Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

15 Cara Nonton Viu di TV : Android TV, Smart TV & TV Biasa

3 min read

Cara Nonton Viu di TV

Cara Nonton Viu di TV – Viu adalah layanan video over the top yang dioperasikan oleh PCCW Media dan merupakan layanan streaming video online yang menghadirkan berbagai macam konten hiburan on demand secara berlangganan. Dengan Viu, para pelanggan akan mendapatkan pengalaman nonton film dengan sangat mudah dan praktis.

Selain itu para pelanggan juga diberikan kebebasan dalam berlangganan karena Viu dapat diakses kapanpun serta dimanapun sesuai dengan keinginan pelanggan. Selain di Indonesia, Viu telah hadir atau dapat diakses diberbagai negara, seperti Malaysia, Hongkong, Filiphina, India, Singapura, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Bahrain, Mesir, Jordan dan Qatar. Di Indonesia sendiri Viu ada atau diluncurkan pada tanggal 26 Mei 2016.

Dengan Viu para pelanggan dapat melakukan streaming ribuan tontonan dari berbagai penjuru Asia hingga ke negara India, jadi tidak hanya film-film layar lebar dari Hollywood saja yang dihadirkan oleh Viu. Selain itu Viu juga menghadirkan film dan drama Korea (K Drama), Jepang (J Drama), Taiwan, India (Bollywood), Hongkong serta berbagai film dan serial dari televisi Indonesia. Kemudian menggunakan Viu, para pelanggan juga bisa nonton berbagai pilihan streaming KShow terbaru di Viu Korean Drama serta bebas nonton berbagai pilihan streaming sesuai dengan variasi genre mulai dari Romance, Thriller dan horror, drama, komedi dan lain sebagainya disertai dengan pilihan subtitle bahasa Indonesia yang tersedia.

Untuk menikmati berbagai konten menarik Viu, bisa dengan cara memasang aplikasi Viu di smartphone atau bisa juga memalui televisi. Lalu bagaimana cara nya? Nah pada kesempatan kali ini teknisitv akan membagikan informasi atau tutorialnya terkait hal tersebut, yaitu cara nonton Viu di TV. Jadi buat yang penasaran atau sedang mencari informasi mengenai cara nonton Viu di televisi, simak ulasan dari teknisitv tentang cara nonton Viu di TV berikut ini.

Cara Nonton Viu di TV

Cara nonton Viu di televisi sebenarnya sangatlah gampang, tergantung dari perangkat televisi yang digunakan. Jadi dengan kata lain untuk cara nonton Viu di televisi terlebih dahulu harus melihat spesifikasi perangkat televisinya, apakah itu jenis Android TV, Smart TV atau TV LCD/LED biasa. Untuk jenis Android TV dan Smart TV terkait dengan cara nonton Viu-nya cenderung lebih mudah karena hanya tinggal mendownload aplikasi Viu di Play Store, namun untuk jenis TV biasa atau belum memiliki fitur yang ada di Smart TV akan memerlukan perangkat tambahan seperti dongle wifi yang nantinya akan digunakan untuk menyambungkan televisi dengan smartphone memakai kabel HDMI ataupun USB (Untuk lebih jelas mengenai CARA MENYAMBUNGKAN HP KE TV bisa disimak pada artikel sebelumnya dari teknisitv). Selain dongle wifi, perangkat tambahan lain yang bisa digunakan yaitu STB dimana nantinya perangkat TV dipakai akan dapat berfungsi layaknya Smart TV. Untuk lebih jelasnya mengenai cara nonton Viu di televisi, simak penjelasn atau tutorial langkah-langkahnya sesuai dengan perangkat yang dipakai dibawah ini :

1. Cara Nonton Viu di Android TV

Untuk perangkat televis jenis Android TV, berikut cara atau langkah-langkah nonton Viu di televisi :

  1. Pertama sambungkan perangkat Android TV dengan internet atau Wifi
  2. Kemudian unduh dan install aplikasi Viu di Play Store
  3. Selanjutnya buka aplikasi Viu di perangkat Android TV
  4. Setelah itu pilih video atau film yang ingin di tonton

2. Cara Nonton Viu di Smart TV

Kemudian untuk perangkat Smart TV, cara nonton Viu di televisi adalaj sebagai berikut :

  1. Pertama download dan install aplikasi Viu di smartphone
  2. Kemudian pada smartphone, buka menu WiFi lalu pilih nama perangkat Smart TV untuk mirroring atau memasang aplikasi Viu di TV
  3. Selanjutnya buka menu Smart View atau Mirroring atau Cast di Smartphone lalu mulai pasang aplikasi Viu di Smart TV
  4. Setelah tampilan layar smartphone diproyeksikan atau tampil dilayar Smart TV, maka selanjutnya buka aplikasi Viu
  5. Setelah itu tinggal pilih film atau video yang ingin ditonton

3. Cara Nonton Viu di TV LCD/LED Biasa (Non Smart TV)

Bagi pengguna televisi LCD/LED biasa atau belum memiliki fitur mirroring seperti Smart TV, terkait cara nonton Viu di televisi yaitu memakai bantuan perangkat bernama Dongle WiFi atau STB. Adapun cara atau langkah-langkahnya nonton Viu di LCD/LED yaitu sebagai berikut :

  1. Pertama download dan install aplikasi Viu di perangat smartphone
  2. Kemudian pasang STB atau Dongle WiFi ke port/konektor HDMI dan USB di perangkat televisi
  3. Selanjutnya buka menu WiFi di smartphone lalu pilih nama WiFi dari STB atau Dongle untuk keperluan mirroring
  4. Setelah itu buka menu Smart View atau Mirroring atau Cast di smartphone dan mulai sambung/pasangkan perangkat televisi dengan Viu
  5. Kemudian setelah tampilan layar smartphone diproyeksikan di layar televisi, maka selanjutnya buka aplikasi Viu
  6. Terakhir tinggal pilih drama, film atai video yang ingin ditonton di TV

Nah itu dia cara pasang sekaligus nonton Viu di perangkat TV, cukup mudah dan gampang untuk dipraktekan.

Kelebihan Viu Untuk Menonton Film

Berikut beberapa kelebihan ataupun keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan Viu untuk nonton film atau drama favorit :

1. Viu Menawarkan Banyak Konten

Kelebihan pertama dari Viu adalah bisa nonton serta menikmati bermacam-macam konten dan juga nonton film Asia terbaru juga terpopuler.

2. Bisa Nonton Konten Video Via Offline

Menggunakan Viu, kita bisa nonton konten video maupun film secara offline, yaitu dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu konten film atau drama tersebut. Dimana jika nonton secara offline pemutaran film akan lebih stabil dan terhindar dari namanya macet.

3. Murah Terkait Denagan Biaya Berlangganan

Meskipun ada beberapa drama serta film yang dapat dinikmati secara gratis, tetapi ada pula beberapa film/drama yang hanya dapat diakses dengan cara berlangganan. Dan keuntungannya untuk berlangganan di Viu, biaya yang dikeluarkan relatif terjangkau alias murah yaitu hanya Rp 30 ribuan saja.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara nonton Viu di TV yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.