Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV

3 min read

Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV
Advertisements

Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV – TV yang berubah warna tidak normal atau warnanya rusak mengindikasikan telah terjadi kerusakan pada perangkat televisi. Walaupun gambar tidak mengalami perubahan dan televisi tetap bisa menyala, tetapi kerusakan warna ini cukup mengganggu ketika sedang menonton televisi.

Di beberapa kasus TV yang berubah warna tidak normal atau berubah warna memudar, seringkali didominasi warna khusus seperti dominan hijau, dominan merah, DOMINAN BIRU atau gabungan dari ketiganya.

Guna memperbaiki televisi dengan kerusakan warna, ada beberapa komponen atau bagian yang harus dilakukan pengecekan ataupun pemeriksaan untuk mencari penyebab permasalahan tersebut.

Advertisements

Untuk mengatasi permasalahan tersebut memanglah tidak terlalu sulit, namun tidak menutup kemungkinan jika masih ada yang mengalami kebingungan mengenai cara mengatasi permasalahan tersebut. Jadi pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahas mengenai masalah tersebut beserta solusi mengatasinya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya dibawah ini.

Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV

Penyebab Warna Televisi Dominan Hijau

Penyebab Warna Televisi Tidak Normal Dominan Hijau

Gambar video bisa ditampilkan berwarna pada perangkat televisi karena TV berwarna merupakan salah satu teknologi transmisi TV yang memuat informasi tentang warna gambar.

Siaran warna bisa dibuat dengan menyiarkan tiga gambar monokrom, tiga warna tersebut yaitu hijau,merah dan biru (RGB). Ketika ditampilkan dengan urutan cepat atau bersama sama, gambar gambar tersebut akan berbaur bersama guna menghasilkan gambar berwarna. Menampilkan citra gambar pada perangkat elektronik seperti pada televisi dan komputer merupakan kegunaan utama dari model warna RGB.

Pada umumnya warna utama yang tampil di televisi adalah biru, merah dan hijau. Jika salah satu warna tidak tampil, maka kerusakan ini bisa merembet ke rangkaian matrik TV. Jika terjadi kerusakan seperti ini, lakukan pengaturan pada RGB guna menghilangkan warna yang dominan dan menampilkan warna yang tidak muncul. Proses ini akan menjadikan warna TV jadi stabil dan dinamis.

1. Kerusakan Pada Solderan Komponen Sistem Warna

Hilangnya salah satu warna tv bisa disebabkan karena solderan pada kaki kaki komponen yang memproses warna rusak, bisa pecah atau retak. Hal ini bisa terjadi biasanya karena kualitas solderan yang kurang baik, atau bisa juga karena faktor panas yang terus menerus pada PCB yang menempel pada katoda tabung. Penggunaan timah yang kurang berkualitas akan menyebabkan solderan mudah pecah.

Solusi jika solderan rusak yaitu dengan melakukan penyolderan ulang, tentunya dengan bahan yang lebih baik.

2. Kerusakan Pada Komponen Transistor Warna

Kerusakan warna juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada bagian transistor yang mengendalikan warna. Hilangnya satu atau dua warna merupakan tanda jika transistor mengalami kerusakan.

Mengganti transistor merupakan solusi terbaik untuk permasalahan seperti ini. Untuk mengganti transistor terlebih dahulu harus tahu kadar mokrofarad serta ampere yang dipakai, dan juga harus tahu output warna transistor tersebut. Selain itu mengganti transistor juga harus memakai transistor yang sama sesuai datasheet book.

3. Kerusakan Pada Komponen Resistor Akibat Short

Pada sebuah perangkat televisi dilengkapi dengan resistor pembatas tegangan, yang mana fungsinya sebagai pengatur arus yang masuk dan bekerja untuk sistem TV. Jadi jika resistor rusak akan mengakibatkan warna TV jadi tidak stabil, terkadang hanya ada satu warna yang dominan. Kerusakan paling sering terjadi pada jenis resistor yang memanjang, solusinya lakukan pergantian pada resistor pembatas, tentunya mengganti resistor sesuai dengan spesifikasinya.

4. Kerusakan Pada Soket Tabung

Penyebab selanjutnya adalah rusaknya soket tabung, hal seperti ini umum terjadi pada televisi yang sudah tua dan terlalu panas serta bisa juga pada TV yang tidak dinyalakan. Soket ini memang dirancang untuk menjaga warna TV jadi stabil, jadi ketika terjadi kerusakan pada soket ini maka warna akan jadi tidak jelas, buram dan terkadang warna pokok seperti merah, hijau dan biru hilang. Solusinya yaitu dengan mengganti soket.

5. Tegangan Turun

Kerusakan pantulan warna, yang mengakibatkan warna jadi lebih gelap merupakan salah satu akibat dari turunya tegangan pada katoda. Namun kerusakan seperti ini tidak hanya disebabkan karena tegangan yang turun saja, tetapi bisa juga karena kabel yang menghubungkan solderan dioda dan katoda rusak.

6. Kerusakan IC Croma

Penyebab kerusakan warna yang paling sering terjadi pada TV yaitu karena adanya kerusakan pada IC Croma. Mengeceknya yaitu dengan cara melihat output IC Croma tersebut dari bagian depan sampai belakang. Kerusakan pada IC Croma juga dapat memicu kerusakan pada komponen lain, jadi lakukan pemerikasaan juga terhadap komponen lainnya.

7 Mainboard TV Rusak

Mainboard televisi yang rusak juga dapat mengakibatkan kerusakan warna pada televisi. Cara mengeceknya yaitu dengan memeriksa kabel LVDS dari mainboard menuju controller board, pastikan tidak ada kabel yang longgar. Setelah itu reset FPCB yang dari controller board menuju driver board. Periksa juga sambungan solder pada konektor kabel menuju board.

Memperbaiki Warna TV Dominan Hijau Merah dan Biru

Memperbaiki Warna TV Dominan Hijau Merah dan Biru

Permasalahan seperti ini yaitu warna televisi jadi dominan hijau bisa disebabkan karena banyak faktor, diantaranya seperti komponen yang berkaitan dengan warna televisi mengalami kerusakan.

Untuk memperbaiki televisi dengan warna dominan hijau, terlebih dahulu harus mengetahui komponen yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Komponen tersebut yaitu IC Croma, komponen RGB dan TV tabung. Berikut ini langkah langkah yang bisa digunakan untuk memperbaiki permasalahan tersebut :

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah menyolder ulang komponen yang berhubungan dengan permasalahan tersebut. Sebab solderan yang kurang bagus, bisa menyebabkan TV jadi tidak normal.
  2. Jika setelah dilakukan penyolderan ulang tetapi belum berhasil, langkah selanjutnya yaitu lakukan pengukuran tegangan di setiap komponen katoda. Pada saat melakukan pengukuran tegangan menemukan tegangan yang nilainya kurang dari normalnya, misalnya tegangan normalnya 125 volt saat dilakukan pengukuran hanya didapat 50 volt saja. Guna memperbaikinya, lakukan pengukuran kembali satu persatu komponen mesin RGB. Khususnya resistor pembatas tegangan yang berhubungan langsung dengan katoda. Kerusakan seperti ini yaitu warna gambar televisi dominan hijau, dominan merah dan biru sering terjadi karena kerusakan komponen ini.
  3. Jika telah melakukan dua langkah diatas tetapi masih juga belum berhasil, selanjutnya lakukan pengukuran tegangan pada komponen pin IC Croma. Normalnya tegangan pada IC Croma adalah 4 VDC, tegangan ini akan dikirim ke transistor penguat yang ada pada mesin RGB. Komponen yang telah rusak biasanya jika tegangan pada IC Croma kurang. Namun jika masih ada tegangan, ukur kembali tegangan di IC Croma dan pastikan apakah tegangan tersebut sampai pada kaki basis transistor penguat. Jika ternyata tidak sampai, berarti disinilah letak permasalahannya. Lakukan pengukuran juga pada komponen disekitar IC Croma dan komponen transistor penguat pada mesin RGB, jika tegangan di IC Croma kurang berarti komponen tersebut rusak.
  4. Yang terakhir jika semua langkah diatas dilakukan namun televisi masih belum normal, berarti permasalahanya ada pada tabung televisi yang telah rusak. Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan alat tembak tabung untuk memperbaikinya.

Nah itu dia langkah langkah yang bisa diikuti untuk memperbaiki televisi yang mengalami kerusakan warna gambar domonan hijau, merah dan biru.

Akhir Kata

Demikian pembahasan dari teknisitv tentang cara menghilangkan warna hijau pada layar TV yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi. Serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *