Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

17 Cara Setting TV Digital Polytron Pasti Berhasil

2 min read

Cara Setting TV Digital Polytron

Cara Setting TV Digital Polytron – Siaran digital dikenal memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan siaran analog biasa. Siaran digital memiliki gambar yang jernih tanpa noise serta suara yang tajam dan bersih sehingga membuat aktivitas menonton televisi bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan karena siaran televisi menjadi lebih hidup.

Selain karena adanya rencana atau program Pemerintah yang akan mengganti sistem penyiaran dari analog ke digital, hal tersebut diatas juga menjadi penyebab mengapa sekarang ini para produsen televisi seperti Samsung, Sharp, LG, Polytron dan lain sebagainya memproduksi unitnya menjadi produk yang mendukung siaran digital.

Sebenarnya untuk dapat menikmati siaran TV digital, perangkat televisi yang dipakai tidaklah harus jenis TV digital. Namun jenis TV analog atau yang belum mendukung siaran digitalpun masih bisa digunakan untuk menikmati siaran TV digital, caranya yaitu dengan memanfaatkan bantuan perangkat bernama Set Top Box DVB-T2.

Tetapi buat yang berencana atau sudah membeli sebuah perangkat TV digital khususnya TV digital Polytron dan masih bingung terkait dengan cara setting serta pengoperasianya, jangan khawatir karena dikesempatan kali ini teknisitv akan membahasnya atau memberikan informasi seputar permasalahan tersebut yaitu cara setting TV digital Polytron. Jadi biar tidak penasaran, langsung saja simak unlasan dari teknisitv tentang cara setting TV digital Polytron berikut ini.

Cara Setting TV Digital Polytron

Untuk dapat menikmati siaran digital melalui TV digital Polytron, ada beberapa pengaturan atau setting yang perlu dilakukan agar semua siaran digital yang ada bisa ditangkap dan perangkat televisi beserta fitur-fiturnya bisa bekerja serta bisa dimaksimalkan fungsinya. Adapun cara setting ataupun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk dapat menikmati siaran digital pada TV digital Polytron adalah sebagai berikut :

1. Pastikan Televisi Mendukung Siaran Digital

Cara pertama yaitu dengan memastikan TV Polytron mendukung siaran TV digital, hal ini penting sebab jika perangkat TV belum mendukung mau di setting dengan cara apapun tetap tidak akan bisa menampilkan siaran digital. Sebenarnya masih bisa namun harus menambahkan perangkat STB DVB-T2 terlebih dahulu, sehingga nantinya sinyal digital bisa ditangkap dan ditampilkan dilayar televisi. Cara mengetahui televisi sudah support TV digital yaitu bisa melalui data spesifikasi produk, melalui dus kemasan ataupun buku manual.

2. Setting Pencarian Channel

Cara setting TV digital Polytron berikutnya yaitu melakukan pencarian channel atau program. Setting ini dilakukan untuk mencari siaran digital serta mengatur urutan channel pada TV digital Polytron. Cara setting ini bisa dilakukan melalui dua metode pencarian, yaitu pencarian otomatis dan manual. Cara atau langkah-langkah mencari program sebenarnya mudah dilakukan namun tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang kebingungan terkait dengan cara settingnya. Jadi buat yang masih bingung, berikut ini penjelasanya :

Pencarian Channel Otomatis

Menggunakan cara otomatis, pesawat televisi akan memindai seluruh channel yang tersedia baik itu analog maupun digital, berikut cara setting pencarian program secara otomatis :

1. Setelah memastikan perangkat antena serta televisi terpasang dan keduanya sudah terhubung dengan benar, langkah pertama yaitu nyalakan TV digital Polytron dengan cara tekan tombol Power di remote lalu pilih mode siaran TV

2. Kemudian masuk ke Pengaturan dengan cara menekan tombol Menu

3. Maka akan muncul jendela baru, pilih opsi Pengaturan Kanal

4. Setelah itu pilih mode Pencarian Otomatis, lalu atur ke DTV

5. Selanjutnya tekan tombol Ok dan masukan kode pos

6. Kemudian tekan lagi tombol Ok untuk mengkonfirmasi perintah

7, Maka proses scan otomatis berjalan

8. Tunggu beberapa saat hingga proses scanning selesai 100%

9. Semua channel digital yang terpindai akan secara otomatis tersimpan

Pencarian Channel Manual

Setting pencarian channel secara manual biasanya dilakukan ketika penambahan saluran baru atau untuk memperbarui frekuensi tanpa menghapus pengaturan sebelumnya. Adapun cara atau langkah-langkah pencarian saluran secara manual adalah sebagai berikut :

  • Pertama nyalakan TV digital Polytron
  • Kemudian tekan tombol Menu untuk masuk ke Pengaturan atau Setting televisi
  • Selanjutnya pilih Pengaturan Kanal
  • Setelah itu pilih DTV Pencarian Manual untuk mulai pencarian
  • Berikutnya akan muncul jendela baru untuk memasukan kode pos, lalu tekan Ok untuk konfirmasi
  • Kemudian masukan frekuensi channel yang ingin ditambahkan
  • Lalu tekan enter untuk konfirmasi
  • Setelah itu tinggal tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai, maka channel digital akan tersimpan.

Nah itu dia cara pengaturan TV digital Polytron, jika anda membeli jenis Smart TV bisa lebih memaksimalkan fungsi dan fitur-fiturnya dengan menghubungkanya ke jaringan WiFi. Untuk cara settingnya bisa dilihat pada artikel sebelumnya dari teknisitv dengan judul CARA MENYAMBUNGKAN WIFI KE TV POLYTRON.

Penyebab TV Polytron Tidak Bisa Menangkap Sinyal Digital

Meski perlengkapan untuk menikmati siaran TV digital sudah terpenuhi semuanya namun terkadang pesawat televisi masih tidak bisa menangkap sinyal digital, mengapa bisa begitu? Jika terjadi permasalahan seperti itu sebenarnya ada beberapa faktor penyebabnya, diantaranya seperti :

  • Lokasi wilayah belum terdapat sinyal digital
  • Posisi antena kurang tepat
  • Kerusakan pada antena
  • Pemasangan antena didalam ruangan
  • Kabel antena rusak
  • Faktor cuaca
  • Kerusakan pada Booster

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara setting TV digital Polytron yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfat dan juga membantu bagi Anda yang baru membeli sebuah perangkat TV digital Polytron dan merasa kebingungan terkait dengan cara settingnya serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.