Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mengubah Frekuensi Parabola Matrix HD

2 min read

Cara Mengubah Frekuensi Parabola Matrix HD

Cara Mengubah Frekuensi Parabola Matrix HD – Parabola Matrix dijadikan salah satu pilihan oleh banyak keluarga di Indonesia supaya bisa menikmati siaran TV dengan channel yang beragam serta kualitas gambar yang jernih dan tajam, juga dengan harga yang terjangkau.

Perubahan frekuensi dari sebuah saluran atau channel sering kali dilakukan, baik itu karena demi meningkatkan kualitas siaran maupun karena perubahan satelit. Bagi para pengguna parabola Matrix HD agar tetap bisa menonton siaran favorit tentunya harus tahu cara mengubah frekuensi siaran parabola Matrix HD. Selain itu jika nantinya perubahan frekuensi, kita bisa mengubah sendiri frekuensi tersebut tanpa harus memanggil teknisi ke rumah.

Biasanya perubahan frekuensi/transponder meliputi frekuensi, polaritas dan juga simbol rate. Frekuensi jika ditinjau dari fungsinya adalah kode atau nomor frekuensi yang menunjukan arah dari sebuah satelit pemancar sinyal. Sedangkan Simbol Rate jika dilihat dari fungsinya merupakan kode atau nomor simbol yang menunjukan sebuah arah satelit pemancar sinyal atau dengan kata lain nomor yang menunjukan lambang frekuensi. Keduanya menjadi satu ikatan yang tidak bisa dipisahkan, sebab jika salah satunya tidak ada maka tidak akan berfungsi, artinya untuk memasukan frekuensi dan simbol rate keduanya harus benar – benar sesuai dengan data transponder yang ada.

Lalu bagaimana cara mengubah frekuensi tersebut? Untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi tentang hal tersebut, tepatnya yaitu cara mengubah frekuensi parabola Matrix HD. Jadi bagi anda yang penasaran atau masih kebingungan mengenai cara mengubah frekuensi parabola Matrix HD, bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengubah Frekuensi Parabola Matrix HD

Cara Mengubah Frekuensi Parabola Matrix HD.

Disini mengubah frekuensi yang dimaksud sebenarnya adalah mengubah transponder, walaupun yang diubah frekuensinya tapi frekuensi channel merupakan bagian dari transponder. Seringkali para pengguna pemula kesulitan untuk mengubah frekuensi, apalagi untuk receiver baru. Karena itulah disini teknisitv bermaksud memberika informasi mengenai cara mengubah frekuensi parabola Matrix HD, agar dengan membaca artikel ini pengguna yang masih kebingungan bisa mengatasi permasalahan tersebut sendiri. Mengubah disini bisa berarti menambah, mengganti ataupun menghapus.

Agar bisa melakukan cara ini harus telebih dulu membuka daftar frekuensi parabola Matrix HD, lalu periksa atau pilih frekuensi mana akan diubah atau dihapus. Berikut langkah – langkah cara mengubah frekuensi parabola Matrix HD :

1. Pertama nyalakan receiver lalu buka menu.

nyalakan receiver lalu buka menu

2. Kemudian pilih menu instalasi, lalu klik tombol List Ok diremot.

pilih menu instalasi lalu klik tombol List Ok

3. Maka akan muncul daftar satelit beserta dengan pengaturanya, pilih salah satu satelit yang ingin diubah frekuensinya.

pilih salah satu satelit yang ingin diubah frekuensinya.

4. Selanjutnya klik tombol hijau.

klik tombol hijau.

5. Maka akan muncul daftar transponder, periksa atau ubah satu persatu sesuai yang diinginkan.

periksa atau ubah satu persatu

Cara Tambah Frekuensi Parabola Matrix HD

Cara Tambah Frekuensi Parabola Matrix HD

Cara ini dipakai jika frekuensi channel belum tersedia, dimana biasanya selisih digitnya hanyalah kisaran maksimal 4 digit. Untuk menambah frekuensi atau transponder belum ada dengan cara manual, bisa mengikuti langkah – langkah dibawah ini :

1. Pertama masuk ke Menu dan pilih instalasi

masuk ke Menu

2. Maka akan muncul tampilan transponder (TP).

muncul tampilan transponder 1

3. Pertama tekan tombol Merah diremot.

tekan tombol Merah diremot.

4. Selanjutnya masukan data transponder saluran yang di cari, terdiri dari frekuensi, polaritas dan simbol rate (jika hanya terdiri dari 4 digit, tambahkan 0 didepan).

masukan data transponder

6. Jika sudah, simpan dan tekan tombol List Ok pada remot.

simpan dan tekan tombol List Ok

7. Maka transponder akan bertambah.

Maka transponder akan bertambah

Cara Hapus Frekuensi Parabola

Cara Hapus Frekuensi Parabola

Biasanya cara hapus frekuensi ini dilakukan jika ada data transponder yang sudah tidak digunakan lagi, selain itu juga digunakan untuk menghapus channel yang sama dalam satu transponder. Berikut cara hapus frekuensi Matrix HD :

1. Pertama tekan tombol kuning di remot.

tekan tombol kuning di remot 1

2. Maka akan muncul menu Hapus / Hapus semua.

muncul menu Hapus Hapus semua

3. Jika ingin menghapus salah satu atau sebagian pilih menu Hapus, lalu pilih transponder yang akan dihapus terus tekan tombol kuning pada remot. Maka akan muncul ikon silang pada data transponder tersebut.

menghapus salah satu atau sebagian pilih menu Hapus

4. Jika ingin menghapus semua pilih menu Hanus Semua lalu tekan tombol biru di remot, maka akan muncul tanda silang disamping semua transponder.

menghapus semua pilih menu Hanus Semua

5. Maka setelah itu akan muncul notifikasi Anda Ingin Mengapus?, pilih opsi Ya lalu tekan tombol List Ok pada remot.

muncul notifikasi Anda Ingin Mengapus

6. Jika sudah, tekan tombol Exit pada remot.

tekan tombol Exit pada remot

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mengubah frekuensi parabola Matrix HD yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *