Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Paralel TV Kabel

2 min read

Cara Paralel TV kabel

Cara Paralel TV Kabel – Dalam kegiatan menonton televisi dirumah, tentunya setiap anggota keluarga memiliki acara favorit masing-masing. Mungkin jika waktu tayangnya tidak bersamaan tidaklah menjadi masalah, namun yang bisa menjadi permasalahan jika jam tayang dari acara favorit masing-masing anggota keluarga sama, pastinya akan terjadi perebutan bukan.

Jika hal tersebut terjadi, solusi terbaiknya adalah dengan menambah receiver dan juga perangkat televisi sehingga tidak terjadi perebutan lagi. Lalu bagaimana cara nya jika ingin memasang 2 buah receiver sekaligus sehingga jika ada anggota keluarga yang ingin menonton acara berbeda, kedua receiver tersebut bisa difungsikan.

Jadi paralel yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah paralel aktif, artinya masimg-masing televisi ataupun receiver dapat menayangkan saluran yang berbeda antara satu dan yang lainya. Dengan demikian tentu saja membutuhkan tambahan receiver sesuai dengan televisi yang ditambahkan.

Secara garis besar sebenarnya ada dua macam cara paralel TV kabel yang bisa dilakukan. Untuk itu sesuai dengan judul artikel diatas, di kesempatan kali ini teknisitv akan membahasnya untuk anda mengenai cara paralel tersebut, tepatnya yakni cara paralel TV kabel. Jadi bagi yang sedang mencari informasi atau ingin mengetahui cara paralel TV kabel, bisa simak ulasan lengkapnya dari teknisitv berikut ini.

Cara Paralel TV kabel

Cara Paralel TV kabel.

Sedikit telah disinggung diatas bahwa untuk cara paralel TV kabel, secara garis besar terdapat dua macam cara, pertama yaitu mengganti LNB dengan LNB dual out dan cara paralel yang kedua yaitu dengan menambahkan Splitter. Berikut penjelasan kedua cara paralel tersebut :

1. Cara Paralel TV Kabel Memakai Splitter

Splitter

Cara paralel menggunakan Splitter ini bisa dibilang merupakan cara termudah untuk diaplikasikan pada pemasangan instalasi TV kabel dalam satu rumah. Karena memakai cara ini hanya perlu menambahkan alat bernama Splitter dan Konektor serta kabel Coaxial (panjang kabel menyesuaikan letak televisi).

Pada Splitter terdapat dua line yang digunakan untuk menghubungkan kabel coaxial dari LNB ke receiver, line terdebut yaitu line input (1 line) dan line output (2 line). Splitter hanya membagi 2 sinyal yang diterima dari LNB baik itu Ku Band ataupun C Band tanpa adanya penyesuaian atau penguatan tegangan outputnya. Jadi disarankan tidak menggunakan kabel yang terlalu panjang, sebab jika kabel terlalu panjang akan mengakibatkan fungsi dari Splitter jadi berkurang. Idealnya kabel yang digunakan memiliki panjang kurang dari 10 meter, sehingga instalasi TV kabel yang memakai Splitter masih bisa berfungsi dengan baik. Berikut cara atau langkah-langkah pemasangan Splitter :

  • Pertama hubungkan kabel coaxial dari LNB ke Line In Splitter
  • Kemudian hubungkan juga kabel coaxial dari Line Out Splitter ke masing-masing receiver
  • Cara paralel memakai Splitter selesai, silahkan nyalakan TV dan receiver laluselamat menonton acara favorit anda.

Splitter bisa didapatkan ditoko-toko elektronik terdekat di kota anda, atau di Online shop dengan harga berkisar antara 20-30 ribuan. Satu hal yang perlu diketahui pada penggunaan Splitter untuk paralel, perangkat televisi kedua hanya dapat menyaksikan siaran dalam polarisasi yang sama dengan televisi pertama.

2. Cara Paralel TV Kabel Menggunakan LNB Dual Out

LNB Dual Out

Cara paralel memakai LNB Dual Out lebih dianjurkan atau disarankan dibandingkan dengan menggunakan cara pertama yakni memakai Splitter. LNB Dual Out merupakan LNB yang memiliki dual (2) output murni (bukan LNB dual polarisasi), dimana pada setiap outpunya memiliki polaritas vertikal dan horizontal sendiri. Jadi tidak akan saling tarik menarik antar dekoder.

Jadi cara paralel dengan menggunakan LNB dual output, masing masing dekoder akan langsung menerima sinyal dari output LNB. Jika pemakaian LNB lebih dari satu (2-4 LNB), silahkan kombinasikan dengan diseq 1.0 pada masing-masing dekoder.

LNB dual out ini bisa didapatkan ditoko-toko parabola dikota anda, ataupun di Online shop dengan harga sekitar 75 ribuan untuk Ku Band, 150 ribuan untuk C Band dan S Band.

Nah itu dia dua cara paralel TV kabel, memakai Splitter dan LNB Dual Out. Silahkan pilih cara yang sesuai dan menurut anda paling bagus serta gampang untuk dilakukan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara paralel TV kabel yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa dijadikan sebagai bahan reverensi buat yang akan melakukan paralen pada instalasi TV kabelnya. Kemudian semoga bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kerusakan TV LED LG Layar Gelap

Budi
3 min read

Mixer Audio Terbaik

Budi
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *