Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Update Firmware TV LG

1 min read

Cara Update Firmware TV LG
Advertisements

Cara Update Firmware TV LG – Jika akan melakukan proses update firmware atau mengatur ulang televisi tentunya akan dibutuhkan firmware terbaru agar bisa melakukan proses tersebut. Firmware untuk setiap tipe televisi berbeda beda, jadi diperlukan kehati hatian dalam melakukan proses flashing TV.

Jadi jangan sampai salah mendownload file firmware, karena akan berakibat gagalnya proses flashing. Untuk download firmware TV LG anda bisa dapatkan di artikel teknisitv yang telah publish yaitu DOWNLOAD FIRMWARE TV LED LCD.

Firmware dibutuhkan pada saat melakukan update firmware menggunakan flashdisk atau melalui fitur update yang ada di menu pengaturan televisi. Selain itu flashing atau update firmware dilakukan karena ada permasalahan atau kerusakan pada bagian software televisi.

Advertisements

Televisi keluaran terbaru sekarang ini dilengkapi dengan data data yang tersimpan pada memori mainboard dan juga ram, yang tidak menutup kemungkinan data tersebut bisa saja korup atau rusak. Hal ini akan menyebabkan televisi mengalami permasalahan seperti rusak standby, lampu indikator kedip kedip dan lain sebagainya.

Cara Update Firmware TV LG

Dimana untuk mengatasi masalah tersebut haruslah dilakukan flashing pada televisi. Cara melakukan flashing firmware pada TV LG sangat mudah untuk dilakukan, namun perlu dibutuhkan kehati hatian untuk melakukannya.

Tetapi tidak menutup kemungkinan masih ada yang kebingungan untuk melakukan proses flash tersebut. Dengan melihat tersebut, maka kali ini teknisitv akan membagikan tutorial tentang cara update firmware TV LG. Jadi bagi yang masih merasa kebingungan, bisa simak artikel ini.

Pentingnya Update Firmware TV LG

Pentingnya Update Firmware TV LG

Semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, semua merk televisi khususnya jenis LCD maupun LED sudah dilengkapi dengan fitur update sistem (firmware). Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari sebuah perangkat televisi, termasuk TV LG.

Disamping untuk meningkatkan performa ataupun kinerja dari sebuah televisi, firmware juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki permasalahan atau kerusakan pada televisi. Kerusakan yang dimaksud adalah kerusakan yang terjadi pada bagian software, contohnya seperti TV LG gambar blank hitam dan tidak ada suara.

Langkah Langkah Update Firmware TV LG

Langkah Langkah Update Firmware TV LG

Untuk melakukan update firmware terlebih dahulu siapkan file firmware terbaru dan juga flashdisk yang akan digunakan untuk proses flashing. Berikut ini langkah langkahnya :

  1. Yang pertama download file firmware terbaru, tentunya yang sesuai dengan tipe TV LG yang akan di update.
  2. Kemudian pindahkan file firmware ke flashdisk lalu ekstrak dan simpan diluar folder.
  3. Setelah itu matikan televisi dan cabut colokan dari sumber listrik terlebih dahulu, lalu masukan flashdisk ke port USB yang ada pada televisi.
  4. Selanjutnya tekan dan tahan tombol power televisi sambil mencolokan kabel televisi ke sumber listrik.
  5. Tombol power jangan dilepas sampai televisi menyala dan proses update berjalan.
  6. Tunggu beberapa menit hingga proses update selesai.
  7. Jangan mematikan televisi atau mencabut colokan tv saat proses update berlangsung.
  8. Kemudian setelah proses selesai, cabut colokan kabel televisi lalu pasang kembali.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara update firmware yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *