Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Pasang Bracket TV

2 min read

Cara Pasang Bracket TV

Cara Pasang Bracket TV – Dengan model televisi keluaran baru sekarang ini memiliki tampilan fisik lebih tipis, menempatkan atau memajang TV tidak hanya di meja atau bufet saja. Sekarang memajang TV bisa dengan cara menempelkannya pada dinding dengan menggunaka bracket.

Memajang TV dengan menempelkannya pada dinding akan menghemat tempat, jadi sangat cocok di terapkan pada kondisi ruangan yang kecil. Untuk cara pasang bracket sendiri tidaklah susah, sebab tinggal mengikuti buku panduan yang didapat pada setiap pembelian bracket TV.

Ada beberapa tipe dari bracket, seperti tipe silinder, tipe strip. Begitu juga dengan suspensinya, ada jenis statis ada pula fleksibel. Tinggal pilih sesuai dengan keinginan anda, perlu diingat masing – masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Sesuai judul artikel diatas, kali ini teknisitv akan memberikan sedikit informasi tentang cara pemasangan bracket tersebut. Tepatnya yaitu cara pasang bracket TV, jadi buat yang sedang mencari informasi tentang hal tersebut, bisa simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Memasang Bracket TV

Memasang Bracket TV

Sebenarnya cara pasang bracket TV pada dinding adalah pekerjaan mudah dan bisa dilakukan siapa saja, asalkan mengikuti instruksi yang ada pada buku manual (panduan). Berikut panduan dasar dan singkat pasang bracket TV :

1. Peralatan Pemasangan

Untuk cara pasang bracket, siapkan alat – alat seperti dibawah ini :

  • Alat ukur atau meteran
  • Obeng
  • Kunci inggris
  • Bor listrik
  • Palu
  • Pensil

2. Keamanan

Memastikan keamanan dengan cara memeriksa dinding yang akan di bor atau dipasang bracket, tidak ada kabel listrik maupun besi beton yang tertanam di dinding.

Kemudian cara pasang bracket untuk dinding yang terbuat dari papan gypsum. Pastikan dibelakang gypsum terdapat penyangga kayu pada titik yang akan di bor, supaya kuat dan bisa menahan berat TV.

3. Tahap Pemasangan

Cara pasang bracket terdpat 2 tahap dasar pekerjaan, yaitu :

  • Pertama memasang piringan (wall plate) yang menempel pada dinding.
  • Kedua, memasang 2 buah tiang bracket pada lubang belakang TV, supaya bisa di sangga oleh piringan bracket.

Langkah – Langkah Pemasangan Bracket TV

Langkah Langkah Pemasangan Bracket TV

Setelah mengerti panduan pemasangan serta peralatan cara pasang bracket telah disiapkan, selanjutnya proses pasang bracket bisa dilakukan. Berikut ini langkah – langkah cara pasang bracket yang benar :

1. Pilih letak posisi dimana TV akan dipasang

Pilih letak posisi dimana TV akan dipasang

2. Kemudian ukur ketinggian TV dari permukaan lantai, tinggi TV harus membuat nyaman pengguna ketika menonton TV.

3. Selanjutnya setelah mendapat posisi yang tepat, tandai dengan pensil 4 lubang pada dinding yang nantinya akan di bor. Caranya bisa menggunakan piringan bracket untuk menandai dinding yang akan dibor, agar tidak miring caranya adalah gunakan waterpass.

tandai dengan pensil

4. Berikutnya lubangi dinding dengan menggunakan bor listrik, sesuai tanda yang telah dibuat tadi.

lubangi dinding dengan menggunakan bor listrik

5. Setelah itu bracket sudah biasa dipasang. Masukan fischer kedalam dinding agar baut kuat tertahan, kemudian pasang piringan lalu kencangkan baut memakai kunci inggris.

bracket sudah bisa dipasang

6. Jika pasang piringan braket sudah selesai, selanjutnya pasang 2 tiang bracket pada TV agar bisa disangga piringan bracket. Pasang sejajar kedua tiang bracket pada lobang dibelakang TV menggunakan baut, kencangkan memakai obeng.

pasang 2 tiang bracket

7. Kemudian terakhir angkat TV dan sangkutkan pada piringan bracket yang sudah menempel di dinding, kunci baut bracket pada bagian bawah agar TV tetap aman.

pasang dan kaitkan tv pada bracket

Itu dia langkah – langkah cara pasang bracket TV yang bisa anda ikuti untuk memasang bracket TV anda.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini ukuran baut yang harus disiapkan untuk cara pasang bracket :

  • TV 14 – 22 inch : Baut dan ring kecil.
  • TV 22 – 24 inch : Baut dan ring tanggung.
  • TV 22 – 32 inch : Baut dan ring besar.
  • Baut dan fischer untuk pasang bracket ke dinding.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara pasang bracket TV yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu. serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel cara pasang bracket TV ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *