Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Pasang Trafo Yoke

3 min read

Cara Pasang Trafo Yoke

Cara Pasang Trafo Yoke – Trafo Yoke adalah komponen yang terdiri dari kumparan kawat email yang dililitkan pada batang ferit sebagai intinya. Trafo yoke memiliki bentuk seperti trafo trafo regulator, hanya saja pada trafo yoke tidak memiliki bagian primer dan sekunder atau dua bagian kumparan terpisah seperti yang ada pada trafo regulator.

Komponen ini (trafo yoke) tidak dimiliki oleh setiap perangkat televisi, sebab komponen ini hanya merupakan komponen tambahan saja. Biasanya trafo yoke akan ditemukan pada televisi rakitan mesin China dengan layar monitor atau TV modifikasi.

Salah satu permasalahan yang terjadi ketika merubah atau mengganti TV asli yang mati dengan mesin TV China yaitu masalah mengenai ukuran lebar gambar yang tidak pas, baik itu terlalu besar maupun terlalu kecil. Untuk masalah perubahan ukuran lebar gambar sebenarnya bukan karena pergantian mesin TV saja, tetapi bisa juga disebabkan karena pergantian defleksi yoke yang tidak tepat (pergantian tabung crt). Hal tersebut mengakibatkan ukuran layar pada mesin TV tidak sesuai lagi dengan ukuran layar tabung crt baru.

Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakanlah atau di pasang trafo yoke, disini trafo yoke akan berfungsi mengatur lebar gambar kesamping (kanan dan kiri), perubahan ukuran layar bisa disesuaikan dengan cara merubah tap pada kaki trafo yoke. Lalu bagaimana cara menggunakan atau pasang trafo? untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahasnya untuk anda mengenai cara pasang trafo yoke. Supaya tidak penasaran serta lebih jelas lagi,tentang cara pasang trafo yoke, simak ulasan legkapnya dibawah ini.

Cara Pasang Trafo Yoke Untuk Menambah Lebar dan Mengurangi Lebar Gambar TV

Cara Pasang Trafo Yoke Untuk Menambah Lebar dan Mengurangi Lebar Gambar TV 1

Beberapa orang masih kebingungan mengenai cara pasang trafo yoke untuk mengurangi atau menambah lebar tampilan pada layar televisi, hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya informasi serta tidak ada petunjuk instalasi/pemasangan trafo yoke yang disertakan pada saat pembelian.

Untuk cara pasang trafo yang terpenting adalah mengenai cara koneksinya. Karena banyak orang sudah salah arti bahwa trafo yoke hanya bisa digunakan untuk melebarkan tampilan saja, namun yang sebenarnya bisa untuk melebarkan dan juga menyempitkan (tinggal merubah cara koneksinya saja). Nah bagaimana koneksi trafo yoke untuk melebarkan dan koneksi untuk menyempitkan tampilan? simak penjelasannya dibawah ini :

1. Cara Pasang Atau Koneksi Trafo Yoke Untuk Melebarkan

Cara pasang atau koneksi trafo yoke untuk melebarkan gambar pada layar televisi bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Pasang Atau Koneksi Trafo Yoke Untuk Melebarkan Gambar 1

Untuk koneksi pada pin 1 warna biru antara kabel dari board mesin dan yoke di crt dijadikan satu, kemudian masuk ke pin 1 trafo yoke. Letak perbedaannya adalah di pin 2 dan pin 3 trafo yoke dimana pin 2 trafo yoke konek ke kabel yoke warna merah di pcb, selanjutnya pin 3 dan stepnya konek di kabel merah di defleksi yoke crt dan kabel yang di buat step adalah kabel merah dari defleksi yoke crt

2. Cara Pasang Atau Koneksi Trafo Yoke Untuk Menyempitkan

Cara pasang atau koneksi trafo yoke untuk menyempitkan/mengurangi lebar gambar pada layar televisi bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Pasang Atau Koneksi Trafo Yoke Untuk Menyempitkan Gambar

Untuk koneksi kabel biru sama dengan gambar diatas yaitu sama konek ke pin trafo yoke, pembedanya di pin 2 dan 3 trafo yoke. Untuk menyempitkan gambar koneksikan pin 2 trafo yoke ke defleksi yoke crt, selanjutnya pin 3 dan stepnya trafo yoke konek di kabel merah di pcb. Dan kabel yang dibuat step adalah kabel merah dari pcb tv.

Kesimpulan : Perbedaan untuk melebarkan dan menyempitkan gambar terletak pada koneksi pin 2 dan 3 trafo yoke dan letak kabel yang dibuat step. Jadi diperhatikan benar-benar dalam mengkoneksikan trafo yoke, jangan sampai salah sambung, supaya dapat menghasilkan fungsi sesuai yang diinginkan, entah itu melabarkan maupun menyempitkan gambar dilayar TV.

Fungsi Trafo Yoke

Fungsi Trafo Yoke

Mungkin masih ada beberapa orang masih belum mengetahui apa sebenarnya dari Trafo Yoke, maka dari itu disini teknisitv akan memberikan informasi mengenai beberapa fungsi dari trafo yoke, diantaranya yaitu :

1. Menambah Lebar Gambar TV

Mengatasi gambar televisi yang menyempit atau kurang lebar kekanan dan kekiri, dapat diatasi dengan cara pasang atau menambah trafo yoke.

2. Mengurangi Lebar Gambar TV

Selain untuk menambah lebar gambar dilayar televisi, trafo yoke juga bisa berfungsi untuk mengurangi lebar gambar TV.

3. Penyesuai Impedansi

Mesin televisi umumnya mempunyai spesifikasi batas terendah resistensi yoke yang bisa diterapkan, misalnya saja pada mesin TV Cina dimana impedansi yoke yang direkomendasikan sebesar 1-2,2 ohm (artinya resistensi yoke minimal yang bisa dipasang hanya 1 ohm). Jika mesin dipaksa dipakai pada yoke dibawah 1 ohm, maka akan bisa merusak transistor flyback karena overload. Bahkan bisa mengakibatkan dampak yang lebih serius yaitu menyebabkan tegangan output flyback over/naik berlebihan dan berakibat merusak semua komponen yang mendapat supply dari flyback.

Kelebihan dan Kekurangan Trafo Yoke

Kelebihan dan Kekurangan Trafo Yoke

Sebagai solusi untuk mengatasi tampilan gambar televisi melebar dan menyempit, trafo yoke memiliki kelebihan dan kekurangan, Berikut kelebihan dan kekurangan trafo yoke :

1. Kelebihan Pasang Trafo Yoke

  • Menghasilkan tampilan gambar yang linier, meski sudah disempitkan/dilebarkan
  • Terdapat pilihan pin atau tap trafo, sehingga lebar gambar bisa disesuaikan
  • Mesin TV bisa pasang pada defleksi yoke resistansi rendah
  • Transistor Horizontal aman (tidak membuat overheat)

2. Kekurangan Pasang Trafo Yoke

  • Pilihan lebar gambar yang terbatas, hanya sesuai pilihan tap trafo yang tersedia
  • Adanya biaya tambahan untuk beli trafo yoke.

Nah itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan dari pasang Trafo yoke untuk melebarkan dan juga menyempitkan tampilan gambar televisi.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara pasang trafo yoke yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Paralel TV Kabel

Budi
2 min read

Transistor NPN dan PNP

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *