Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Pasang Set Top Box Pada TV Analog

1 min read

Cara Pasang Set Top Box Pada TV Analog

Cara Pasang Set Top Box Pada TV Analog – Program perpindahan atau migrasi dari siaran analog ke siaran digital di Indonesia direncanakan akan selesai di tahun 2022 mendatang. Bagi para pengguna TV biasa atau analog, agar dapat menikmati siaran TV digital harus melakukan CARA MENDAPATKAN SIARAN TV DIGITAL DENGAN ANTENA BIASA dengan cara menggunakan perangkat tembahan bernama Set Top Box.

Set Top Box adalah perangkat yang digunakan untuk merubah siaran TV digital menjadi siaran analog, sehingga siaran TV digital dapat diterima pada televisi biasa atau analog. Set Top Box merupakan perangkat penting untuk kesuksesan dari program pemerintah yang akan mematikan siaran analog.

Program atau pergantian siaran analog ke siaran TV digital akan dilakukan secara bertahap, akan dimulai tanggal 17 Agustus 2021 hingga November 2022. Jadi nantinya di tahun 2022 seluruh siaran analog akan dimatikan dan berganti menjadi siaran digital.

Sesuai dengan judul artikel diatas di kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi seputar cara pemasangan Set Top Box pada TV biasa atau analog. Jadi bagi yang penasaran atau ingin mengetahui caranya, bisa simak ulasan dari teknisitv mengenai cara pasang Set Top Box pada TV analog berikut ini.

Cara Pasang Set Top Box Pada TV Analog

Cara Pasang Set Top Box Pada TV Analog.

Sedikit disinggung diatas bahwa Set Top Box adalah perangkat tambahan untuk menyaksikan siaran TV digital memakai perangkat TV biasa atau analog, siaran TV digital diklaim menawarkan gambar serta suara jauh lebih baik dari siaran analog. Lalu bagaimana cara pasang Set Top Box pada TV analog?

Setelah membeli Set Top Box disarankan untuk membaca buku petunjuk/panduan yang disertakan pada setiap pembelian perangkat Set Top Box, hal tersebut dilakukan dengan maksud agar mengetahui bagaimana cara yang benar untuk pasang atau menginstal Set Top Box tersebut. Berikut cara atau langkah-langkah pasang Set Top Box pada TV analog :

1. Sebelum ke langkap pasang Set Top Box, sebaiknya terlebih dahulu perhatikan panel dan port yang ada pada kedua perangkat (TV dan Set Top Box).

perhatikan panel dan port

2. Setelah itu pasang kabel antena ke perangkat Set Top Box.

pasang kabel antena ke perangkat Set Top Box.

3. Kemudian hubungkan Set Top Box ke TV memakai kabel AV/RCA maupun kabel HDMI.

hubungkan Set Top Box ke TV memakai kabel AVRCA maupun kabel HDMI

4. Jika semua sudah terhubung, nyalakan Set Top Box dan televisi lalu pilih mode saluran TV (AV1, AV2 atau HDMI) sesuaikan dengan jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan STB ke TV.

pilih mode saluran TV

5. Selanjutnya masuk ke Menu dan pilih opsi pencarian channel, lalu pilih pencarian otomatis.

pilih opsi pencarian channel lalu pilih pencarian otomatis

6. Maka pencarian saluran secara otomatis berjalan, tunggu beberapa saat hingga pencarian selesai.

tunggu beberapa saat hingga pencarian selesai

7. Jika pencarian selesai, channel akan secara otomatis tersimpan di perangkat dan cara pasang Set Top Box pada TV analog selesai.

pencarian selesai

9 Set Top Box Yang Mendapat Sertifikasi Dari Kominfo

9 Set Top Box Yang Mendapat Sertifikasi Dari Kominfo

Pemerintah lewat Kominfo telah mengumumkan atau merilis daftar Set Top Box yang telah disertifikasi pada situs resmi Kominfo. Berikut daftar Set Top Box yang telah disertifikasi tersebut :

SET TOP BOXHARGA
Nexmedia – NA1300/DVB-T2 MPEG 4 HDRp 235.000
Polytron – PDV 600T2Rp 391.000 – Rp 570.000
Ichiko – 8000HDRp 200.000 – Rp 257.000
Akari – ADS-2230Rp 355.000 – Rp 390.000
Akari – ADS-210Rp 400.000 – Rp 580.000
Akari – ADS-168Rp 389.000 – Rp 650.000
Venus – BrioRp 215.000 – Rp 380.000
Tanaka – T2Rp 220.000 – Rp 265.000
Matrix – AppleRp 215.000 – Rp 290.000

Nah itu dia Set Top Box yang mendapat sertifikasi Kominfo, yang bisa dijadikan pilihan atau referensi bagi anda sebelum memutuskan membeli sebuah perangkat Set Top Box.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara pasang Set Top Box yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *