Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Menghubungkan Laptop Ke TV Dengan WiFi

3 min read

Cara Menghubungkan Laptop Ke TV Dengan WiFi
Advertisements

Cara Menghubngkan Laptop ke TV Dengan Wifi – Sedikit berbeda dari artikel artikel sebelumnya dari teknisitv, di kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tutorial cara menghubungkan laptop ke televisi menggunakan jariangan wifi. Jadi bagi yang sedang mencari caranya atau sedang kebingungan mengenai hal tersebut, bisa simak ulasanya dibawah ini.

Televisi menjadi salah satu media informasi yang paling simpel, sebab konten langsung tersaji didepan kita tanpa perlu banyak klik. Televisi keluaran terbaru atau yang lebih dikenal dengan Smart TV dilengkapi dengan banyak fungsi yang bermanfaat, dengan teknologi Smart TV tersebut memungkinkan untuk bisa menonton video, film serta multimedia lainnya.

Sehingga ketika ingin melihat film atau video streaming di Youtube tidak perlu menggunakan HDMI DONGLE. Smart TV yang sebenarnya hanya TV biasa tetapi dilengkapi komputer didalamnya, sehingga bisa untuk internetan serta browsing seperti laptop. Secara garis besar metode menyambungkan televisi ke laptop terbagi menjadi dua metode atau cara.

Advertisements

Pertama yaitu menyambungkan secara fisik memakai kabel (VGA, HDMI, USB) dan yang kedua yaitu menyambungkan secara nirkabel memakai chromecast, apple TV, maupun dongle Wifi lainnya. Untuk di artikel kali ini akan kita bahas mengenai menyambungkan laptop menggunakan metode yang ke dua, yaitu menyambungkan laptop ke TV dengan Wifi.

Cara Menghubungkan Laptop ke TV Dengan Wifi

Metode Menghubungkan TV ke Laptop Dengan Wifi

Metode Menghubungkan TV ke Laptop Dengan Wifi

Perangkat televisi bisa langsung disambungkan ke WiFi atau perangkat WiFi misal laptop atau smartphone yang mendukung fungsi “DLNA Push controller. Dengan demikian konten seperti video, musik maupun foto yang terdapat pada perangkat dapat diputar pada televisi. Untuk menggunakan fitur ini tidak diperlukan titik akses atau router.

Berikut ini merupakan langkah langkah yang bisa diikuti untuk menghubungkan laptop ke televisi menggunakan WiFi :

  • Pertama tekan tombol Home, terus pilih Pengaturan.
  • Kemudian pilih JaringanWiFi DirectOn
  • Selanjutnya pilih Pengaturan WiFi Direct
  • Setelah itu pilih nama TV yang muncul dilayar televisi dengan perangkat WiFi Direct. Kalau perangkat tidak mendukung WiFi Direct silahkan tekan tombol Option, lalu pilih Manual
  • Selanjutnya hidupkan perangkat WiFi Direct atau WiFi yang akan disambungkan ke televisi.
  • Yang terakhir kirim konten dari perangkat WiFi Direct atau WiFi ke televisi.

Beberapa Cara Menghubungkan Laptop Ke TV

Beberapa Cara Menghubungkan Laptop Ke TV

Selain dengan WiFi, menghubungkan laptop ke televisi bisa melaui beberapa cara, yaitu :

1. Menggunakan Kabel HDMI

Menggunakan Kabel HDMI
Advertisements

Dengan memakai kabel HDMI, suara dan gambar pada laptop akan secara langsung tersambung hanya melalui satu lubang colokan. Jadi memakai kabel HDMI ini sangat direkomendasikan dalam urusan menghubungkan laptop ke TV.

Syarat utama menghubungkan laptop ke TV memakai kabel HDMI yaitu televisi sudah mempunyai port atau colokan HDMI, demikian juga pada laptop. Berikut ini langkah langkahnya menghubungkan laptop ke TV memakai kabel HDMI :

  • Pertama nyalakan Televisi dan juga laptop.
  • Kemudian hubungkan atau colokan kabel HDMI ke laptop dan televisi.
  • Setelah itu pada settingan televisi, pilih input (source) ke HDMI.
  • Selanjutnya tampilan laptop akan secara otomatis muncul pada televisi.
  • Jika tampilan laptop belum muncul di televisi, masuklah ke Control Panel lalu pilih opsi Display terus Adjust Resolution kemudian pilih opsi TV di dropdown.

Setelah laptop tersambung melalui HDMI, secara otomatis pengaturan gambarnya menjadi pengaturan maksimal (terbaik). Namun jika laptop tidak otomatis menjadi pengaturan maksimal, bisa dilakukan secara manual dengan cara klik kanan pada desktop lalu buka graphic configuration.

2. Menggunakan Kabel VGA

Menggunakan Kabel VGA

Menghubungkan laptop ke TV menggunakan kabel VGA, hanya akan menyambungkan gambar saja sedangkan suaranya tidak terhubung. Untuk menghubungkan audio atau suara harus memakai kabel audio dengan colokan 3,5 mm.

Memakai kabel VGA merupakan solusi menghubungkan laptop ke TV, yang mana televisi belum dilengkapi dengan port HDMI. Berikut langkah menghubungkan laptop ke TV memakai kabel VGA :

  • Pertama tentu saja nyalakan laptop dan juga televisi.
  • Selanjutnya colokan kabel VGA ke televisi dan juga laptop.
  • Setelah itu gambar pada layar laptop akan langsung tampil di televisi, hanya gambar saja tanpa suara.
  • Jika gambar tidak tampil, masuk ke Control Panel lalu Display lalu Adjust Resolution kemudian pilih TV pada dropdown.

Gunakan colokan audio 3,5 mm dan juga adaptor audio visual untuk menghubungkan suara laptop ke TV. Caranya dengan mencolokan kabel tersebut pada laptop dan juga TV, suara akan otomatis terkoneksi.

3. Menggunakan Port USB

Menggunakan Port USB

Cara ini digunakan untuk laptop yang tidak dilengkapi dengan port HDMI. Memakai metode ini banyak membutuhkan alat tambahan, seperti adaptor USB ke HDMI out, kabel HDMI serta software tambahan di laptop untuk mengubah port USB menjadi port video out.

Sebelum membeli adaptor USB ke HDMI, pastikan terlebih dahulu laptopnya kompatibel dengan adaptor USB to HDMI. Kemudian caranya yaitu dengan menyambungkan USB ke adaptor, colok ke laptop dan televisi lalu jalankan software pada laptop.

4. Menggunakan USB Flashdisk

Menggunakan USB Flashdisk

Untuk televisi keluaran baru sudah dilengkapi dengan port USB, hal ini tergantung dari kapabilitas TV. Bisa menonton video hanya dengan mengcopynya ke USB flashdisk terus colokan flashdisk ke TV.

Jika format video didukung oleh televisi, menonton konten laptop di televisi sangat mudah dilakukan, yaitu hanya dengan copy-paste-colok lalu pilih input USB dan klik videonya. Berikut langkah langkah selengkapnya :

  • Pertama pastikan format video kompatibel dengan televisi.
  • Kemudian nyalakan laptop dan televisi.
  • Setelah itu Copy file video ke USB flashdisk.
  • Selanjutnya pilih input (source) USB di televisi.
  • Untuk memilih video, gunakan file explorer pada TV.

5. Menghubungkan Secara Wireless

Untuk metode yang satu ini sudah dibahas diartikel sebelumnya oleh teknisitv yaitu yang berjudul CARA MENGGUNAKAN HDMI DONGLE KE TV. Untuk lebih jelasnya bisa baca artikel tersebut.

Akhir Kata

Demikan pembahasan mengenai cara menghubungkan laptop ke TV dengan WiFi dari teknisitv, semoga bisa dijadikan bahan referensi bagi anda yang sedang mencari solusi untuk permasalahan tersebut. Serta bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan bagi para pembacanya.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *