Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Update Firmware TV Sharp

2 min read

Cara Update Firmware TV Sharp

Cara Update Firmware TV Sharp – Terdapat bermacam macam permasalahan atau kerusakan yang terjadi pada sebuah perangkat televisi. Secara umum kerusakan televisi terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerusakan pada bagian Hardware dan kerusakan pada bagian Software. Berbicara mengenai kerusakan pada bagian software (perangkat lunak), tidak jarang televisi yang mengalami kerusakan tersebut. Untuk mengatasinya yang harus dilakukan yaitu mengeflash (update firmware) perangkat televisai tersebut.

Update firmware adalah suatu kegiatan untuk memperbarui sistem yang sudah ditanam pada IC Memori sebuah perangkat televisi. Permasalahan seperti ini sering terjadi pada televisi jenis LED, seperti TV LED Sharp Aquos, LG, Samsung, Polytron, Panasonic dan lainnya.

Untuk melakukan update firmware atau flashing firmware terlebih dahulu harus mempunyai firmware, yang tentunya sesuai atau cocok dengan tipe televisi yang akan diupdate. Sebab jika tidak sesuai bisa dipastikan proses flashing tidak akan berhasil. Tidak jarang kasus gagal update firmware dikarenakan salah dalam mengunduh file updatenya. Jadi disarankan untuk lebih teliti dalam mengunduh file firmware, sebab walaupun sama merk televisinya tetapi memiliki tipe yang berbeda proses flashing tetap tidak akan berhasil.

Firmware bisa didapatkan dengan cara mengunduhnya diberbagai situs yang menyediakan berbagai macam firmware update TV. Atau jika anda membutuhkan firmware TV Sharp, anda bisa membaca atau berkunjung di artikel teknisitv yang berjudul KUMPULAN FIRMWARE TV SHARP. Di artikel tersebut telah disediakan firmware dari berbagai tipe TV Sharp, jadi anda bisa mengunduhnya secara gratis disana.

Cara Update Firmware TV Sharp

Flashing Firmware TV Sharp

Flashing Firmware TV Sharp

Untuk melakukan flash TV LED dan LCD ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yang pertama menggunakan alat flash khusus untuk TV LED dan LCD yang berbentuk mirip seperti USB tetapi sudah diisi file firmware untuk update. Kemudian yang kedua menggunakan cara manual, yakni memakai flashdisk ataupun cardreader yang diisi file firmware.

Dibawah ini merupakan tutorial atau langkah langkah flashsing menggunakan flasdisk atau cardreader. Jadi jika ingin melakukan proses flashsing memakai flashdisk, bisa mengikuti tutorial dibawah ini. Langkah langkahnya sebagai berikut :

  • Yang pertama pastikan sudah download file update firmware, tentunya yang disesuaikan dengan tipe TV LED Sharp yang akan di flash.
  • Setelah firmware terunduh, masukan file ke flashdisk atau cardreader, kemudian ekstrak file firmware tersebut lalu simpan di luar folder.
  • Selanjutnya cabut colokan TV dari sumber listrik lalu masukan flashdisk kedalam port USB yang ada pada televisi.
  • Kemudian setelah flashdisk terpasang, tekan tombol power TV dibarengi dengan mencolokan steker TV ke listrik.
  • Penting untuk diketahui bahwa jangan melepas tombol power hingga layar TV menyala dan melakukan proses update firmware.
  • Dan juga selama proses update jangan mencabut kabel sampai proses selesai, kurang lebih sekitar lima menit.
  • Setelah proses selesai, cabut kabel tv kemudian colokan kembali. Apabila televisi menyala berarti proses flashsing telah berhasil.

Nah itu dia langkah langkah update firmware TV Sharp yang bisa diikuti untuk proses flashing firmware TV Sharp.

Penyebab Update Firmware TV Sharp Gagal

Penyebab Update Firmware TV Sharp Gagal

Melakukan flashing firmware yang tidak berhasil atau gagal disebabkan oleh beberapa hal. Gagal yang dimaksud disini yaitu ketika ditekan tombol power televisi tidak menyala, layar tetap blank warna hitam. Berikut ini beberapa hal penyebab kegagalan tersebut :

1. Firmware Tidak Sesuai

Diatas sudah dijelaskan bahwa file firmware yang tidak sesuai dengan tipe televisi, akan mengakibatkan proses flashing tidak akan berhasil. Jadi pastikan untuk mengunduh firmware yang benar benar cocok dan sesuai untuk tipe TV yang akan di flash.

2. Flashdisk Tidak Terbaca

Beberapa hal yang menyebabkan flashdisk tidak terbaca diantaranya seperti flashdisk sudah berkarat, flashdisk corup atau rusak. Hal tersebut mengakibatkan file firmware tidak akan terbaca dan proses transfer firmware tidak bisa terjadi. Jadi disarankan untuk mengecek kondisi flashdisk terlebih dahulu.

3. Port USB TV Longgar

Kegagalan update firmware juga bisa disebabkan karena port USB pata televisi sudah longgar. Sebab port yang longgar akan membuat flashdisk tidak bisa terkoneksi dengan televisi.

4. Kerusakan Hardware

Jika kegagalan terjadi terus menerus, kemungkinan yang mengalami kerusakan bukanlah bagian softwarenya. Kerusakan mungkin pada bagian hardwarenya, bisa pada IC Memori yang rusak atau komponen lainnya.

Bagian atau komponen hardware yang bisa mengakibatkan kegagalan dalam update firmware yaitu IC Memori. IC Memori yang bermasalah akan mengakibatkan firmware yang dimasukan melalui flashdisk tidak bisa diterima dengan baik sehingga sering terjadi kegagalan saat proses sedang berlangsung.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai cara update firmware TV Sharp yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi bagi yang sedang membutuhkan. Serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Download Firmware TV LED LCD

Budi
1 min read

Kumpulan Firmware TV Sharp

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *