Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Pasang Parabola Nusantara HD

2 min read

Advertisements

Cara Pasang Parabola Nusantara HD – Saat ini kebanyakan orang lebih memilih menggunakan antena parabola dibandingkan dengan memakai antena UHF biasa. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan sebab menggunakan parabola akan didapat kualitas gambar jernih serta tajam, selain itu sinyalnya juga sangat luas mencakup hampir ke seluruh wilayah.

Ditambah lagi jika dengan menggunakan TV satelit atau parabola, jumlah channel atau saluran didapat akan sangat banyak hingga ratusan channel siaran. Sehingga pilihan tontonan jadi semakin beragam dari mulai hiburan, berita, olahraga dan sebagainya. Kemudian soal harga juga sekarang ini parabola juga semakin terjangkau dengan berbagai pilihan model serta ukuran (parabola besar dan parabola mini).

Kemudian soal cara pasang parabola juga tidaklah sesulit yang dibayangkan, bahkan bisa dibilang gampang bagi yang ingin memasang parabola sendiri atau jika tidak mau repot juga bisa memakai jasa teknisi pasang parabola. Lalu bagaimana cara pasang parabola, dalam hal ini adalah parabola Nusantara HD?

Advertisements

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut pada kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi hal tersebut yaitu cara pasang parabola. Jadi bagi yang sedang mencari informasi mengenai cara pasang parabola, simak ulasan lengkap dari teknisitv tentang cara pasang parabola Nusantara HD berikut ini.

Cara Pasang Parabola Nusantara HD

Sebelum masuk ke cara pasang parabolanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan parabola (dalam hal ini Nusantara HD). Sehingga nantinya setelah parabola Nusantara HD terpasang tidak meninggalkan penyesalan karena parabola yang di[asang sudah sesuai dengan kebutuhan serta tentunya keinginan. Adapun hal-hal yang perludiperhatikan dalam pemasangan parabola adalah sebagai berikut :

1. Memilih Tipe Parabola Nusantara HD

Seperti kita ketahui bersama Nusantara HD adalah jenis Hybrid, jadi bisa digunakan pada parabola besar C Band maupun Parabola mini Ku Band, sehingga pilih parabola sesuai dengan kebutuhan dan juga dengan melihat dari segala aspek, seperti misalnya lokasi, buget yang dimiliki dan lain sebagainya. Parabola sendiri terdiri dari dua jenis, yakni parabola jaring dan parabola solid. Kemudian untuk ukurannya, parabola juga terdiri dari dua tipe yakni parabola besar memakai pita frekuensi C Band dan parabola mini dengan pita frekuensi Ku Band.

Parabola besar memiliki daya tahan sangat baik terhadap gangguan cuaca, sehingga sinyalnya tetap stabil meski cuaca sedang mendung maupun hujan. Hal ini berbanding terbalik dengan parabola mini Ku Band, dimana sinyalnya terkadang hilang jika kondisi cuaca mendung maupun hujan. Namun untuk urusan lokasi/tempat pemasangan, parabola mini terbilang simpel dan tidak memakan banyak tempat karena ukurannya yang kecil. Berbeda dengan parabola besar C Band yang membutuhkan tempat luas untuk pemasangannya.

2. Menyiapkan Alat Pasang Parabola

Setelah memilih dan membeli parabola Nusantara HD, selanjutnya adalah menyiapkan peralatan pasang parabolanya, sehingga nantinya proses pasang parabola Nusantara HD bisa lancar serta cepat. Adapun peralatan yang perlu disiapkan diantaranya adalah :

  • Kunci pas 10, 17 dan 19
  • Obeng plus
  • Gunting
  • Solatip
  • Bor, paku dan palu
  • Aplikasi Satfinder
  • Satu paket perangkat parabola Nusantara HD

3. Memasang Parabola Nusantara HD

Setelah semua peralatan serta perlengkapan pemasangan parabola Nusantara HD siap, langkah selanjutnya yakni masuk ke tahap cara pasang parabola Nusantara HD. Adapun cara atau langkah-langkah cara pasang parabola Nusantara HD yaitu sebagai berikut :

1. Memilih Lokasi Pemasangan

Pilih lokasi pemasangan parabola yang benar, pasang parabola ditempat yang jauh dari kabel maupun sumber listrik serta bebas dari penghalang sinyal seperti pohon atau bangunan.

2. Memasang Tiang dan Dish Parabola

Kemudian setelah tiang penyangga terpasang, selanjutnya adalah pasang dish parabola pada dudukan tiang penyangga.

3. Kencangkan Baut Parabola

Selanjutnya kencangkan kencangkan semua baut penahan tiang penyangga supaya posisi dish parabola tidak berubah-ubah.

4. Memasang LNB dan Konektor Parabola

Langkah selanjutnya yakni memasang LNB pada dudukannya, lalu pasang kabel penghubung/konektor dari LNB ke receiver, pastikan terpasang dengan benar.

5. Setting Receiver

Kemudian setelah LNB serta kabel konektornya terpasang, hubungkan/colokan kabel konektor tersebut ke receiver untuk langkah selanjutnya yaitu setting receiver Nusantara HD sesuai dengan sateli dituju. Untuk parabola C Band satelit yang dituju yakni Telkom 4 dan Ku Band yaitu satelit Measat 3b. Sebagai contoh disini satelit dituju adalah Measat 3b, maka pada menu receiver cari satelit measat 3b dan jika ternyata belum ada maka tambahkan satelit measat 3b dengan frekuensi LNB universal yakni 9750-10600, lalu buat TP baru memakai frekuensi Transvision Nusantara HD yaitu 12643 H 30000, posisikan receiver Nusantara HD di frekuensi tersebut.

6. Tracking Satelit

Jika setting receiver telah dilakukan selanjutnya ke proses tracking satelit, pertama yaitu mengarahkan dish parabola ke koordinat satelit Measat 3b. Untuk mengetahui posisi yang pas bisa dengan menggunakan bantuan aplikasi satfinder.

Berikut langkah atau cara tracking satelitnya :

Pada posisi tegak, gerakan atau turunkan dish parabola perlahan sambil memperhatikan monitor TV hingga terlihat/muncul sinyal, kemudian setelah sinyal didapat, gerakan dish dan putar LNB sedikit demi sedikit hingga mendapatkan sinyal maksimal. Selanjutnya setelah sinyal maksimal didapat, kencangkan baut agar posisi tidak berubah dan trackingpun selesai.

Akhir Kata

Nah itu dia ulasan tentang cara pasang parabola Nusantara HD yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Setting Parabola Tanaka

Budi
2 min read

Cara Beralih ke TV Digital

Budi
3 min read

Cara Memasang Parabola Matrix

Budi
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *