Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Pasang Booster TV

2 min read

CARA PASANG BOOSTER TV

Cara Pasang Booster TV – Televisi, sekarang ini hampir setiap rumah sudah memiliki barang elektronik yang satu ini. Permasalahan tentang televisi tentu saja banyak dialami oleh para pengguna, seperti hilangnya saluran atau gambar yang kurang jernih dan masih banyak lagi permasalahan lainnya.

Tetapi sebenarnya permasalahan seperti ini bisa teratasi kalau kita mempunyai keahlian dalam bidang elektronika, sebab permasalahan seperti ini tergolong mudah untuk diatasi. Namun sebelum memperbaikinya, terlebih dahulu harus tahu apa penyebab televisi menjadi bermasalah, terutama pada saluran yang gambarnya kurang jernih.

Ada beberapa faktor yang memungkinkan televisi gambarnya kurang jernih, salah satunya yakni karena kurangnya sinyal yang ditangkap oleh antena televisi. Biasanya ini terjadi pada lokasi atau daerah yang jauh dari stasiun pemancar televisi, seperti di pelosok pedesaan yang sinyal dari pemancar terhalang oleh pegunungan. Hal seperti ini bisa diatasi dengan cara memasang Booster televisi.

Seperti yang kita ketahui BOOSTER TV merupakan rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai penguat sinyal. Jadi pancaran sinyal akan dikuatkan agar dapat tertangkap oleh antena televisi. Alat ini sangat bagus digunakan dalam kondisi susah sinyal, sebab akan memperbaiki kualitas siaran dari stasiun televisi.

Cara Pasang Booster TV

Komponen Pada Booster Televisi

Komponen Pada Booster Televisi

Umumnya Booster televisi terdiri dari dua bagian yakni bagian Booster atas (outdoor) dan Booster bawah (indoor). Didalam Booster terdapat trafo kecil yang fungsinya sebagai power supply. Terdapat dua terminal input dari antena pada Booster, yaitu input untuk antena VHF dan input untuk antena UHF.

Pemancar televisi sekarang ini rata rata menggunakan sinyal analog (UHF), jadi yang digunakan hanya terminal untuk UHF saja sebagai input antena sedangkan untuk output bagian Booster disambungkan dengan kabel antena ke arah catu daya Booster indoor lalu disambungkan pada terminal catu daya Booster yang ada tulisan to Booster.

Pada catu daya memiliki dua terminal, yakni To Booster yang disambungkan kebagian Booster dan To TV yang disambungkan ke Televisi. Jika pada posisi Booster di taruh didalam rumah sinyal yang diterima dan gambar sudah jernih, pemasangan Booster bisa didalam rumah rumah saja. sebab jika ditaruh diluar dikhawatirkan cepat mengalami kerusakan akibat cuaca yang tidak menentu. Namun jika didalam rumah kualitas gambar masih jelek, Booster bisa ditaruh diluar sekitar satu sampai satu setengah meter dibawah antena.

Kemudian jika ingin membuat paralel antena, paralel bisa diambil dari terminal To TV pada catu daya Booster atau bisa juga diambil dari terminal To Booster pada catu daya dengan memasang kondensor keramik. Dimana besaran nilainya harus sama seperti yang ada didalam catu daya pada ujung kabel antena sebelum ke televisi.

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster 1

Gambar diagram diatas merupakan diagram cara pemasangan Booster antena televisi.

Berikut ini merupakan langkah langkah pemasangan kabel antena TV ke Booster :

  • Pertama persiapkan bahan yang diperlukan, yaitu Booster TV, kabel yang sesuai serta dalam kondisi baik, dan juga panduan singkat pemasangan dari produk Booster yang akan dipasang.
  • Selanjutnya perhatikan port Booster, ada dua jalur yang harus dipasangkan. Periksa apakah kabel tersedia dan sesuai dengan ukuran yang disediakan.
  • Kemudian pasang jalur kabel pertama yang mengarahkan antena ke port TV lalu lanjutkan dengan memasang jalur kabel antena televisi menuju Booster
  • Terdapat tiga jalur tambahan dari antena menuju Booster, yaitu bagian antena UHF dan antena VHF serta bagian bawah. Pasang kabel sesuai tempat yang telah disediakan pada Booster.
  • Jika semua kabel telah terpasang dengan sempurna, berarti penyambungan port Booster telah selesai. Sebelum digunakan periksa sekali lagi apakah pemasangan kabel sudah benar.

Akhir Kata

Demikian artikel singkat mengenai cara pasang Booster TV yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga bisa dijadikan sebagai referensi bagi yang sedang kebingungan mengenai cara pemasangan Booster.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *