Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Setting TV Digital

2 min read

Cara Setting TV Digital

Cara Setting TV Digital – Sekarang ini pengguna televisi banyak yang beralih dari semula menggunakan salauran televisi UHF menjadi digital. Alasannya adalah karena saluran TV digital memiliki kualitas yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan saluran TV UHF.

Tayangan yang ditampilkan TV digitalpun memiliki gambar jernih serta suara jelas dan tajam, sehingga kegiatan menonton TV akan semakin menyenangkan sebab tayangan TV menjadi lebih hidup. Sekaligus akan membuat betah dan berlama lama dalam kegiatan menonton TV bersama keluarga tercinta.

Produk TV sekarang ini semisal TV LED sudah mendukung siaran TV pada saluran digital. Untuk TV yang belum mendukung saluran digital, bisa menggunakan bantuan alat berupa perangkat yang dapat menangkap sinyal digital yaitu DVB T2. Perangkat tersebut berfungsi untuk meningkatkan kemampuan televisi biasa agar bisa menangkap siaran digital.

Setelah membeli TV Digital ataupun perangkat DVB T2, sebelum bisa digunakan tentunnya perlu dilakukan setting (mencari salura digital) terlebih dahulu. Untuk itu dikesempatan kali ini teknisitv akan membagikanya untuk anda tentang hal tersebut, yaitu cara setting TV Digital. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Setting TV Digital

Cara Setting TV Digital.

Ada dua cara untuk mendapatkan siaran TV digital, yaitu menggunakan parabola digital dan berlangganan TV kabel. Siaran TV digital yang dipancarkan lewat kabel sistem penyiarannya dinamakan Digital Video Broadcasting Cable (DVB C), sedangkan yang dipancarkan melalui satelit dinamakan Digital Video Broadcasting Sattelite). Untuk siaran TV Digital lewat darat atau tanpa parabola dinamakan Digital Video Broadcasting Terrestrial (DVB T). Di Indonesia sendiri memakai standar DVB T generasi ke dua (DVB T2).

Siaran digital lewat darat yang dimaksud disini adalah stasiun TV memancarkan sinyal digital melalui pemancar atau relay pemancar diterima antena UHF maupun VHF (gratis) tanpa harus membeli parabola. Berikut langkah – langkah atau cara setting TV digital :

1. Pastikan Televisi Mendukung Saluran Digital

Pastikan Televisi Mendukung Saluran Digital

Pertama pastikan terlebih dulu bahwa TV mendukung tayangan digital, sebab jika tidak mendukung TV tidak akan bisa menangkap sinyal digital. Agar TV bisa menangkap sinyal digital bisa dengan cara menambahkan perangkat DVB T2. Untuk memastikan apakah TV mendukung siaran digital, caranya bisa dilihat spesifikasi dari produk tersebut.

2. Masuk ke Menu Pengaturan Pada Televisi

Masuk ke Menu Pengaturan Pada Televisi

Agar dapat melakukan proses setting pencarian sinyal TV digital, pertama masuk ke menu Pengaturan pada TV. Caranya yaitu dengan menekan tombol Setting pada remot TV. Selanjutnya arahkan ke submenu dengan nama Program, selanjutnya pilihlah metode pencarian yang diinginkan bisa dengan cara otomatis maupun dengan cara manual.

3. Lakukan Pencarian Sinyal Televisi Digital

Lakukan Pencarian Sinyal Televisi Digital 1

Metode cara setting pencarian bisa dilakukan dengan cara otomatis maupun dengan cara manual, pilihlah sesuai keinginan. Misal metode cara pencarian secara otomatis yang dipilih, setelah menu program dipilih selanjutnya pilih opsi auto tunning. Kemudian jika menggunakan antena sebagai penangkap sinyal, pilihlah opsi Antenna sedangkan jika memakai DVB T2 pilih opsi Cable. Setelah itu pilih Start untuk memulai pencarian sinyal secara otomatis.

4. Tunggu Televisi Mendapatkan Siaran

Tunggu Televisi Mendapatkan Siaran

Beri tanda centang pada menu Digital Only Tunning jika hanya akan mencari sinyal TV digital saja. Tunggu beberapa saat hingga proses setting pencarian selesai dan sinyal ditangkap antena. Siaran TV yang berhasil ditangkap akan ditampilkan pada layar TV, simbol DTV menandakan banyaknya jumlah siaran digital yang dapat ditangkap televisi.

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Gagal Menangkap Siaran Digital

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Gagal Menangkap Siaran Digital

Terkadang proses setting pencarian sinyal digital gagal, sehingga televisi tidak bisa memperoleh siaran TV digital, penyebabnya antara lain adalah sebagai berikut :

  • Antena rusak.
  • Posisi antena tidak tepat.
  • Pemasangan antena didalam ruangan.
  • Lokasi tidak dapan dijangkau oleh sinyal.
  • Cuaca buruk.
  • Kabel antena rusak.
  • Booster rusak.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara setting TV digital yang dapat teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu. Serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *