Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Setting Parabola Tanaka

2 min read

Cara Setting Parabola Tanaka
Advertisements

Cara Setting Parabola Tanaka – Sekarang ini guna mendapatkan berbagai informasi serta hiburan dapat dilakukan melalui berbagai macam media, salah satunya yaitu televisi. Televisi merupakan media yang banyak digunakan oleh setiap orang dari berbagai macam latar belakang. Televisi dibuat dan dibentuk sedemikian rupa agar bisa menerima sinyal untuk selanjutnya diubah dalam bentuk gambar dan suara (audio visual).

Ada berbagai sumber siaran bisa didapat atau digunakan oleh sebuah televisi, diantaranya seperti TV kabel (berbayar), home WiFi plus internet, antena UHF dan juga digital satelit receiver. Kemudian satu lagi sumber siaran yang cukup populer dikalangan masyarakat, menggunakan ini bisa mendapatkan tayangan berkualitas dari puluhan hingga ratusan channel, sumber siaran itu adalah Parabola.

Terdapat dua jenis parabola yang biasa digunakan dikalangan masyarakat, yaitu parabola besar/jaring (C Band) dan Parabola Mini (KU Band). Selain perbedaan mengenai ukuran, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing. Untuk mengetahui tentang kelebihan dan kekurangannya bisa dilihat pada artikel dari teknisitv dengan judul KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTENA PARABOLA. Saat ini sudah banyak merk parabola yang ada dipasaran, salah satunya yaitu Tanaka.

Advertisements

Bagi pengguna awal ataupun ada beberapa pengguna belum mengetahui tentang cara setting dari parabola Tanaka ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini teknisitv akan membagikan informasi mengenai hal tersebut, tepatnya yaitu cara setting parabola Tanaka. Jadi bagi yang sedang mencari atau membutuhkan informasi tentang cara setting tersebut, bisa simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Setting Parabola Tanaka

Cara Setting Parabola Tanaka.

Mengetahui atau memahami tentang cara setting parabola Tanaka cukup penting supaya bisa menikmati parabola semaksimal mungkin. Selain itu juga bisa mendapatkan tayangan dari berbagai channel yang tersedia atau telah disediakan parabola Tanaka. Sebenarnya cara setting parabola Tanaka tidak berbeda jauh dengan parabola pada umumnya, jadi informasi yang akan teknisitv bagikan ini bisa juga dipraktekan pada parabola merk lainnya. Berikut cara setting parabola Tanaka :

Cara Setting Untuk Menambah Saluran Parabola Tanaka

Cara Setting Untuk Menambah Saluran Parabola Tanaka

Biasanya pada sebuah receiver pencarian channel tersedia dua pilihan yaitu secara otomatis (scan otomatis) dan secara manual (scan manual). Berikut penjelasan masing – masingnya :

Cara Tambah Saluran Secara Otomatis (Blind scan)

1. Pertama tekan tombol menu pada remot kontrol receiver.

tekan tombol menu pada remot kontro
Advertisements

2. Kemudian geser kesamping, gunakan tombol volume sebagai navigasi memilih sub menu installation.

memilih sub menu installation.

3. Selanjutnya untuk scan otomatis, centang opsi satelit (misal satelit palapa) lalu geser untuk masuk kehalaman berikutnya menggunakan tombol volume +. Jangan lupa cek dulu nilai LNB, harus di frekuensi 5150, Dseqch 1.0 di posisi port 1 (gunakan tombol volume sebagai navigasinya), 22k diposisi off dan polaritas auto. Jika satelit telkom yang dipilih setting diseqch 1.0 dipilih port 2.

centang opsi satelit misal satelit palapa

4. Setelah itu klik tombol merah guna memulai scan otomatis. Pada proses ini mode pencarian akan ditentukan seperti FTA/CAS maka pilih FTA, channel type pilih TV + Radio dan scan mode pilih Blindscan lalu pilih search dan tekan Ok.

tombol merah guna memulai scan otomatis

Cara Tambah Saluran Secara Manual

1. Tekan tombol Menu pada remot atau tombol diunit receiver.

Tekan tombol Menu pada remot

2. Kemudian pilih Cari Siaran lalu tekan Ok.

pilih Cari Siaran lalu tekan Ok

3. Maka akan muncul pilihan Pengaturan Antena dan Kelola Database, pilih Pengaturan Antena.

Maka akan muncul pilihan Pengaturan Antena dan Kelola Database pilih Pengaturan Antena

4. Selanjutnya akan muncul daftar satelit yang terdeteksi receiver, seperti satelit palapa, satelit telkom, asiasat 3, asiasat 5 dan sebagainya.

muncul daftar satelit yang terdeteksi receiver

5. Kemudian masukan data – data channel yang akan dicari, seperti frekuensi, simbol rate, dan polaritas dengan cara tekan tombol Go To lalu klik warna hijau untuk menambahkan Transponder, klik warna biru untuk scan transponder, maka akan muncul daftar channel yang dicari paling bawah.

masukan data data channel

Cara Membuat Daftar Channel Parabola Tanaka

Cara Membuat Daftar Channel Parabola Tanaka

Setelah channel diinginkan berhasil ditambahkan, Lalu proses berikutnya adalah membuat daftar channel, jadi urutan channelnya sesuai dengan keinginan pengguna. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Tekan tombol Menu.

Tekan tombol Menu

2. Kemudian pilih Channel List.

pilih Channel List

3. Setelah itu pilih TV Channel List

pilih TV Channel List

4. Selanjutnya setting nama satelit di posisi All, dengan cara menekan tombol volume.

setting nama satelit di posisi All 1

5. Kemudian pilih channel yang akan dipindah, lalu tekan Ok untuk mencentang.

pilih channel yang akan dipindah

6. Setelah itu pilih nomor untuk channel yang akan dipindah, lalu tekan tombol kuning untuk menaruh channel pada nomor tersebut.

pilih nomor untuk channel yang akan dipindah

7. Terakhir tekan tombol Exit lalu tekan Yes untuk simpan pengaturan dan tekan Exit untuk menghilangkan tampilan menu di layar.

tekan tombol Exit lalu tekan Yes untuk simpan

Cara Setting Untuk Menambah Satelit

Cara Setting Untuk Menambah Satelit

1. Tekan tombol Menu di remot, lalu tekan Ok pada opsi Tambah Satelit.

tombol Menu di remot lalu tekan Ok pada opsi Tambah Satelit

2. Kemudian tekan Ok sekali lagi untuk memunculkan layar yang digunakan untuk merubah satelit, lalu simpan dengan cara klik tombol Menu.

tekan Ok sekali lagi untuk memunculkan layar yang digunakan untuk merubah satelit lalu simpan dengan cara klik tombol Menu.

3. Selanjutnya pilih sub menu Edit Satelit, untuk mengedit satelit yang tersedia.

pilih sub menu Edit Satelit

4. Silahkan edit satelit sesuai keinginan, bisa satelit palapa maupun telkom.

edit satelit sesuai keinginan bisa satelit palapa maupun telkom.

5. Kemudian untuk mencari satelit secara otomatis, bisa gunakan fitur Blind Scan yang ada pada menu tersebut.

mencari satelit secara otomatis

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara setting Parabola Tanaka yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *