Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

13 Cara Nonton TV Digital Lewat HP Tanpa Paket Data Internet

2 min read

Cara Nonton TV Digital Lewat HP Tanpa Paket Data Internet

Cara Nonton TV Digital Lewat HP Tanpa Paket Data Internet – Siaran TV Analog sekarang ini telah digantikan dengan siaran TV Digital. Proses penghentian ini dilakukan secara bertahap, dimana penghentian siaran analog ini telah dimulai pada 30 April 2022 kemarin. Meski belum sepenuhnya, nantinya siaran analog akan secara keseluruhan digantikan siaran TV digital yaitu pada 2 November 2022.

Terkait dengan pergantian sistem siaran tersebut agar dapat menikmati siaran TV digital, perangkat yang digunakan haruslah sudah dilengkapi atau mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2). DVB-T2 sendiri merupakan sistem transmisi terestrial digital yang dikembangkan dan menjadi standar transmisi siaran terbaru untuk TV digital di Indonesia.

Dengan adanya DVB-T2 pada perangkat televisi kita bisa menikmati saluran TV digital secara gratis. Buat para pengguna tv analog atau belum mendukung DVB-T2 juga tidak usah khawatir, sebab TV analogpun masih bisa digunakan untuk menikmati saluran TV digital. Caranya yaitu dengan menambahkan perangkat bernama Set Top Box (STB) DVB-T2, dengan STB DVB-T2 nantinya sinyal siaran digital yang diterima antena akan diubah menjadi sinyal analog sehingga dapat ditampilkan dilayar televisi.

Selain perangkat televisi, tahukah Anda jika siaran TV Digital juga bisa dinikmati lewat HP, bahkan meski tanpa paket data internet? Nah sesuai dengan judul artikel sekaligus menjawab pertanyaan tersebut, dikesempatan kali ini teknisitv akan membahas atau membagikan informasi seputar hal tersebut yaitu cara nonton TV digital lewat HP tanpa paket data internet. Buat yang penasaran atau ingin mengetahui cara nonton siaran digital lewat HP tanpa paket data internet, simak ulasan dari teknisitv tentang cara nonton TV digital lewat HP tanpa paket data internet berikut ini.

Alat Untuk Nonton TV Digital Lewat HP Tanpa Paket Data Internet

Sebelum masuk pada inti pembahasan, ada baiknya untuk mengetahui atau menyiapkan perlengkapan atau alat-alat yang digunakan untuk dapat nonton TV digital lewat HP tanpa paket data internet. Adapun alat-alat atau perlengkapan yang perlu dipersiapkan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ponsel (HP Android)

Alat pertama dan utama yang perlu dipersiapkan tentu saja ponsel atau HP Android, dimana nantinya digunakan untuk nonton saluran TV digital.

2. TV Tuner Digital (USB DVB-T2 Stick)

Alat atau perlengkapan yang perlu dipersiapkan selanjutnya yaitu TV Tuner Digital. Ini merupakan alat bantu yang digunakan sebagai penangkap sinyal siaran digital melalui HP Android tanpa paket data internet. TV Tuner Digital bisa didapatkan di toko-toko elektronik maupun marketplace-marketplace dengan kata kunci pencarian USB DVB-T2 Stick.

3. USB OTG

Perlengkapan untuk nonton siaran digital lewat HP tanpa paket data internet selanjutnya yaitu USB On The Go (OTG). Alat ini diperlukan sebagai penghubung atau konventer, sehingga nantinya HP Android dapat dihubungkan dengan TV Tuner Digital (USB DVB-T2 Stick).

4. Antena TV

Alat selanjutnya agar dapat nonton siaran digital lewat HP tanpa paket data internet yaitu antena. Sama seperti perangkat televisi, terkait dengan nonton TV digital lewat HP tanpa paket data internet juga memerlukan antena supaya nantinya gambar maupun suara yang dihasilkan jernih dan bagus.

5. Aplikasi TV Offline

Untuk dapat nonton siaran digital lewat HP tanpa paket data internet, perlengkapan yang perlu dipersiapkan berikutnya yakni Aplikasi televisi offline. Di Google Play Store sudah banyak disediakan aplikasi-aplikasi televisi offline yang menawarkan layanan nonton TV tanpa perlu menghabiskan paket data internet, adapun aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • iDTV Mobile TV
  • PadTV HD
  • Air DTV
  • DTV Viewer
  • TDT HD TV
  • WiTV
  • HomeFree TV
  • Migo

Cara Nonton TV Digital Lewat HP Tanpa Paket Data Internet

Setelah mengetahui berbagai alat yang dibutuhkan untuk dapat nonton TV digital lewat ponsel tanpa paket data internet seperti tersebut diatas, sekarang saatnya masuk ke inti pembahasan yakni cara nonton TV digital lewat ponsel tanpa paket data internet.

Cara nonton TV digital lewat ponsel tanpa paket data internet bisa menjadi solusi ataupun cara alternatif bagi masyarakat yang tidak atau belum memiliki perangkat televisi maupun STB yang memungkinkan dapat nonton berbagai saluran TV digital.

Secara umun cara agar dapat nonton saluran TV digital lewat ponsel tanpa paket data internet cukup mudah, yaitu tinggal menghubungkan semua perlengkapan yang telah disebutkan diatas. Namun supaya lebih jelas, dibawah ini teknisitv bagikan langkah-langkah atau tutorial cara perakitanya.

1. Pertama pastikan lokasi Anda sudah terdapat sinyal TV digital.

2. Kemudian siapkan semua alat yang telah disebutkan diatas, seperti HP Android, USB OTG, TV Tuner Digital DVB-T2 dan sebagainya.

3. Selanjutnya pilih salah satu aplikasi televisi offline lalu unduh dan install pada ponsel Android Anda. Sebagai contoh kali ini teknisitv gunakan aplikasi bernama PadTV HD.

pilih salah satu aplikasi televisi offline lalu unduh dan install pada ponsel Android Anda 1

4. Jika sudah, selanjutnya hubungkan ponsel dengan USB OTG (tipe OTG disesuaikan dengan ponsel).

selanjutnya hubungkan ponsel dengan USB OTG

5. Setelah itu hubungkan TV Tuner Digital ke port USB OTG.

Setelah itu hubungkan TV Tuner Digital ke port USB OTG

6. Berikutnya hubungkan kabel antena ke port input antena TV Tuner Digital.

Berikutnya hubungkan kabel antena ke port input antena TV Tuner Digital

7. Setelah semua terhubung kemudian buka aplikasi PadTV HD.

Setelah semua terhubung kemudian buka aplikasi PadTV HD

8. Berikutnya pilih negara Indonesia.

Berikutnya pilih negara Indonesia

9. Lalu pilih Scan.

Lalu pilih Scan

10. Tunggu beberapa saat hingga proses scan selesai, maka akan secara otomatis saluran digital akan tersimpan di perangkat.

Tunggu beberapa saat hingga proses scan selesai maka akan secara otomatis saluran digital akan tersimpan di perangkat

11. Jika proses scan selesai untuk nonton saluran digital yang telah terscan, klik opsi Watch Now.

Jika proses scan selesai untuk nonton saluran digital yang telah terscan klik opsi Watch Now

12. Maka akan muncul berbagai channel TV digital.

Maka akan muncul berbagai channel TV digital

13. Terakhir klik salah satu channel digital yang ingin ditonton.

Terakhir klik salah satu channel digital yang ingin ditonton

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara nonton TV digital lewat HP tanpa paket data internet yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta dapat menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.