Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Menyalakan TV Samsung Tanpa Remote

1 min read

Cara Menyalakan TV Samsung Tanpa Remote
Advertisements

Cara Menyalakan TV Samsung Tanpa Remote – Seperti yang kita ketahui bersama, menyalakan atau menghidupkan televisi dapat dilakukan dengan memakai remot kontrol dan juga bisa melalui tombol panel yang ada pada perangkat televisi. Sama seperti ketika kita ingin MEMATIKAN TV.

Namun dengan seringnya penggunaan remote disetiap melakukan kegiatan menonton televisi serta dengan penggunaan dalam jangka waktu yang lama, bisa mengakibatkan remot mengalami masalah atau rusak. Belum lagi jika remot tersiram air, sering terjatuh atau sebab lain yang membuat remot rusak dan tidak bisa digunakan lagi untuk menyalakan ataupun mematikan televisi.

Memang jika remot rusak, menyalakan televisi masih bisa dilakukan dengan memanfaatkan tombol panel yang ada di televisi. Tetapi hal tersebut akan sedikit memakan waktu dan juga sedikit energi lebih untuk melakukannya, sebab untuk melakukan hal tersebut kta harus bolak balik kedepan layar televisi baik untuk menyalakan, menambah / mengurangi volume, mengganti channel dan juga mematikan televisi.

Advertisements

Untuk itu dikesempatan kali ini teknisitv akan berbagi satu trik atau cara yang bisa digunakan jika hal tersebut diatas terjadi. Cara yang dimaksud yaitu dengan menggunakan smartphone. Salah satu smartphone yang kompatibel dengan permasalahan tersebut yaitu Xiaomi, yang mana memiliki fitur yang bernama Mi Remote. Untuk lebih jelasnya simak pembahasanya dibawah ini.

Cara Menyalakan TV Samsung Tanpa Remote

Menyalakan TV Menggunakan Smartphone

Cara Menyalakan TV Samsung Tanpa Remote

Sebelum ke langkah tutorialnya, pastikan terlebih dahulu smartphone atau ponsel sudah mendukung fitur remote. Salah satu smartphone yang sudah mendukung fitur tersebut adalah XIAOMI keluaran terbaru. Berikut langkah langkah menyalakan televisi menggunakan smartphone Xiaomi :

  • Yang pertama buka aplikasi Mi Remote di smartphone.
  • Jika belum memiliki, bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut di Playstore.
  • Selanjutnya buka aplikasinya, setelah itu klik icon tambah (+).
  • Kemudian pilih opsi gambar dan tulisan TV.
  • Setelah itu cari merk TV yang dipakai.
  • Lalu klik merk TV dan pastikan TV pada posisi nyala.
  • Lalu akan muncul pertanyaan TV Hidup? maka klik tulisan Hidup.
  • Kemudian tekan volume pada Mi Remot dan pastikan volume televisi juga naik.
  • Yang terakhir pilih tulisan Ya kalau televisi sudah merespon remote.

Cara tersebut diatas juga bisa digunakan memakai smartphone lainnya, dengan cara mengunduh aplikasi Remote yang ada di Playstore. Pastikan terlebih dahulu smartphone mendukung fitur remote.

Akhir Kata

Tidak semua merk televisi tersedia pada alikasi Mi Remote, namun untuk TV kabel seperti Samsung, Polytron, Digitec, Akira, Coocaa, LG, Sharp dan beberapa TV terkenal lainnya tersedia pada aplikasi tersebut.

Demikian pembahasan singkat dari teknisitv tentang cara menyalakan TV Samsung tanpa remot, semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan referensi ketika remot rusak atau hilang.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *