Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Menonton Siaran Ulang TV

2 min read

Cara Menonton Siaran Ulang TV
Advertisements

Cara Menonton Siaran Ulang TV – Sekarang ini dengan banyaknya konten-konten menarik, minat masyarakat Indonesia untuk menonton acara televisi bisa dibilang masih sangat besar. Di zaman serba digital seperti sekarang dan dengan didukung kesibukan masyarakat yang tidak memungkinkan untuk selalu berada di rumah, sering kali membuat ketinggalan acara favorit.

Lalu bagaimana cara menonton siaran ulang program atau acara yang sudah lewat? pertanyaan tersebut mungkin muncul dari beberapa orang yang pernah mengalami kejadian tersebut, yaitu ketinggalan acara favorit. Sebab bagi beberapa orang ketinggalan atau tidak bisa menonton satu episode saja dari program kesayangan akan sangat menyesal.

Di zaman dulu hal tersebut mungkin akan susah dilakukan karena keterbatasan teknologi maupun fitur pada sebuah perangkat televisi pada waktu itu, berbeda dengan televisi zaman sekarang dimana sudah memiliki teknologi/fitur pause atau bahkan merekam siaran TV. Terutama setelah perkembangan/kemajuan di dunia internet yang sangat pesat seperti sekarang ini, sehingga menonton siaran ulang program TV bukanlah hal tidak mungkin untuk dilakukan.

Advertisements

Salah satu cara atau solusi menonton siaran ulang yakni menggunakan layanan TV On Demand, dimana ini merupakan layanan televisi interaktif, dimana mengijinkan pengguna untuk mengontrol atau memilih sendiri pilihan video yang diinginkan. Jadi dengan layanan ini seseorang bisa menonton ulang kapanpun serta dimanapun acara kesayangan yang terlewat. Supaya lebih jelas simak ulasan lengkapnya mengenai cara menonton siaran ulang melalui layanan On Demand dari teknisitv dibawah ini.

Cara Menonton Siaran Ulang TV

Cara Menonton Siaran Ulang TV.

Diatas sedikit telah dijelaskan bahwa salah satu cara menonton siaran ulang di TV yaitu dengan mengakses layanan TV On Demand. Ini merupakan layanan resmi yang diijinkan pihak stasiun televisi terkait, hal ini tentunya berbeda dengan beberapa oknum yang mengupload siaran ulang dari sebuah program televisi di Youtube maupun website streaming.

Di setiap layanan On Demand memiliki fitur Catch Up. Fitur ini dapat digunakan untuk menonton siaran ulang dalam 7 hari kebelakang, contohnya hari ini tanggal 3 Juni 2021 maka kita bisa menonton siaran ulang dalam periode 7 hari kebelakang yakni kita bisa saksikan siaran ulang hingga tnggal 27 Mei 2021 saja. Dibawah ini merupakan cara menonton siaran ulang dari beberapa layanan On Demand :

1. Cara Menonton Siaran Ulang Melalui Usee TV

Usee TV

Cara menonton siaran ulang pertama yaitu melalui layanan Usee TV, ini merupakan layanan TV interaktif pertama di Indonesia, dimana Telkom Indonesia sebagai pemiliknya. Usee TV biasanya banyak digunakan oleh mereka para pengguna paket IndiHome, dengan biaya sekitar 300 ribuan sudah mendapat internet dan TV.

Terdapat kurang lebih 126 channel, ada beberapa bisa diakses secara gratis namun kebanyakan masuk paketan. Bisa dikatakan Usee TV ini merupakan layanan yang sifatnya premium berbayar, sebab saluran TV dengan siaran kategori Sport, Movies, Kidz, Music, Entertainment sebagian besar merupakan channel internasional masuk dalam paketan. Untuk menonton siaran Ulang di TV melalui Usee TV, berikut ini langkah-langkahnya :

1. Pertama buka browser, ketik pada papan pencarian https://www.useetv.com lalu klik Enter

Pertama buka browser
Advertisements

2. Maka akan muncul beranda dari Usee TV, pilih siaran TV yang ingin di tonton

muncul beranda dari Usee TV

3. Selanjutnya gulir kebawah cari Jadwal Acara, lalu pilih tanggal acara yang ingin ditonton siaran ulang nya dan pilih acaranya.

gulir kebawah cari Jadwal Acara

4. Terakhir klik Play untuk mulai menonton siaran ulang nya.

klik Play untuk mulai menonton

2. Cara Menonton Siaran Ulang Melalui Vidio

Vidio 1

Kemudian kedua, cara menonton siaran ulang yaitu melalui layanan On Demand bernama Vidio, ini merupakan layanan streaming video kepunyaan PT. Surya Citra Media Tbk (anak perusahaan Elang Mustika Teknologi) yang hadir sejak 2014. Melalui Vidio berbagai siaran ulang maupun siaran langsung dari semua program TV Indonesia, seperti sinetron, drama, film, olah raga dan sebagainya.

Ada lebih dari 80 channel di Vidio bisa dipilih untuk menonton live, baik itu siaran dari saluran lokal maupun luar negri. Selain itu tentunya ada fitur Catch Up untuk menonton siaran ulang dari program TV.

3. Cara Menonton Melalui RCTI+

RCTI

Selanjutnya yang ketiga cara menonton siaran ulang yaitu melalui layanan On Demand bernama RCTI+, ini merupakan layanan Over The Top yang dioperasikan oleh divisi RCTI dari Media Nusantara Citra.

Melalui RCTI+ ini bisa menonton siaran TV secara langsung ke empat channel milik MNC Group (RCTI, GTV, MNC TV dan iNews), serta tentunya fitur Catch Up untuk menonton siaran ulang dari program yang terlewat. Satu hal yang menarik pada RCTI+ yakni adanya Library, dimana melalui Library kita dapat menonton ulang siaran atau program acara lama. Tidak hanya itu saja, di RCTI+ juga terdapat pilihan streaming pertandingan sepak bola, program eksklusif dari R+, kartun, drama Korea dan sebagainya. Namun agar bisa mengakses semua menu kita diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu.

Akhir Kata

Nah demikian tadi pembahasan mengenai cara menonton siaran ulang TV yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *