televisi. Lalu bagaimana jika hal tersebut terjadi yakni remote hilang ataupun rusak? Tentunya akan membuat ribet dalam hal melakukan berbagai pengaturan pada televisi, salah satunya yaitu menghidupkan TV. Namun sebenarnya terkait dengan cara menghidupkan televisi, bisa juga dilakukan tanpa menggunakan remote, bagaimanakah caranya?

Nah sesuai judul artikel diatas, sekaligus menjawab pertanyaan tersebut, dikesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi atau tutorial caranya mengenai hal tersebut yaitu cara menghidupkan TV tanpa remote. Jadi buat yang masih kebingungan atau sedang mencari informasi mengenai cara menghidupkan televisi tanpa remote, simak ulasan dari teknisitv tentang cara menghidupkan TV TCL tanpa remote berikut ini.

Cara Menghidupkan TV TCL Tanpa Remote

Untuk dapat melakukan hal tersebut yaitu menghidupkan TV TCL tanpa remote, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Adapun cara – cara tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Melalui Tombol Daya di TV TCL

Pada setiap perangkat televisi pastinya dilengkapi dengan seperangkat tombol fisik sebagai fungsi dasar pengoperasian televisi. Posisi tombol tersebut berbeda-beda untuk tiap merk televisi, biasanya terletak di samping, belakang atau ada sebagian lagi dibagian bawah televisi. Pada TV TCL untuk cara menghidupkan TV tanpa remote melalui tombol daya TV yaitu dengan menekan tombol Power, letaknya berada dibawah TV maka televisi akan menyala. Atau bisa juga dengan menekan salah satu tombol apapun, seperti Channel (+) dan (-) atau tombol Volume (+) dan (-) maka cara menghidupkan televisi TCL tanpa remote bisa dilakukan.

2. Memakai Aplikasi Remote TV

Dalam penggunaanya berkomunikasi dengan televisi, remote TV memakai sensor inframerah. Sekarang ini banyak sekali ponsel Andoid maupun iOS yang dilengkapi dengan sensor inframerah, di sisi lain sudah banyak pula APLIKASI REMOTE TV yang bisa digunakan sebagai pengganti remote TV untuk mengontrol sebuah perangkat televisi. Ada beberapa aplikasi remote TV bagus, misalnya seperti Mi Remote dan aplikasi remote TV Roku. Nah untuk cara menghidupkan TV TCL tanpa remote memakai aplikasi remote TV, disini sebagai contoh teknisitv gunakan salah satu aplikasi remote TV Roku.

Smart TV TCL hadir dengan sistem operasi Roku, sehingga untuk menggantikan fungsi remote bisa dengan memanfaatkan aplikasi Roku ini. Dengan memakai aplikasi Remote Roku ini bisa sebagai alternatif pilihan terkait dengan cara menghidupkan televisi TCL tanpa menggunakan remote. Adapun cara atau langkah-langkah menghidupkan TV TCL tabpa remote memakai aplikasi Roku adalah sebagai berikut :

  • Pertama unduh dan install aplikasi pada smartphone di Play store atau Apps store
  • Kemudian hidupkan televisi dan pastikan TV TCL terhubung secara otomatis ke jaringan WiFi
  • Selanjutnya hubungkan pula smartphone ke jaringan WiFi yang sama dengan jaringan WiFi yang terhubung dengan TV TCL, lalu buka aplikasi Roku
  • Jika sudah, klik opsi Remote yang ada dibagian bawah aplikasi Roku
  • Maka aplikasi akan mencari perangkat TV yang berada di jaringan yang sama, pilih TV TCL
  • Maka pada layar smartphon akan muncul tampilan beberapa tombol java yang bisa digunakan untuk mengontrol TV TCL atau sebagai pengganti remote TV.

Itu dia beberapa cara atau langkah menghidupkan TV TCL tanpa remote dengan memanfaatkan aplikasi Roku TV.

3. Menghidupkan TV TCL memakai PS4

Untuk menghidupkan TV TCL tanpa memakai remote bisa juga dilakukan dengan konsol game PS4. Berikut cara menghidupkan TV TCL tanpa remote memakai perangkat PS4 :

  • Pertama hubungkan TV TCL dengan PS4 melalui input HDMI
  • Kemudian nyalakan TV TCL memakai tombol daya yang ada di TV
  • Selanjutnya pada perangkat PS4 buka Pengaturan lalu pilih System Preferences
  • Setelah itu pilih opsi Aktifkan Tautan Perangkat HDMI dengan cara centang kotaknya
  • Jika sudah, matikan kedua perangkat baik itu TV TCL maupun PS4
  • Berikutnya pada posisi kedua perangkat dimatikan, nyalakan PS4
  • Ketika PS4 menyala maka secara otomatis TV TCL juga akan menyala

4. Menghidupkan TV TCL Memakai Nintendo Switch

Menggunakan cara ini diperlukan perangkat stasiun dok nintendo terkait dengan cara menghidupkan televisi TCL tanpa remote. Adapun cara atau langkah-langkah menghidupkan TV TCL tanpa remote memakai nintendo switch adalah sebagai berikut :

  • Pertama sambung atau hubungkan nintendo switch ke dok, lalu colokan dok ke port layar TV TCL
  • Kemudian hidupkan televisi melalui tombol di TV TCL
  • Selanjutnya pada nintendo switch, masuk atau pilih opsi System Preferences
  • Setelah itu pilih pengaturan TV TCL
  • Gulirkan ke bawah lalu cari dan pilih opsi Cocokan Status Daya
  • Jika sudah, matikan televisi berikut saklarnya
  • Kemudian setelah itu nyalakan kembali saklar maka secara otomatis TV TCL ikut menyala.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan terkait dengan cara menghidupkan TV TCL tanpa remote, jadi tidak perlu bingung lagi jika remote kontrol TV hilang ataupun rusak.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara menghidupkan TV TCL tanpa remote yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.